• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Durian?

Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Durian?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, buah durian mungkin menjadi favorit dan sulit untuk dihindari. Buah ini memang dikenal sebagai “raja buah” dan memiliki rasa yang manis serta buah yang enak. Namun, bagaimana jika seorang wanita tengah menyusui? Apakah masih aman untuk mengonsumsi buah durian? Adakah efek samping yang bisa muncul dari konsumsi buah durian saat menyusui? 

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi durian bisa berbahaya pada ibu hamil. Malahan, buah ini dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, zat besi, potasium, protein, hingga kalsium. Namun perlu diingat, buah ini juga memiliki kandungan kolesterol. Maka dari itu, ibu hamil sebenarnya tidak dilarang mengonsumsi durian selama masih dalam batas wajar atau secukupnya saja. 

Baca juga: Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Buah  yang Baik Dikonsumsi saat Menyusui 

Konsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan adalah hal yang baik dan dianjurkan untuk ibu menyusui. Bagi pecinta durian, sah-sah saja untuk mengonsumsinya selama menyusui, tetapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Selain buah durian, ada berbagai jenis buah lainnya yang lebih disarankan untuk dikonsumsi selama menyusui, di antaranya: 

  • Jeruk 

Ibu menyusui disarankan untuk banyak mengonsumsi buah jeruk. Kandungan vitamin C yang banyak pada buah ini nyatanya sangat dibutuhkan ibu menyusui dan disebut baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Nutrisi dari buah jeruk disebut bisa membantu pertumbuhan gigi dan tulang anak, termasuk bayi. Asupan vitamin C yang cukup bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan ibu menyusui. 

  • Pepaya Hijau 

Salah satu hal yang dikhawatirkan ibu menyusui adalah jumlah ASI yang tidak banyak, sehingga tidak cukup untuk Si Kecil. Nah, ibu bisa mengatasi masalah tersebut dengan konsumsi buah pepaya hijau. Buah ini disebut bisa membantu melancarkan dan meningkatkan jumlah produksi ASI. Ibu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau campurkan dengan yoghurt dan jenis sayur atau buah lainnya. 

  • Strawberry 

Selain jeruk, kandungan vitamin C juga bisa didapat dari buah strawberry. Karena itu, ibu hamil juga disarankan untuk sesekali mengonsumsi buah ini. Untuk membantu melancarkan ASI, cobalah mengonsumsi setidaknya 120 miligram buah strawberry setiap hari. Selain itu, buah ini juga bisa membantu menghidrasi tubuh, sehingga ibu menyusui tidak mudah mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan di dalam tubuh. 

Baca juga: Mabuk Durian? Begini 6 Tips Mengatasinya

  • Pisang 

Buah pisang kaya akan kandungan potasium yang baik untuk ibu menyusui. Meningkatkan asupan potasium merupakan hal yang harus dilakukan selama menyusui. Untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan potasium bagi ibu menyusui, pastikan untuk memasukkan pisang dalam menu buah hari. Satu buah pisang berukuran sedang terdapat 450 miligram potasium.

  • Alpukat 

Manfaat sehat buah yang satu ini tidak diragukan lagi. Ternyata, buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buah ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan potasium pada ibu menyusui. Malahan, kandungan potasium dalam alpukat disebut lebih tinggi dibanding pada buah pisang. Selain potasium, buah alpukat juga dikenal banyak mengandung nutrisi sehat lainnya, sehingga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. 

Baca juga: Penuhi Nutrisi Newborn dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Romper. Diakses pada 2020. 9 Fruits To Eat When You're Breastfeeding For Better Milk Flow.
The Asian Parent. Diakses pada 2020. Benefits And Safety Concerns of Eating Durian for New and Pregnant Mums.