Begini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Kaki Keseleo

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Agustus 2021
Begini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Kaki KeseleoBegini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Kaki Keseleo

“Kaki keseleo memang biasanya bukan kondisi yang membahayakan. Jika kasus kaki keseleo cukup ringan, maka ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan. Dengan begini, kondisi tidak akan semakin parah. Namun untuk kasus yang berat, mungkin perlu segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.”

Halodoc, Jakarta – Pergelangan kaki keseleo atau terkilir adalah cedera yang terjadi saat seseorang berguling, memutar, atau memutar pergelangan kaki dengan cara yang tidak semestinya. Kondisi ini dapat meregangkan atau merobek jaringan keras (ligamen) yang membantu menyatukan tulang pergelangan kaki.

Ligamen ini adalah bagian yang membantu menstabilkan sendi dan mencegah gerakan berlebihan. Pergelangan kaki keseleo juga terjadi ketika ligamen dipaksa melampaui rentang gerak normalnya. Sebagian besar pergelangan kaki terkilir ini bisa melibatkan cedera pada ligamen di sisi luar pergelangan kaki.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Perawatan untuk Kaki Keseleo

Perawatan untuk pergelangan kaki keseleo atau terkilir sebenarnya akan tergantung pada tingkat keparahan cedera. Tujuan pengobatan ini untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, meningkatkan penyembuhan ligamen, dan mengembalikan fungsi pergelangan kaki.

Untuk kasus cedera parah, seseorang mungkin perlu dirujuk ke spesialis cedera muskuloskeletal, seperti ahli bedah ortopedi atau dokter spesialis pengobatan fisik dan rehabilitasi. Sementara untuk kaki keseleo yang masih ringan, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain: 

Baca juga: 3 Jenis Keseleo Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Istirahat

Pastikan untuk sementara menghindari aktivitas yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, atau kaki tidak nyaman.

Kompres Es

Gunakan kompres es atau mandi air es segera selama 15 hingga 20 menit dan ulangi setiap dua hingga tiga jam saat kamu bangun. Jika kamu memiliki penyakit pembuluh darah, diabetes atau penurunan sensasi, bicarakan dengan dokter sebelum mengompres tubuh dengan es.

Gunakan Perban

Untuk membantu menghentikan pembengkakan, kompres pergelangan kaki dengan perban elastis sampai pembengkakan berhenti. Jangan menghalangi sirkulasi dengan membungkus terlalu erat. Mulailah membungkus di ujung terjauh dari jantung.

Tinggikan Kaki

Untuk mengurangi pembengkakan, tinggikan pergelangan kaki di atas ketinggian jantung, terutama di malam hari. Gravitasi akan membantu mengurangi pembengkakan dengan mengalirkan kelebihan cairan.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Itulah beberapa perawatan kaki keseleo di rumah. Dalam kebanyakan kasus, pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen, naproxen sodium, atau acetaminophen juga cukup untuk mengatasi rasa sakit pada pergelangan kaki keseleo. 

Jika kamu membutuhkan obat ini, kamu juga bisa langsung beli obat tersebut di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, pesanan kamu akan segera tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
American Academy of Orthopaedic Surgeons. Orthoinfo (2016). Diakses pada 2021. Sprained Ankle.
Healthline. Diakses pada 2021. Ankle Sprain.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sprained Ankle.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan