• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Buah Bit Dapat Turunkan Kadar Gula Darah?

Benarkah Buah Bit Dapat Turunkan Kadar Gula Darah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Buah bit sering disebut makanan super. Buah dengan warna merah gelap ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, mulai dari sembelit hingga demam. 

Buah bit mengandung folat, kalium, dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Kabarnya, buah satu ini juga memiliki manfaat bagi para pengidap diabetes. Benarkah, salah satunya adalah membantu menurunkan kadar gula darah?

Buah Bit Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi buah bit dalam bentuk potongan maupun jus memiliki manfaat untuk pengidap tekanan darah tinggi. Masalah kesehatan satu ini memang umum terjadi pada orang-orang yang mengidap diabetes, khususnya diabetes tipe 2. 

Baca juga: Awas, Ini 4 Gejala Tubuh Kelebihan Gula Darah

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menyimpulkan bahwa minum secangkir jus bit setiap hari tampaknya menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan pada pengidap hipertensi. Adanya senyawa nitrat dalam buah bit disinyalir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengurangan tekanan. Nitrat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan meningkatkan alirannya. 

Studi lainnya yang dimuat dalam Journal of Nutrition juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah bit ternyata mampu menimbulkan penurunan yang signifikan dalam tingkat tekanan darah sistolik. Tekanan darah ini merupakan tahap detak jantung ketika jantung berkontraksi dan memaksa keluarnya darah melalui pembuluh darah arteri. 

Manfaat Lain Buah Bit

Selain membantu menurunkan tekanan darah, ternyata kamu masih bisa mendapatkan manfaat lainnya dari mengonsumsi buah bit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu Meningkatkan Kinerja Otot

Mengonsumsi jus buah bit juga membantu meningkatkan kemampuan otot untuk mengambil oksigen selama aktivitas fisik dilakukan dan meningkatkan toleransi olahraga. Aktivitas fisik satu ini membantu mengurangi risiko dan memperlambat perkembangan penyakit jantung serta gangguan kardiovaskular lainnya. Ini, khususnya pada pengidap diabetes yang berisiko mengalami kondisi tersebut. 

Baca juga: Senam Kaki Diabetes, Olahraga untuk Pengidap Diabetes

  • Mengurangi Kerusakan Saraf

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Endocrinology juga menunjukkan bahwa asam alfa-lipoat, antioksidan yang ditemukan dalam buah bit, dapat membantu mengurangi kerusakan saraf pada pengidap diabetes. Kerusakan saraf sendiri menjadi salah satu gejala dari penyakit diabetes. 

  • Mengurangi Risiko Komplikasi akibat Diabetes

Diabetes menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil atau mikrovaskular dan pembuluh darah yang lebih besar atau makrovaskular. Ini mengarah pada komplikasi yang dapat memengaruhi mata, jantung, ginjal, dan bagian tubuh lainnya. Nah, kandungan antioksidan pada buah bit membantu mengurangi terjadinya risiko komplikasi, termasuk retinopati, penyakit ginjal, neuropati dan penyakit kaki diabetik, juga penyakit kardiovaskular. 

Adakah Risiko Mengonsumsi Buah Bit untuk Pengidap Diabetes?

Tidak ada. American Diabetes Association menganjurkan para pengidap diabetes untuk rutin mengonsumsi buah bit. Jika pun ada risiko, adalah pengidap memiliki alergi terhadap buah bit yang disebut dengan beeturia. Kondisi ini mengakibatkan urine atau feses tampak berwarna merah muda atau merah. 

Baca juga: Diabetes Bisa Mengincar Si Kecil saat Masih Bayi

Beberapa orang memang mengalami reaksi ini setelah mengonsumsi buah bit. Meski terkadang mengkhawatirkan, beeturia biasanya tidak berbahaya. Namun, kalau kamu khawatir, kamu bisa bertanya pada dokter bagaimana mengatasinya atau langsung berobat ke rumah sakit terdekat. Agar lebih mudah dan praktis, pakai saja aplikasi Halodoc!

Referensi: 
Siervo, Mario., et al. 2013. Diakses pada 2020. Inorganic Nitrate and Beetroot Juice Supplementation Reduces Blood Pressure in Adults: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Nutrition 143(6): 818-826.
Mijnhout, G.S., et al. 2012. Diakses pada 2020. Alpha Lipoic Acid for Symptomatic Peripheral Neuropathy in Patients with Diabetes: A Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. International Journal of Endocrinology. 
Kapil, Vikas., et al. 2014. Diakses pada 2020. Dietary Nitrate Provides Sustained Blood Pressure Lowering in Hypertensive Patients. Hypertension 65(2): 320-327.