08 July 2017

Ketahui 4 Ciri Tekanan Darah Rendah

Ketahui 4 Ciri Tekanan Darah Rendah

Halodoc, Jakarta - Jika kamu tiba-tiba merasakan mata berkunang-kunang, pusing dan kemudian pingsan. Berarti kamu mengalami ciri tekanan darah rendah. Darah rendah adalah sebuah ukuran dari jantung untuk memompakan darah dan bersirkulasi ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah ini akan menekan dinding-dinding pembuluh darah. Tekanan darah akan memompa darah ke seluruh arteri tubuh dan dikembalikan lagi ke jantung melalui pembuluh vena. Perbedaan tekanan inilah yang akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah normal, atau tekanan darah rendah (hipotensi). 

Ciri Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah adalah kekuatan jantung dalam memompa darah dan mengalirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri, kapiler dan kembali ke jantung melalui pembuluh vena. Tekanan darah dihasilkan oleh jantung saat berdenyut dan memompa darah kedalam arteri-arteri disebut tekanan sistolik dan saat jantung berelaksasi di sebut tekanan darah diastolic.

Tekanan darah rendah dimana tekanan darah kamu kurang dari 90/60 mmHg. Tekanan yang rendah dapat menyebabkan gejala-gejala atau tanda-tanda yang disebabkan oleh aliran darah yang begitu rendah melalui seluruh  arteri dan vena, ketika aliran darah terlalu rendah untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi-nutrisi yang cukup pada organ-organ vital seperti otak, jantung, dan ginjal, organ-organ kurang berfungsi secara normal dan mungkin dapat menyebabkan organ rusak secara permanen. Tekanan darah rendah akan menjadi sulit kembali normal jika kamu tidak mengenalinya dengan baik. Berikut ciri-ciri tekanan darah rendah yang mungkin sering kamu alami tanpa disadari:

1.  Pusing atau Sakit Kepala
Terjadi karena darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup ke otak. Akibatnya pengidap darah rendah akan mengeluh pusing. Tekanan  darah rendah juga dapat menyebabkan pingsan. Sakit kepala karena tekanan darah tidak stabil disebut ortostatik.

2.  Pandangan Kabur dan Berkunang-kunang
Penglihatan tiba-tiba akan menjadi kabur beberapa saat, kadang berulang kali. Hal ini terjadi bisa karena duduk terlalu lama kemudian berdiri dan dapat mengganggu keseimbangan bisa menyebabkan pengidap jatuh pingsan. Bisa juga karena berdiri  terlalu lama, misalnya saat antre atau mengikuti upacara.

3.  Pucat, Lemas dan Tidak Bersemangat
Pengidap penyakit ini akan terlihat pucat, dingin, denyut nadi lemah atau tidak stabil karena suplai darah ke otak sangat sedikit. Tubuh terasa dingin karena suplai darah lambat dan tidak sampai ke jaringan tepi atau mucosa tubuh. Rasa dingin biasanya mudah dideteksi terjadi di kaki, tangan, telinga, atau di bibir yang terlihat membiru dan biasanya dibarengi dengan berkeringat.

4.  Perut Terasa Mual
Mual-mual biasanya menyerang tiba-tiba dan terjadi berulang. Tubuhpun akan merasa lelah dan lemas serta tidak bertenaga, bahkan untuk menopang kedua kaki dan membawa kedua tangan saja tidak kuat. Hal ini terjadi  karena tidak cukup energi  yang dibawa darah ke otak, organ atau kulit.

Ciri tekanan darah rendah di atas juga bisa ditambah karena adanya faktor lain yang dapat memicu tekanan darah rendah. Di antaranya, kurang tidur, kurang istirahat, atau haid yang berlebihan (abnormal).


Untuk mengetahui apa saja ciri tekanan darah rendah atau hipertensi, kamu bisa menanyakan langsung pada ahlinya. Diskusikan dengan ribuan dokter umum dan juga dokter spesialis yang telah stand by 24/7 untuk kamu melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call secara cepat, aman dan nyaman. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga untuk menggunakannya.

BACA JUGA: Ketahui 6 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya