Panduan Merawat Kucing Ragdoll untuk Pemula

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   01 November 2021
Panduan Merawat Kucing Ragdoll untuk PemulaPanduan Merawat Kucing Ragdoll untuk Pemula

Kucing Ragdoll membutuhkan perawatan rutin agar ia tetap sehat dan bahagia. Kucing ini sebenarnya sangat mandiri, tetapi mereka membutuhkan kasih sayang, perhatian, serta perawatan yang rutin, seperti menyikat bulunya, menggunting kuku, dan membersihkan giginya. Agar kucing Ragdoll bisa terhindar dari penyakit, vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan juga diperlukan.”

Halodoc, Jakarta – Sedang mempertimbangkan untuk memelihara kucing di rumah? Kucing Ragdoll bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan.

Ragdoll adalah jenis kucing yang sangat menggemaskan dan suka mengikuti ke mana pun tuannya pergi. Ia mudah bergaul dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, lembut, penurut, dan setia. Namun, kucing Ragdoll memiliki beberapa kebutuhan unik yang perlu dipenuhi agar kucing ini tetap sehat dan bahagia. Karena itu, yuk simak cara merawat kucing Ragdoll untuk pemula di sini.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Kucing Himalaya dan Ragdoll

  1. Berikan Banyak Perhatian

Kucing Ragdoll adalah hewan yang sangat penyayang dan membutuhkan persahabatan. Mereka suka menghabiskan banyak waktu di dekat pemiliknya. Itulah mengapa ia suka mengikuti tuannya ke mana pun tuannya pergi! Kucing ini juga membutuhkan banyak perhatian dari tuannya. Bila kamu sering meninggalkan Ragdoll sendirian, ia bisa marah dan bersikap sedikit kasar.

Jadi, ketika memilih kucing Ragdoll sebagai hewan peliharaan, pastikan kamu bisa memberinya banyak perhatian dan kasih sayang. Kamu bisa menyayangi dan memanjakan kucing ini dengan cara mengusap-usap kepalanya secara lembut, menggendongnya, atau menaruhnya di atas pangkuan kamu dan mengelus-elus bulunya dengan lembut sampai ia tertidur.

Bila kamu harus meninggalkan Ragdoll sendirian untuk bekerja atau tidur, beri ia banyak mainan agar ia terhibur.

  1. Berikan Mainan yang Aman dan Menarik

Kucing Ragdoll, terutama yang masih kecil, sangat suka bermain. Mereka suka bermain dengan tuannya, hewan peliharaan lain, mainan dan berbagai hal di rumah kamu. Mereka butuh banyak bermain. 

Jadi, berikan lah kucing ini berbagai macam mainan, seperti mainan untuk dipanjat, diterkam, atau dikejar. Bola adalah mainan favorit Ragdoll. Menyediakan berbagai variasi mainan penting agar kucing yang satu ini tidak bosan. Kamu juga perlu sering mengajaknya bermain, seperti bermain lempar tangkap dengannya, bermain alat, dan pancing.

  1. Pertahankan Rutinitas Makan yang Tepat

Kucing merespons sangat baik terhadap rutinitas karena mereka adalah hewan peliharaan yang melakukan sesuatu berdasarkan kebiasaan. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk memberi makan Ragdolls pada waktu yang ditentukan setiap hari. Cara ini bisa membuat hewan ini terbiasa dan mengetahui kapan waktu makan.

Kucing Ragdoll perlu diberi makan 2–3 kali sehari, baik untuk kucing dewasa maupun anak kucing. Kucing berukuran besar ini sebenarnya membutuhkan porsi makan yang lebih banyak dari pada kucing lainnya. Namun, bukan rahasia lagi kalau Ragdoll suka makan secara berlebihan sehingga menyebabkannya mudah mengalami obesitas. Jadi, coba bicarakanlah pada dokter hewan mengenai porsi makan yang tepat untuk kucing Ragdoll kamu agar berat badannya bisa tetap terjaga. 

Kamu bisa bertanya-tanya seputar kesehatan hewan peliharaan kamu pada dokter hewan terpercaya melalui aplikasi Halodoc, lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter hewan kapan dan di mana saja.

  1. Sikat Bulunya Secara Teratur

Meskipun bulu kucing Ragdoll jarang kusut, tetapi hewan berbulu panjang ini perlu penyikatan secara rutin. Tidak seperti kucing Persia, Ragdoll tidak memiliki lapisan bawah. Oleh karena itu, ia tidak perlu disikat setiap hari. 2–3 kali seminggu seharusnya sudah cukup dan akan membantu mengurangi kerontokan.

  1. Jaga Kebersihan Giginya

Kucing Ragdoll terlahir dengan gigi yang bagus secara alami, tetapi kamu perlu menyikat giginya secara teratur agar kesehatan giginya bisa tetap terjaga. Gigi kucing ini harus disikat 2–3 kali seminggu untuk mencegah pembentukan plak.

  1. Gunting Kuku

Kuku kucing Ragdoll juga perlu dirapihkan dengan mengguntingnya secara teratur. Kamu perlu menggunting kuku Ragdoll setiap 2–3 minggu sekali.

Baca juga: Bagaimana Cara Paling Aman untuk Memotong Kuku Kucing?

  1. Berikan Vaksin

Seperti semua kucing, Ragdoll rentan terhadap infeksi bakteri dan virus, seperti panleukopenia, calicivirus, rhinotracheitis, dan rabies. Kebanyakan infeksi bisa dicegah melalui vaksinasi. 

Risiko kucing peliharaan kamu tertular penyakit ini tinggi sehingga vaksin yang sesuai disebut vaksin “inti”, yang sangat direkomendasikan untuk semua kucing. Selain itu, vaksin juga bisa melindungi Ragdoll kesayangan kamu dari penyakit berbahaya lainnya seperti virus leukemia kucing (FeLV). 

  1. Pemeriksaan Kesehatan secara Berkala

Terakhir, periksakan kesehatannya setiap 6–12 bulan untuk mendeteksi penyakit, seperti kardiomiopati dan penyakit ginjal. Pasalnya, kucing Ragdoll rentan terhadap penyakit tersebut.

Baca juga: Tips Mengelola Kesehatan Mental Kucing Kesayangan

Itulah panduan merawat kucing Ragdoll yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa, download aplikasi Halodoc juga untuk membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cats Tour Guide. Diakses pada 2021. Are Ragdoll Cats High Maintenance? Are They Easy To Take Care Of?
Prestige Animal Hospital. Diakses pada 2021. Ragdoll.
Ragdoll Love. Diakses pada 2021. 10 Tips For Keeping Your Ragdoll Kitten Happy in Your Home

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan