01 January 2018

Patut Dicoba! 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Patut Dicoba! 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Halodoc, Jakarta – Wajah seseorang terdiri dari banyak pori-pori yang merupakan tempat folikel rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Kegunaan dari pori-pori di wajah berguna sebagai jalan untuk mengeluarkan toksin atau racun dari tubuh dan melembapkan kulit. Namun terkadang pori-pori tersebut cukup besar sehingga bisa terlihat dengan jelas. Pori-pori pada wajah yang tampak besar, bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Pada dasarnya terdapat tiga hal utama yang menyebabkan besarnya pori-pori yaitu eksresi kelenjar minyak yang berlebihan, penurunan elastisitas di sekitar pori-pori dan peningkatan volume folikel rambut. Selain itu, jerawat yang rekurens, hormone dan rejimen perawatan kulit bisa memengaruhi ukuran pori-pori. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah tersebut. Berikut cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kamu ikuti.

1.  Menjaga Kebersihan Kulit
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah yakni menjaga kebersihan kulit. Hal ini karena bisa mengurangi risiko penumpukan minyak dan kotoran di permukaan kulit. Biasakanlah untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Namun, hal ini juga tergantung dari jenis kulit dan aktivitas yang kamu lakukan. Namun, perlu diingat juga jangan sampai membersihkan wajah terlalu sering, karena bisa membuat kulit menjadi kering dan justru akan menghasilkan lebih banyak minyak.

Bila kulit tidak terlalu kering, kamu bisa mengaplikasikan toner atau penyegar setelah membersihkan wajah. Toner memiliki fungsi membersihkan sisa kotoran dan sel kulit mati sehingga dapat mencegah penumpukan pada permukaan kulit.

2.  Pilih Produk Kosmetika Non-Komedogenik
Pilihlah produk kosmetik non-komedogenik, seperti produk pelembap yang non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Pelembap ini akan membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan meminimalkan tampilan pori-pori di wajah kamu. Begitu juga dengan jenis kosmetik lainnya, seperti perona pipi, bedak, dan kosmetik lainnya, harus dipilih yang non-komedogenik.

3.  Mengaplikasikan Tabir Surya di Pagi dan Siang Hari
Mengecilkan pori-pori wajah bisa dengan mengandalkan tabir surya yang dipercaya bisa mengurangi risiko penuaan kulit akibat sinar matahari. Bila kamu secara rutin menggunakan tabir surya, maka bisa mengurangi pori-pori yang membesar.

4.  Konsumsi Makanan yang Sehat
Makanan yang tinggi lemak dan minyak, dipercaya dapat memengaruhi kulit dan meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori kulit, sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain makanan makanan yang sehat, minum air putih yang cukup juga memberikan efek yang baik bagi kulit wajah kamu.

5.  Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering
Untuk sebagian orang yang merasa kulitnya bermasalah, terkadang memiliki kebiasaan untuk memegang atau menyentuh kulit wajahnya. Kebiasaan ini sebenarnya bisa menyebabkan kulit menjadi kotor dan pori-pori membesar.Untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah, maka sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh wajah.

Bila 5 cara mengecilkan pori-pori wajah di atas belum bisa mengatasi masalah yang kamu alami. Sebaiknya tanyakan kondisi dan cara pengobatannya dengan dokter kulit yang ada di Halodoc. Ribuan dokter ahli yang terpercaya akan siap sedia membantu kamu mengatasi masalah kulit yang kamu alami. Untuk berbicara dengan dokter kamu bisa memilih metode chat, voice call, atau video call melalui menu Contact Doctor. Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin yang sampai hanya dalam 1 jam melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery. Untuk bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc, kamu perlu men-download aplikasinya di App Store atau Google Play.