Ini 5 Manfaat Baby Oil untuk Kulit Bayi dan Orang Dewasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2023

“Bukan tanpa alasan saat para ibu sering mengoleskan baby oil pada bayinya. Faktanya, ada banyak manfaat baby oil mulai dari melindungi lipatan kulit, membantu bayi rileks, menghindari ruam, serta melindungi kulit kepala bayi.”

Ini 5 Manfaat Baby Oil untuk Kulit Bayi dan Orang DewasaIni 5 Manfaat Baby Oil untuk Kulit Bayi dan Orang Dewasa

Bukan tanpa alasan, baby oil menjadi produk favorit para ibu untuk merawat kesehatan kulit bayi mereka. Sebab, minyak ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit bayi. 

Produk ini adalah pelembap serba guna yang dapat mengunci kelembapan alami kulit bayi dan membuatnya tetap lembut dan terhidrasi. Memijat bayi dengan baby oil sehabis mandi, juga dapat membuat bayi lebih rileks dan lelap saat tidur. 

Meski begitu, baby oil baik juga memiliki berbagai manfaat untuk orang dewasa. Mau tahu apa saja manfaat minyak ini untuk bayi dan orang dewasa? Berikut ulasannya!

Berbagai Kegunaan Baby Oil untuk Bayi

Berikut beberapa manfaat baby oil untuk perawatan kulit bayi:

1. Melindungi lipatan kulit

Area lipatan kulit bayi rentan lecet akibat gesekan antar kulit. Apalagi pergerakan bayi belum terlalu aktif, kelembapan, keringat, pakaian, atau seprei bisa memicu gesekan yang dapat menyebabkan iritasi pada lipatan kulit. Nah, dengan memberikan baby oil, maka lipatan kulit bayi dapat terlindungi.

2. Membuat bayi rileks

Tekstur, aroma, dan kehangatan dari baby oil bisa membuat bayi rileks dan lebih santai. Jika bayi merasa nyaman, dia akan lebih bisa menikmati tidurnya dan nyaman dengan lingkungannya. Bayi yang rileks juga tidak gampang stres.

3. Menghindari ruam

Kegunaan baby oil lainnya adalah bayi terhindar dari ruam kulit. Ruam pada kulit bayi bisa terjadi akibat banyak hal mulai dari biang keringat, lingkungan, alergi, udara terlalu panas, ketidakcocokan deterjen, dan lain-lainnya.  Pemberian produk ini dapat membuat bayi terhindar dari masalah kulit ini. Cek di sini 5 Masalah Kulit pada Bayi Baru Lahir.

4. Melembutkan kulit kepala

Kulit kepala bayi adalah salah satu bagian yang sensitif dari bayi. Terkadang masalah kulit seperti kering atau dermatitis seboroik rentang menyerang bagian ini. Nah, manfaat baby oil bisa membantu melembutkan serta melembapkan kulit kepala bayi. Karena Bayi Punya Kulit Sensitif, Perhatikan 3 Hal Ini.

5. Mengatasi kulit kering dan mencegah gatal 

Tidak hanya melembapkan, produk bayi ini juga mampu mencegah kulit bayi menjadi kering, kasar, dan bersisik akibat ruam popok. Kulit kering dapat menyebabkan gatal. Itulah sebabnya mengapa penggunaan baby oil dapat membantu mengatasi kulit kering yang biasanya menjadi pemicu gatal. 

Namun, para ibu sebaiknya Jangan Asal, Ini Cara Memilih Skincare pada Bayi Baru Lahir.

Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, baby oil tidak hanya bermanfaat untuk Si Kecil, melainkan juga buat orang dewasa. Bagaimana manfaatnya?

1. Membantu menghaluskan kulit

Baby oil juga dapat membantu mengencangkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit dengan menjaga kelembapan di wajah dan seluruh tubuh. Pun, jenis minyak ini jarang menimbulkan reaksi alergi sehingga aman untuk semua jenis kulit. 

2. Sebagai penghapus riasan

Baby oil juga dapat membantu melarutkan riasan dan kotoran yang menumpuk di kulit. Untuk menggunakannya, oleskan tipis-tipis baby oil ke kulit dan pijat selama beberapa menit. Kemudian bersihkan dengan kapas dan basuh wajah dengan pembersih lembut untuk menghilangkan semua residu.

3. Mengurangi tampilan stretch mark dan bekas luka

Sebagai pelembab yang efektif, baby oil dapat mengencangkan kulit yang tertekan di area bekas luka. Sehingga membantu mengurangi munculnya bekas luka dan stretch mark secara keseluruhan.

4. Alternatif produk perawatan kaki

Baby oil umumnya mengandung vitamin A dan E sehingga dapat membantu meremajakan dan memulihkan kulit area tumit dan telapak kaki. Minyak ini juga bermanfaat dalam menyembuhkan tumit pecah-pecah. Kamu bisa mengoleskan baby oil sebagai pelembap kaki atau bahkan menggunakannya untuk pedikur di rumah. 

5. Melembapkan area bawah mata

Sifatnya yang lembut membuat produk ini juga kerap digunakan untuk area bawah mata. Area bawah mata dikenal memiliki kulit tipis dan sensitif. Banyak orang menggunakan baby oil untuk mengembalikan kelembapan pada area mata bagian bawah. Memberikan pijatan lembut dengan menggunakan baby oil selama 1-2 menit dapat merilekskan dan mengurangi stres. 

Kini ibu bisa mendapatkan produk tersebut di Toko Kesehatan Halodoc. Tinggal order saja lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2023. How to Safely Warm Up Baby Oil.
Healthline. Diakses pada 2023. 8 of the Best Baby Oil.
WebMD. Diakses pada 2023. Baby Oil (Mineral Oil) – Uses, Side Effects, and More.
Healthline. Diakses pada 2023. Can I Use Baby Oil on My Face?
Skin Kraft. Diakses pada 2023. Can Baby Oil Actually Be Used On Your Skin? + Benefits & Side Effects.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan