• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Mengonsumsi Wortel dapat Mengurangi Mata Minus?

Benarkah Mengonsumsi Wortel dapat Mengurangi Mata Minus?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Wortel adalah salah satu sayuran yang kerap dihubungkan dapat mempertajam penglihatan dan mengatasi masalah yang terjadi pada mata. Maka dari itu, tidak sedikit orangtua yang kerap memberikan anaknya sayur tersebut di dalam kandungan makanannya agar kesehatan matanya tetap terjaga. Beberapa orang bahkan percaya jika wortel dapat kurangi minus pada mata.

Namun, benarkah wortel benar-benar dapat efektif untuk menjaga mata untuk tetap sehat hingga dapat kurangi gangguan minus pada mata? Atau apakah hal tersebut hanya mitos yang terbentuk saat Perang Dunia II saat beberapa pilot dapat menerbangkan pesawat di malam hari karena konsumsi wortel? Berikut ulasan lengkap tentang manfaat wortel pada mata!

Baca juga: Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel

Mitos Terkait Wortel Dapat Kurangi Minus pada Mata

Wortel adalah sayuran akar yang memiliki rasa renyah dan gizi yang tinggi. Makanan tersebut memang secara umum diklaim dapat menjaga mata tetap sehat hingga meningkatkan penglihatan di malam hari. Faktanya, memang wortel memiliki khasiat baik pada mata agar tetap sehat. Namun, jika dapat memperbaiki penglihatan di malam hari, hal tersebut tidak benar.

Wortel adalah makanan yang kaya akan kandungan beta karoten dan lutein. Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan mata disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan beta karoten yang masuk ke tubuh akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Saat kekurangan vitamin, kebutaan di malam hari dapat terjadi.

Namun, benarkah wortel dapat efektif untuk kurangi mata minus? Memang wortel berperan penting untuk menjaga kesehatan mata, terutama pada anak. Kandungan karotenoid pada wortel dapat menjaga penglihatan agar tetap tajam. Selain itu, sayuran tersebut juga dapat mencegah tubuh kekurangan vitamin A. 

Walau begitu, semua kandungan tersebut tidak dapat mengatasi mata minus yang terjadi pada seseorang. Hal tersebut karena gangguan minus pada mata terjadi ketika bentuk bola mata menjadi lebih panjang dibandingkan dari orang normal. Seberapapun kamu mengonsumsi wortel setiap harinya, bentuk bola mata tidak dapat dikembalikan menjadi normal.

Manfaat dari wortel memang baik untuk menjaga kesehatan mata, tetapi tidak dapat mengobati gangguan minus pada mata. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan mata agar kelainan pada mata tidak terjadi. Dengan begitu, kesehatan mata kamu tetap terjaga seperti sedia kala, sehingga tidak membutuhkan bantuan dari kacamata.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kebenaran wortel yang dapat kurangi minus pada mata, dokter mata dari Halodoc dapat menjawabnya secara lebih rinci. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan akses kesehatan lebih mudah!

Baca juga: Selain Kaya Serat, Ini 4 Kandungan dalam Wortel

Cara Untuk Mencegah Mata Minus

Memang mata minus yang terjadi dapat membuat kamu ketergantungan untuk menggunakan kacamata. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk mencegah terjadinya gangguan tersebut. Rajin mengonsumsi wortel bukan satu-satunya cara yang dapat diterapkan untuk menjaga mata tetap normal. Berikut beberapa hal lain yang dapat dilakukan:

  1. Membatasi Melihat Layar Ponsel atau Laptop

Penggunaan ponsel atau laptop harus dibatasi, supaya kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, jika mata terlalu lama melihat layar ponsel atau laptop dapat membuatnya menjadi tegang. Saat malam hari, cobalah untuk benar-benar mengurangi kebiasaan tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan pada retina.

  1. Olahraga

Dengan berolahraga rutin juga dapat menjaga mata kamu agar tetap sehat. Saat seseorang terbilang jarang melakukan aktivitas fisik, risiko diabetes tipe 2 dan retinopati diabetik dapat terjadi. Kedua gangguan tersebut dapat merusak penglihatan hingga akhirnya mengidap gangguan mata secara permanen.

Baca juga: Tidak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Itulah beberapa fakta yang dapat kamu ketahui terkait wortel yang ternyata tidak ampuh untuk kurangi gangguan minus pada mata. Dengan mengetahui fakta tersebut, alangkah baiknya jika kamu memeriksakan diri ke dokter agar tahu cara yang lebih efektif untuk mengatasi kelainan tersebut. Sehingga, penglihatan kamu akan menjadi lebih baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Are Carrots Good for Your Eyes?
Your Sight Matters. Diakses pada 2020. Do Carrots Really Improve Your Eyesight?