• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Obat-obatan Herbal Bisa Mengobati Pneumonia?

Benarkah Obat-obatan Herbal Bisa Mengobati Pneumonia?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat mengancam kesehatan paru-paru, salah satunya adalah penyakit pneumonia. Pneumonia merupakan salah satu kondisi peradangan yang terjadi pada kantong udara di salah satu atau bahkan kedua paru-paru. Tentunya yang jika tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan adanya infeksi pada aliran darah, abses pada paru, atau efusi pleura.

Baca juga: Anak Dapat Alami Pneumonia, Ini Gejalanya

Lalu, bagaimana mengatasi pneumonia? Ada banyak pengobatan medis yang dapat dilakukan untuk mengatasi pneumonia, beberapa di antaranya dengan penggunaan antibiotik dan juga obat pereda batuk. Namun, benarkah penggunaan beberapa jenis herbal dapat membantu untuk mengatasi pneumonia

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit pneumonia nyatanya membuat penyakit ini tidak dapat disepelekan. Dilansir dari American Lung Association, ada beberapa gejala pneumonia yang dialami oleh pengidapnya, seperti batuk yang disertai dengan munculnya lendir berwarna kekuningan atau kehijauan. Selain itu, pengidap pneumonia juga mengalami kesulitan bernapas. Kehilangan nafsu makan dan merasa kelelahan juga menjadi salah satu tanda yang bisa dialami oleh pengidap pneumonia.

Terkadang pengidap mengalami demam yang disertai dengan diare, nyeri dada ketika batuk, hingga detak jantung yang menjadi lebih cepat. Segera hubungi rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat terhadap gejala kesehatan yang dialami. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum pergi ke rumah sakit.

Jika dokter memastikan kamu mengalami pneumonia, ada beberapa pengobatan medis yang tentunya bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini, salah satunya dengan pemberian obat antibiotik dan juga obat batuk untuk meredakan gejala yang kamu alami. Kondisi ini umumnya membaik setelah pengobatan medis yang kamu lakukan.

Baca juga: Lansia Rentan Alami Pneumonia, Ini Alasannya

Namun, apakah penyakit pneumonia dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis herbal? Pengobatan herbal tidak dapat mengatasi penyakit pneumonia. Penggunaan herbal yang digunakan hanya dapat meredakan gejala yang dialami oleh pengidap pneumonia.

Dilansir dari WebMD, penggunaan teh hangat hanya dapat meredakan gejala batuk yang dialami oleh pengidap pneumonia. Teh hangat yang dikonsumsi membuat lendir yang mengganggu. Kamu dapat mencoba mengonsumsi teh peppermint untuk meredakan batuk yang dialami.

Dilansir dari Healthline, kandungan mentol dalam teh peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan membantu mengurangi dahak yang ada pada tenggorokan. Tidak hanya diminum, kamu bisa menghirup uap panas yang muncul dari teh dengan kandungan peppermint di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan minyak esensial dalam air hangat untuk mendapatkan uap peppermint yang dapat membantu meredakan batuk.

Kenali Penyebab Pneumonia

Pneumonia umumnya terjadi ketika pengidapnya memiliki daya tahan tubuh yang kurang optimal. Inilah yang menyebabkan kuman atau bakteri penyebab pneumonia mudah menyerang paru-paru sehingga menyebabkan peradangan bahkan infeksi.

Ketahui beberapa penyebab pneumonia, seperti pneumonia bakteri yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae, pneumonia akibat virus yang disebabkan oleh adenovirus dan virus corona, pneumonia akibat jamur, dan pneumonia mikoplasma.

Baca juga: Pneumonia pada Virus Corona Bisa Mematikan, Ini Alasannya

Tidak ada salahnya melakukan pencegahan agar kamu terhindar dari penyakit pneumonia, dengan menjalani vaksinasi PCV, mengonsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh tetap optimal, menjaga kebersihan lingkungan serta tubuh, berhenti merokok, dan menghindari minuman beralkohol. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Best Natural Cough Remedies
Web MD. Diakses pada 2020. Home Remedies for Pneumonia
American Lung Association. Diakses pada 2020. Pneumonia Symptoms and Diagnosis
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Pneumonia