Berbagai Sumber Protein Hewani yang Baik untuk Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 September 2021
Berbagai Sumber Protein Hewani yang Baik untuk AnakBerbagai Sumber Protein Hewani yang Baik untuk Anak

“Protein adalah nutrisi yang wajib orangtua berikan kepada anak karena fungsinya sangat banyak. Untungnya banyak jenis-jenis makanan tinggi protein hewani yang bisa disajikan untuk anak dan diolah sedemikian rupa sehingga mereka bisa dengan lahap menyantapnya.”

Halodoc, Jakarta – Orangtua wajib memastikan bahwa anak-anak makan-makanan yang seimbang, seperti cukup makan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Sebab, protein adalah bagian penting dari pertumbuhan dan perkembangan mereka. Orangtua juga wajib mengetahui jenis-jenis protein yang paling mereka sukai, supaya kebutuhannya terpenuhi.

Protein memainkan peran penting dalam tubuh. Jadi, memasukkan berbagai jenis-jenis protein berkualitas tinggi dalam makanan anak akan membantu memastikan bahwa tubuh mereka memiliki apa yang dibutuhkan untuk membangun energi, pertumbuhan, dan sistem kekebalan yang kuat.

Kebutuhan protein pada anak juga tergantung pada usia dan berat badan. Sampai anak mencapai usia 14 tahun, rekomendasi protein sama untuk anak laki-laki dan perempuan. Sementara pada masa remaja akhir, anak laki-laki harus makan lebih banyak protein karena mereka memperoleh lebih banyak massa otot dan cenderung lebih berat, daripada anak perempuan.

Baca juga: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Jenis-Jenis Sumber Protein untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan protein sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian anak:

  1. Telur Utuh
Berbagai Sumber Protein

Telur kaya akan protein karena mengandung semua asam amino esensial. Mereka lezat dan bergizi pada saat bersamaan. Orangtua dapat menyajikannya untuk anak saat sarapan atau camilan malam.

  1. Dada Ayam
Berbagai Sumber Protein

Dada ayam merupakan sumber protein tinggi karena dalam 100 gram dada ayam tanpa kulit terdapat 23 gram protein. Dada ayam juga mengandung antioksidan dan kaya nutrisi seperti zat besi, selenium, magnesium, vitamin, B6, dan fosfor. Sumber protein hewani ini juga mengandung kolin yang diperlukan untuk kognisi, memori, suasana hati, otot, dan fungsi neurologis. Kandungan vitamin C dan A dalam dada ayam juga baik untuk perkembangan otak anak.

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

  1. Ikan Salmon
Berbagai Sumber Protein

Ikan salmon mengandung protein tinggi dibandingkan ikan lainnya, dalam 100 gram ikan salmon mengandung 20,4 gram protein. Tak hanya kaya protein, ikan salmon juga kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Asam lemak omega-3 memiliki peran penting bagi perkembangan saraf otak anak. Selain itu, ikan salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, karena mengandung asam amino. Zat ini melawan berbagai penyakit, seperti kardiovaskular, radang sendi dan diabetes.

  1. Ikan Teri
Berbagai Sumber Protein

Jangan menganggap remeh ikan teri karena meskipun bentuknya yang kecil dan harganya murah, ikan ini mengandung protein tinggi kedua setelah ikan salmon. Dalam 100 gram ikan teri, terdapat 20, 3 gram protein. Kandungan proteinnya menambah kekuatan dan daya tahan tubuh. Bahkan menurut beberapa penelitian, kandungan protein dalam ikan teri lebih tinggi dari susu. Teri juga mengandung kalsium tinggi sehingga bisa menjadi pengganti susu. Terpenuhinya kebutuhan kalsium dapat menjaga kesehatan tulang anak.

  1. Daging Sapi
Berbagai Sumber Protein

Sumber makanan yang tinggi protein lainnya adalah daging sapi karena dalam 100 gram daging sapi ada 18 gram protein. Pada anak usia 1-3 tahun biasanya membutuhkan sekitar 16 gram protein per hari. Untuk itu, daging sapi bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein pada anak.

Baca juga: Diet Tinggi Protein Cocok untuk Si Penggemar Olahraga

Itulah beberapa sumber protein yang sangat cocok untuk anak. Namun, jika kamu melihat ada gangguan perkembangan pada anak yang tidak bisa diatasi hanya dengan memenuhi kebutuhan gizi mereka, maka kamu bisa bawa anak ke dokter anak di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit dengan lebih mudah lewat Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
NDTV. Diakses pada 2021. Parents, Make Sure That You Include These Protein-Rich Foods In Your Child’s Diet.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Protein-Rich Foods for Kids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan