• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Pori-Pori Wajah Mengecil Secara Alami?

Bisakah Pori-Pori Wajah Mengecil Secara Alami?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pori-pori wajah yang besar kerap mengganggu penampilan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori, seperti mencuci wajah dengan air dingin atau metode perawatan kecantikan di salon. Namun sebenarnya, bisakah pori-pori wajah mengecil secara alami? Jawabannya, tidak. 

Menurut dr. Harold Lancer, dermatologis langganan Victoria Beckham dan Oprah, pori-pori wajah tidak akan bisa mengecil, karena itu adalah kondisi genetik. Maksudnya, ukuran pori-pori sebenarnya tidak bisa berubah. Hanya saja, bisa terlihat semakin jelas jika kulit tidak dirawat dan tidak memiliki gaya hidup yang sehat. Wajah yang kotor, tumpukan kulit mati, dan minyak berlebih lah yang membuat pori-pori terlihat membesar. Padahal, sebenarnya tidak.

Baca juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Rawat Pori-Pori Wajah dengan Cara Ini

Sebenarnya, satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk membuat pori-pori tidak terlihat semakin besar adalah merawat kulit dengan baik. Salah satunya terkait dengan menjaga kebersihan. Jika kotoran, minyak, dan sel kulit mati menutup pori-pori, hal ini dapat membuat komedo dan jerawat bermunculan. Belum lagi kulit jadi terlihat lebih kusam.

Pori-pori wajah, dan di bagian tubuh lainnya, sebenarnya bermanfaat untuk mengeluarkan keringat dan minyak di permukaan kulit. Selama dirawat dan dijaga kebersihannya, memiliki pori-pori pada wajah sebenarnya tidak akan jadi masalah, kok. Berikut beberapa tips merawat pori-pori wajah yang dapat dicoba:

1. Bersihkan Wajah dengan Tepat

Ini adalah salah satu kunci penting dalam merawat pori-pori, agar tidak terlihat semakin besar. Untuk membersihkan wajah dengan tepat, pertama-tama, basuh wajah dengan air hangat, lalu oleskan sabun pembersih wajah. Pijat lembut seluruh area wajah selama 30-60 detik, kemudian bilas dan keringkan dengan handuk lembut. Rutinlah bersihkan wajah minimal pada pagi dan malam hari.

2. Cermat dalam Memilih Produk Perawatan Wajah

Pilihlah produk yang berlabel noncomedogenic, karena tidak akan menyumbat pori-pori. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih produk pembersih wajah berbentuk gel. Sementara itu, untuk kamu yang memiliki kulit wajah normal dan kulit kering, pilih produk pembersih wajah berbentuk krim.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

3. Scrubbing

Selain dapat mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah, pengelupasan kulit wajah dengan teknik scrubbing juga bisa membuat pori-pori wajah terlihat mengecil. Namun, jangan lakukan hal ini setiap hari, ya. Scrubbing sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu. Agar kulit tetap terhidrasi, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap ke wajah.

4. Masker Tanah Liat

Masker tanah liat atau clay mask mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih dengan baik, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil. Sebaiknya, gunakan masker tanah liat 1-2 kali dalam seminggu. 

5. Selalu Tidur dengan Wajah Bersih

Membersihkan makeup sebelum tidur harus selalu dilakukan. Tidur dengan makeup yang masih menempel tak hanya bisa membuat pori-pori tersumbat, tetapi juga bisa membuat pori-pori terlihat semakin besar.

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

Selain cara-cara tersebut, ada beberapa kebiasaan lain yang juga harus diperhatikan untuk merawat pori-pori wajah. Salah satunya adalah selalu menggunakan tabir surya setiap tiap hari dengan SPF minimal 30 agar kulit tetap terlindungi. Selain itu, konsumsilah makanan sehat dan hindari makanan mengandung lemak tinggi, seperti keripik, permen, dan kue.

Jika masalah pori-pori wajah terasa sangat mengganggu, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk mengobrol dengan dokter lewat chat, atau buat janji dengan dokter kulit di rumah sakit, agar bisa menemukan cara yang lebih efektif dan sesuai dengan kondisi kulit kamu. Pastikan juga untuk menjaga pola hidup sehat dan minum air putih yang cukup, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. What can treat large facial pores?
Health. Diakses pada 2020. Exfoliating 101: How to Let Fresh, Radiant Skin Shine Through.
Healthline. Diakses pada 2020. Top 8 Ways to Get Rid of Large Pores.
WebMD. Diakses pada 2020. How to Minimize Your Pores