Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Halodoc, Jakarta – Menggunakan produk yang tidak menyumbat pori-pori adalah salah satu cara untuk mengecilkan pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat, ukurannya mengembang yang dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar.

Selain itu, produk yang bebas minyak juga dapat mencegah pembesaran pori-pori. Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara merawat wajah dan mengecilkan pori-pori, baca informasi lanjutannya di sini!

Penyebab Pori-Pori Besar

Genetika menentukan seseorang memiliki pori-pori besar. Penyebab lain dari pori-pori besar adalah kondisi kulit berminyak. Kelebihan minyak berada di sekitar pori-pori kulit, membuatnya tampak membesar.

Kulit juga bisa menebal akibat kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan karena sel-sel menumpuk di sekitar lubang pori. Penggunaan make up sebenarnya dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar, terutama ketika itu tidak dibersihkan dengan benar. 

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-pori Besar dan Cara Mengatasinya

Sisa make up bisa menetap di dalam dan di sekitar pori-pori menjadi magnet bagi kotoran dan minyak, sehingga menyebabkan pori-pori jadi lebih besar. Komedo mungkin tidak menyebabkan pori-pori besar, tetapi ini terjadi akibat kotoran mengendap di pori-pori besar. Dan karena warnanya gelap, akibatnya komedo bisa terlihat dari kulit. 

Seiring bertambahnya usia, produktivitas kelenjar sebaceous yang berfungsi sebagai pemberi pembaruan sel dan produksi kolagen mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori membesar. 

Mencegah Pori-Pori Membesar

Kalau kamu memang memiliki riwayat keturunan dengan keluarga yang memiliki pori-pori besar, kamu tetap dapat meminimalkan ukuran pori-pori. Pastikan untuk menghapus kosmetik secara menyeluruh setiap malam. 

Bersihkan kulit  tanpa memperparahnya dengan pencucian yang berlebihan. Ini dilakukan agar pori-pori tetap kencang dengan menggunakan pembersih lembut yang sesuai untuk jenis kulit. Penggunaan toner dapat mengencangkan kulit dan efektif mencegah pori-pori besar terlihat jelas. Exfoliator juga efektif mengaktifkan dan mengelupaskan sel-sel kulit mati yang dapat mengencangkan kulit dan mencegah munculnya pori-pori besar. 

Baca juga: Cara Perawatan Wajah yang Tepat Atasi Masalah Pori-pori

Penggunaan masker juga dapat mengencangkan dan mengecilkan kulit serta meminimalkan penampilan pori-pori besar. Kulit lembap juga sangat penting untuk menjaga nutrisi kulit wajah. Salah satu cara untuk menutrisi kulit adalah dengan menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu.

Ada aturan ataupun rekomendasi mencuci wajah untuk mencegah pori-pori membesar, berikut ini aturannya:

  1. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Pori-pori yang tersumbat atau kulit berminyak dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Membersihkan dua kali sehari dapat mencegah pori-pori tersumbat. 

  1. Gunakan Air Hangat

Air panas dapat mengiritasi kulit, menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar. Makanya yang efektif adalah menggunakan air hangat.

  1. Cuci Wajah dengan Lembut

Menggosok dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan. Ketika kulit meradang, pori-pori cenderung lebih terlihat.

Seperti yang sudah disarankan sebelumnya penggunaan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit sangat dibutuhkan. Ini dikarenakan pelembap dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perlu diketahui sinar matahari yang berlebihan dapat merusak dan membuat kulit mulai kehilangan kekencangannya serta pori-pori terlihat lebih jelas.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kekencangannya dan mulai mengendur. Pori-pori terlihat lebih besar dan kulit jadi melorot. Selain penggunaan pelembap yang sesuai, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan cara menerapkan pola tidur yang cukup.

Kalau kamu butuh informasi lebih jelas mengenai hal ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
TruthinAging. Diakses pada 2019. Large Pores: What Causes Large Pores and How to Get Rid of Large Pores.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2019. What can I treat large pore?