Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Mei 2021
Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata HitamBukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang menggunakan kacamata hitam dengan alasan agar terlihat lebih gaya dan fashionable. Namun, selain sebagai aksesori untuk menunjang penampilan, kacamata hitam juga memiliki fungsi kesehatan yang jarang disadari penggunanya. Kamu juga dianjurkan untuk mengenakan kacamata hitam setiap beraktivitas di luar ruangan.

Bukan hanya menunjang penampilan, berikut ini manfaat kacamata hitam bagi kesehatan mata:

Baca juga: Apakah Kacamata Antiradiasi Perlu Digunakan?

1. Melindungi Mata dari Sinar Matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik dapat memengaruhi kesehatan mata. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu bisa merusak bola mata.

Ini seperti sinar matahari yang membakar kulit setelah lama berpanas-panasan atau berjemur. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun bekerja di luar ruangan.

2. Mencegah Kerusakan Mata

Manfaat kacamata hitam yang kedua adalah mencegah kerusakan mata. Matahari memancarkan sinar UV yang paling rentan merusak mata. Paparan sinar UV dari matahari pada mata bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tetapi bagian mata lainnya, seperti kornea, lensa, dan retina juga bisa mengalami kerusakan.

3. Menghindari Risiko Terkena Fotokeratitis

Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam juga berisiko menyebabkan fotokeratitis. Fotokeratitis sendiri merupakan kondisi rusaknya kornea mata karena paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama.

Gejalanya berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Itulah mengapa penting sekali menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

4. Mencegah Penyakit Mata

Selain faktor usia, faktor penyebab katarak pada mata lainnya adalah sinar UV. Bahkan, sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya, seperti pterigium, pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata), dan degenerasi makula. Manfaat kacamata hitam selanjutnya adalah, kamu dapat meminimalisir risiko terkena penyakit mata tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Kacamata Berembun saat Pakai Masker

Tips Memilih Kacamata Hitam yang Baik

Memilih kacamata hitam sebaiknya jangan hanya berdasarkan model, pilihlah kacamata hitam yang memiliki fitur proteksi agar mata kamu terlindungi dari sinar ultraviolet matahari. Berikut ini tips memilih kacamata hitam agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya:

1. Memiliki Frame yang Besar

Tips memilih kacamata hitam yang pertama adalah dengan bingkai cukup besar untuk menutupi mata dan area sekitarnya. Hal ini penting untuk mencegah sinar UV masuk dari sisi-sisi mata.

2. Memiliki Lensa yang Mampu Menghadang Cahaya

Kacamata hitam yang baik juga harus memiliki lensa yang mampu memblokir 75 persen cahaya yang masuk. Bahkan, para pakar kesehatan mata menyarankan untuk memilih kacamata hitam dengan lensa yang mampu menyaring hampir seluruh sinar ultraviolet A dan B.

3. Warna Kegelapan Lensa Merata

Tips memilih kacamata selanjutnya adalah, cari lensa yang memiliki warna atau kegelapan lensa yang merata. Kamu bisa memegang kacamata hitam dengan lengan lurus ke depan untuk mengujinya. Kemudian, lihat lurus objek yang jauh melalui kacamata tersebut. 

Jika objek yang kamu lihat menjadi melengkung atau terdistorsi setelah kamu menggerakan kacamata perlahan secara horizontal, berarti lensa tersebut tidak memenuhi syarat. Namun ingat, tidak ada jaminan bahwa lensa berwarna gelap mampu menangkal sinar ultraviolet yang berbahaya.

Baca juga: Mengapa Kacamata Baru Bisa Bikin Pemakainya Sakit Kepala?

Jika kamu memiliki masalah dengan mata, segera periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mendeteksi kelainan yang dialami. Segera atasi dengan baik, karena jika mata sudah mengalami gangguan, hal tersebut bisa saja berubah menjadi semakin parah dari waktu ke waktu. Jadi, jangan disepelekan, ya.



Referensi: 
World Health Organization. Diakses pada 2021. Ultraviolet Radiation (UV). Health Effect of UV Radiation. 
MedicineNet. Diakses pada 2021. Medical Definition of Photokeratitis.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Pick Sunglasses.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan