• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Minuman Manis bisa Memicu Kolesterol?

Benarkah Minuman Manis bisa Memicu Kolesterol?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Meningkatnya kadar kolesterol alias kolesterol tinggi diidentikkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak. Maka dari itu, pengidap penyakit ini seringnya menjadi terlalu fokus menghindari makanan yang mengandung lemak. Padahal, ternyata ada jenis asupan lain yang juga bisa memicu kolesterol naik, salah satunya minuman manis. 

Nyatanya, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan beralkohol bisa menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol. Kandungan gula dalam jenis minuman tersebut, ternyata juga berkontribusi dalam menumpuk kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, apakah ada jenis makanan lain yang juga bisa memicu kolesterol tinggi? Biar lebih jelas, simak pembahasannya di bawah ini! 

Baca juga: Tips Mengecek Kolesterol dan Gula Darah di Rumah 

Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah kondisi yang sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Saat kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, risiko munculnya berbagai penyakit pun menjadi lebih besar, termasuk penyakit kardiovaskular. Gaya hidup yang tidak sehat, termasuk kebiasaan makan yang salah bisa menjadi salah satu pemicu kolesterol tinggi. 

Agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang digoreng dan mengandung banyak lemak. Sebab, kandungan lemak pada makanan tersebut bisa memicu terbentuknya plak dan menghambat kerja pembuluh darah. Jika itu dibiarkan, risiko munculnya gangguan kesehatan pun menjadi lebih tinggi. 

Selain makanan yang digoreng dan berlemak, pengidap kolesterol tinggi sebaiknya juga mewaspadai minuman manis dan minuman beralkohol. Sebab, asupan gula dan alkohol diketahui juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah. 

Minuman manis yang mengandung gula, nyatanya memiliki kandungan kalori yang berlebih. Kalori tersebut bisa berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol tidak sehat di dalam darah. Jika dikonsumsi terus dalam jumlah besar, minuman manis bisa menjadi ancaman bagi kesehatan. 

Baca juga: Gaya Hidup Sehat untuk Mengontrol Kadar Kolesterol 

Tidak hanya bisa meningkatkan jumlah kolesterol. Berlebihan dalam mengonsumsi minuman manis nyatanya juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan alias obesitas serta penyakit diabetes. Kandungan gula dalam minuman manis adalah penyebab utama dari hal tersebut. 

Agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, juga obesitas dan diabetes, ada baiknya untuk memantau jumlah asupan minuman manis dan gula. Hindari berlebihan dalam mengonsumsi minuman manis serta minuman yang mengandung alkohol. Selain itu, sebaiknya berhati-hati juga dalam mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti dan pasta. 

Selain kebiasaan mengonsumsi minuman manis, ternyata kolesterol tinggi juga bisa muncul akibat terlalu membatasi makanan berlemak. Memang, untuk menghindari naiknya kadar kolesterol kamu disarankan untuk menjauh dari makanan berlemak. Namun, jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans dan lemak jenuh pada makanan. 

Sebenarnya, tubuh masih membutuhkan asupan lemak. Asupan lemak yang dibutuhkan tubuh adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Kamu bisa mendapatkan asupan kedua jenis lemak ini dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti minyak zaitun, buah zaitun, kacang-kacangan, contohnya kenari dan kacang almond, serta asam lemak omega-3 pada ikan.

Baca juga: Ini 5 Penyakit yang Bisa Terjadi Karena Kolesterol

Cari tahu lebih lanjut seputar penyakit kolesterol tinggi dan apa saja makanan yang harus dihindari dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan seputar kesehatan dan dapatkan rekomendasi obat dari ahlinya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. 7 Causes of High Cholesterol.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Common Cholesterol Mistakes.
Heart UK. Diakses pada 2020. Low Cholesterol Diets and Foods.