Berbagai Tips Mencegah Kulit Dehidrasi saat Puasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Gejala dehidrasi saat puasa bisa berdampak pada kulit. Untungnya, ada beberapa cara untuk mencegah dehidrasi kulit saat puasa, seperti menggunakan sunscreen, menggunakan moisturizer, banyak minum air, hingga mengurangi konsumsi kafein.”

Berbagai Tips Mencegah Kulit Dehidrasi saat PuasaBerbagai Tips Mencegah Kulit Dehidrasi saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Saat seseorang berpuasa, waktu untuk mengonsumsi air akan menjadi terbatas. Oleh sebab itu, sering kali tubuh mengalami dehidrasi dan dampaknya bisa terlihat pada bibir dan kulit. 

Tapi, puasa tidak seharusnya menghalangi kamu untuk tetap memenuhi kebutuhan air yang kulit butuhkan untuk tetap sehat. 

Kamu bisa kok tetap memaksimalkan hidrasi kulit selama puasa. Yuk simak ulasan berikut agar tahu cara yang bisa mencegah dehidrasi kulit saat puasa!

Ciri Kulit Mengalami Dehidrasi

Kulit yang mengalami dehidrasi berbeda dengan kulit kering yang merupakan tipe kulit. Ketika dehidrasi terjadi pada kulit, biasanya ada sebab eksternal yang menyebabkan perubahan kondisi kulit. Kondisi ini bisa terjadi pada semua tipe kulit karena sebabnya adalah pemasukan air yang kurang ke tubuh. 

Ciri-ciri dehidrasi kulit pada tubuh adalah warna kulit yang lebih kusam, rasa gatal dan sensitif pada kulit, serta terdapat kantung mata yang gelap. Selain itu, dehidrasi yang parah juga bisa menimbulkan gejala seperti rasa lemas dan jumlah urinasi yang berkurang.

Cara Mencegah Dehidrasi Kulit saat Berpuasa

Ketika konsumsi air seseorang rendah, kulit bisa rawan mengalami dehidrasi. Berikut cara tetap menjaga kulit tetap segar dan sehat meskipun kamu sedang puasa: 

1. Gunakan sunscreen setiap akan keluar rumah

Rutinitas ini sebaiknya kamu biasakan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UVA dan UVB setiap kali kamu bepergian ke luar rumah.

Paparan sinar matahari dapat memperparah dehidrasi kulit lalu menghilangkan kelembapan serta memecah kolagen elastin. Kondisi ini dapat menurunkan elastisitas kulit dan memicu tanda-tanda penuaan dini. 

 2. Menggunakan moisturizer atau pelembap untuk  kulit

Pelembap kulit adalah produk kesehatan yang mampu untuk mencegah dehidrasi kulit saat puasa. Meski tidak bisa menambah air secara langsung pada wajah, penggunaan pelembap kulit bisa mengunci air dan kelembaban yang ada di kulit. 

Tetapi, kamu harus menggunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit agar hasilnya maksimal.

Kamu dapat menemukan berbagai rekomendasi sunscreen yang bagus di sini: “Ini 7 Rekomendasi Skincare yang Bagus untuk Kulit Kering”.

3. Memenuhi kebutuhan air selama puasa

Menjaga hidrasi kulit dengan baik saat puasa bisa kamu mulai dari mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Umumnya standar konsumsi air pada suasa adalah dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. 

Harapannya, dengan konsumsi yang cukup, kulit bisa tetap lembap dan terhindar dari dehidrasi.

4. Mengurangi konsumsi kafein ketika sahur dan berbuka

Tidak hanya minum yang cukup, kafein juga sebaiknya tidak menjadi substitusi kebutuhan air. Kafein adalah penyebab utama dehidrasi karena termasuk diuretik yang berkemampuan untuk mengeluarkan air dari tubuh.

Batasi konsumsi kafein dari kopi saat sahur dan buka. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi kafein, pastikan bahwa pemasukan air sudah lebih banyak dari yang seharusnya.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung air

Menghidrasi kulit juga bisa kamu lakukan dari dalam. Bahan pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung air yang bisa membantu mencegah dehidrasi kulit saat puasa. Contoh-contoh makanan yang bisa kamu makan untuk hidrasi kulit adalah seledri, bayam, semangka, buah beri, dan timun.

Selain makanan yang mengandung air, usahakan juga untuk mengurangi makanan yang terlalu manis atau berminyak. Kamu bisa mencari tahu selengkapnya di sini: “Berbagai Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa”.

6. Rajin melakukan eksfoliasi

Satu lagi rutinitas yang tidak boleh terlewat adalah eksfoliasi. Dengan melakukan ini, kamu dapat membasmi kulit kering, sel-sel mati, dan kotoran yang menumpuk karena kurangnya kelembapan dan melancarkan proses penyerapan kelembapan. Agar terhidrasi maksimal, pastikan kamu eksfoliasi 4 sampai 5 hari sekali. 

Tapi, jangan eksfoliasi terlalu berlebihan juga karena terlalu banyak pengelupasan kulit bisa mengganggu pelindung alami kulit dan malah akan menyebabkan hilangnya kelembapan. 

7. Merawat kulit dengan masker wajah

Jika pelembap adalah produk yang kamu rutin gunakan tiap hari, kamu juga bisa menggunakan produk lain ketika merasa kulit sudah mulai dehidrasi. Masker wajah atau sheet mask adalah cara yang ampuh untuk menjaga hidrasi kulit.

Masker wajah mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan nutrisi yang tinggi dalam sekali pemakaian. Selain itu, sheet mask juga banyak mengandung cairan yang bisa mencegah hidrasi kulit. Ketika berpuasa, kamu bisa menggunakannya kapan saja untuk menjaga kandungan air di kulit.

Kamu juga bisa coba menggunakan sleeping mask saat malam untuk membuat kulit menjadi lebih lembap. Simak ulasan mengenai rekomendasi sleeping mask yang bisa kamu gunakan melalui artikel “Ini 7 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik untuk Kulit Wajah”.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dehidrasi kulit saat puasa yang bisa kamu terapkan. Kalau kamu memiliki pertanyaan atau keluhan seputar topik kesehatan kulit, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Kamu juga bisa temukan  beragam obat, suplemen, dan produk  perawatan kulit lainnya di  Toko Kesehatan Halodoc.

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi: 
LilyAna Naturals. Diakses pada 2023. 4 Hints Your Skin is Dehydrated (& How to Fix It).
WebMD. Diakses pada 2023. Dos and Don’ts of Skin Hydration.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan