• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Ikan Salmon Baik untuk Kucing Peliharaan? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Ikan Salmon Baik untuk Kucing Peliharaan? Ini Faktanya

Benarkah Ikan Salmon Baik untuk Kucing Peliharaan? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 04 November 2021
Benarkah Ikan Salmon Baik untuk Kucing Peliharaan? Ini FaktanyaBenarkah Ikan Salmon Baik untuk Kucing Peliharaan? Ini Faktanya

“Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang baik dan aman diberikan pada kucing kesayangan. Selain memiliki rasa yang nikmat, ikan ini mengandung protein dan omega 3 yang mampu menunjang kesehatan tubuh kucing secara menyeluruh. Apakah pemberian salmon untuk kucing aman dilakukan?”

Halodoc, Jakarta – Selain tuna, salmon kerap menjadi pilihan para pemilik kucing untuk diberikan pada anabul kesayangan. Salmon merupakan sumber protein yang baik, mengandung asam lemak omega 3 dan 6 dalam jumlah yang tinggi. Jika masih ragu, ini manfaat dan cara tepat memberikannya.

Baca juga: Ini Alasan Kucing Suka Menjilati Bulu-bulunya

Apakah Aman Memberikan Salmon untuk Kucing?

Pemberian ikan salmon untuk kucing sangat aman dilakukan. Hal tersebut mencakup semua jenis ikan salmon. Sebelum memberikannya, kamu perlu membuang kepala, ekor, dan tulangnya terlebih dulu untuk mencegah kucing tersedak. Selain tersedak, ketiganya mampu memicu kerusakan saluran pencernaan jika tidak sengaja tertelan.

Meskipun lucu dan menggemaskan, kucing termasuk jenis hewan karnivora yang membutuhkan nutrisi penting dalam daging. Meski tidak harus mengonsumsi daging setiap hari, kamu bisa memberikannya sesekali agar kebutuhan  niasin, kalium, selenium, dan vitamin B6 serta B12 tercukupi dengan baik.

Hal yang perlu diingat adalah pemberian ikan salmon sebagai makanan utama tidak cukup menjaga kucing agar tetap sehat. Anabul juga membutuhkan diet seimbang dengan kandungan lengkap, seperti lemak, karbohidrat, protein, dan zat gizi lain guna menunjang kesehatan tubuhnya secara menyeluruh.

Baca juga: Kenali 7 Makanan Pantangan untuk Kucing Peliharaan

Cara Aman Memberikan Salmon untuk Kucing

Apakah salmon untuk kucing dapat diberikan mentah? Lantas, bagaimana dengan salmon olahan lain, seperti salmon kalengan, salmon asap, atau salmon matang? Berikut ini penjelasannya masing-masing:

  • Salmon mentah. Sebenarnya, tidak ada salahnya memberikan salmon mentah pada kucing. Namun, lebih baik yang sudah matang agar tidak menimbulkan gangguan pencernaan dan keracunan akibat bakteri.
  • Salmon kalengan. Jika kamu ingin memberikan salmon kalengan, gunakanlah produk kalengan yang memang khusus untuk kucing. Jangan memberikan produk salmon kalengan untuk manusia. Sebab produk ini mungkin mengandung rempah atau bahan beracun untuk kucing dan garam yang terlalu tinggi.
  • Salmon asap. Sama seperti salmon kalengan, salmon asap juga melalui proses pemasakan yang lama. Salmon asap juga mengandung tinggi garam dan bumbu lain yang mungkin saja dapat mengganggu pencernaan kucing.
  • Kulit salmon. Kulit salmon mengandung tinggi asam lemak omega 3 dan 6 ketimbang dagingnya sendiri. Jika kamu memiliki kucing dengan perut yang sensitif, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter hewan sebelum memberikannya.
  • Salmon matang. Metode ini dinilai yang paling aman, meski dalam proses memasak telah menghilangkan beberapa kandungan baik dalam ikan salmon. Meski demikian, daging masih tetap aman dikonsumsi.

Baca juga: Panduan Merawat Kucing Ragdoll untuk Pemula

Bagaimana dengan Pemberian Suplemen Minyak Salmon?

Suplemen minyak ikan salmon baik diberikan pada kucing. Meski demikian, kamu bisa mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan anabul kesayangan. Suplemen ini dapat diberikan secara utuh, atau dicampur dengan makanan yang dikonsumsi.

Namun, pemberiannya harus disesuaikan dengan asupan lain dari makanan. Jika tidak, hal tersebut berisiko memicu ketidakseimbangan nutrisi pada tubuh kucing. Jika dokter mengizinkan, kamu bisa memeriksa kebutuhan suplemen tersebut di sini lewat aplikasi Halodoc. Download segera aplikasinya, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Daily Paws. Diakses pada 2021. Is Salmon Good for Cats?