Penuhi Nutrisi Newborn dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Penuhi Nutrisi Newborn dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Menyusui bayi yang baru lahir mungkin akan menguras tenaga, sehingga kecenderungan untuk makan lebih banyak terjadi. Ternyata, makanan yang ibu konsumsi akan menjadi nutrisi tersendiri bagi newborn tersebut. Maka dari itu, ibu menyusui harus selalu memperhatikan asupan makanannya.

Ibu menyusui harus mencukupi sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari agar dapat menjaga nutrisi newborn. Dengan menjaga makanan, ibu dapat membuat pertumbuhan bayi baru lahir menjadi lebih cepat. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencukupi nutrisi bayi baru lahir!

Baca juga: Bisakah Ibu Membantu Meningkatkan Perkembangan Otak Janin?

Makanan yang Dapat Memenuhi Nutrisi Newborn

Seorang wanita yang sedang dalam program menyusui harus memberikan nutrisi yang baik bagi bayi baru lahir, supaya pertumbuhan dan kesehatannya dapat terjaga. Walau begitu, tidak semua makanan yang kamu konsumsi dapat memenuhi nutrisi pada newborn, sehingga sangat penting untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi.

Nutrisi yang spesifik, seperti zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, dan vitamin D sangat diperlukan oleh ibu menyusui. Selain itu, mengonsumsi makanan yang berbeda-beda juga penting agar bayi ibu tidak mempunyai selera yang itu-itu saja. Hal tersebut juga agar bayi baru lahir tersebut dapat mengonsumsi makanan padat nantinya.

Maka dari itu, ibu harus tahu makanan yang direkomendasi oleh ahli gizi untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal tersebut agar dapat menjaga nutrisi newborn untuk tetap sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk ibu menyusui, yaitu:

  1. Buah-Buahan

Salah satu sumber makanan yang dapat memenuhi nutrisi newborn adalah buah-buahan. Makanan tersebut kaya akan nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan harian ibu menyusui. Selain itu, buah juga dapat mengatasi sembelit yang mungkin terjadi setelah melahirkan. Beberapa buah kaya akan kandungan kalium dan vitamin yang dapat kamu konsumsi adalah pisang, mangga, melon, jeruk, dan anggur.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kebutuhan nutrisi bagi newborn, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu miliki! Kamu juga dapat melakukan vaksin pada beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan Halodoc.

Baca juga: Masalah Ibu Newborn untuk Atasi Bingung Puting

  1. Sayuran

Makanan lainnya yang dapat mencukupi nutrisi untuk newborn adalah sayuran. Seorang ibu yang memberikan ASI secara eksklusif harus mengonsumsi sayuran paling tidak 3 mangkok per hari. Sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk mengembalikan nutrisi agar tubuh dapat memproduksi ASI kembali. Beberapa sayur yang sangat direkomendasikan adalah bayam, kangkung, wortel, tomat, dan paprika.

  1. Makanan yang Kaya Protein

Makanan yang kaya protein juga harus banyak diasup oleh ibu yang menyusui bayi baru lahir. Tubuh seorang ibu yang memberikan ASI harus memenuhi protein tambahan sekitar 25 gram per hari dengan total sekitar 65 gram per hari. Beberapa makanan yang tinggi protein dan menyehatkan kamu adalah kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan makanan laut. Walau begitu, ibu harus menghindari makanan laut yang mengandung merkuri karena dapat membahayakan bayi yang disusui.

Baca juga: Kenali Jenis Alergi pada Bayi Baru Lahir

  1. Susu

Bukan hanya bayi baru lahir saja yang harus mengonsumsi susu, ibu menyusui pun begitu. Hal tersebut karena saat menyusui, tubuh akan melepaskan kalsium dari tulang. Jika kekurangan kalsium dan vitamin D, maka risiko osteoporosis akan meningkat. Susu dan keju adalah sumber kalsium yang baik untuk memenuhi vitamin D pada tubuh.

Referensi:

Mayo Clinic.Diakses pada 2019.Breast-feeding nutrition: Tips for moms
Medical News Today.Diakses pada 2019.Foods to eat and avoid while breastfeeding