Intip Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Intip Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi

Halodoc, Jakarta – Kolesterol sering dianggap penyebab suatu penyakit. Padahal, kolesterol punya manfaat baik bagi tubuh, seperti memproduksi sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Kondisi menjadi berbahaya jika jumlah kolesterol dalam tubuh berlebih dan menumpuk dalam tubuh. Tingginya kolesterol memicu pembentukan plak yang mempersempit dan menghambat aliran darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi karena Kolesterol Tinggi

Mengapa Kadar Kolesterol Bisa Berlebihan?

Kolesterol yang berdampak negatif pada tubuh dikenal sebagai "kolesterol jahat" atau low-density lipoprotein (LDL). Penyebabnya beragam, antara lain:

  • Banyak mengonsumsi makanan berlemak jenuh dan tinggi kolesterol, seperti daging merah, kuning telur, mentega, dan santan.

  • Kurang aktivitas fisik. Kebiasaan "mager" alias malas gerak bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka itu, dianjurkan untuk rutin berolahraga, setidaknya 15 - 30 menit per hari.

  • Merokok. Kebiasaan ini merusak dinding pembuluh darah, memicu penumpukkan lemak, dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  • Masalah kesehatan, seperti diabetes dan obesitas. Kedua penyakit ini memicu peningkatan kadar kolesterol jahat yang berpotensi merusak dinding arteri. Hipertensi, hipertiroidisme, penyakit liver, dan penyakit ginjal bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Makan Makanan Berlemak, Perlu Tahu Ciri-Ciri Kolesterol Naik

Adakah Makanan dan Minuman Penurun Kadar Kolesterol Tubuh?

Sebelum mengonsumsi obat penurun kolesterol, sebaiknya kamu konsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Apa saja?

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E. Kedua nutrisi ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Coba konsumsi dua sendok minyak zaitun dan campurkan pada salad atau makanan yang kamu konsumsi.

2. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat pada oatmeal membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah.

3. Kacang-Kacangan

Sama seperti oatmeal, kacang mengandung serat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi sebagai penurun kolesterol adalah kacang merah, kacang panjang, kacang almond, dan kacang kedelai.

4. Ikan Salmon

Misalnya, ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel. Semua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

5. Buah-Buahan

Misalnya, alpukat, jambu biji, apel, dan jeruk. Buah-buahan mengandung vitamin dan serat yang bisa mengikat kolesterol dari makanan. Kandungan vitamin C dalam buah bisa mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya mampu membilas timbunan lemak dalam tubuh. Teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 2 - 5 persen dan mengandung rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala, sehingga kamu perlu rutin memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan alat pengukur gula darah dan kolesterol. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kolesterol tinggi, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari tahu risiko dan cara penanganannya. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!