• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang menggunakan kacamata hitam dengan alasan agar terlihat lebih gaya dan fashionable. Namun, selain sebagai aksesori untuk menunjang penampilan, kacamata hitam juga memiliki fungsi kesehatan yang jarang disadari penggunanya. Kamu juga dianjurkan untuk mengenakan kacamata hitam setiap beraktivitas di luar ruangan.

Bukan hanya menunjang penampilan, berikut ini manfaat memakai kacamata hitam:

1. Melindungi Mata dari Sinar Matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik dapat memengaruhi kesehatan mata. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu bisa merusak bola mata.

Ini seperti sinar matahari yang membakar kulit setelah lama berpanas-panasan atau berjemur. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun bekerja di luar ruangan.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Berjemur di Pantai

2. Mencegah Kerusakan Mata

Selain itu, matahari juga memancarkan sinar UV yaitu jenis sinar yang paling bisa merusak mata. Paparan sinar UV dari matahari pada mata bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tapi bagian mata lainnya seperti kornea, lensa, dan retina juga bisa mengalami kerusakan, seperti dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

3. Menghindari Risiko Terkena Fotokeratitis

Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam juga berisiko menyebabkan fotokeratitis. Laman MedicineNet menuliskan, fotokeratitis adalah kondisi rusaknya kornea mata karena paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama.

Gejalanya berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Itulah mengapa penting sekali menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

4. Mencegah Penyakit Mata

Selain faktor usia, faktor penyebab katarak pada mata lainnya adalah sinar UV. Bahkan sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya, seperti pterigium, pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata), dan degenerasi makula. Dengan menggunakan kacamata hitam, kamu akan meminimalisir risiko terkena penyakit mata tersebut.

Baca juga: Sering Aktivitas di Luar Ruangan, Hati-Hati Pterygium

Tips Memilih Kacamata Hitam yang Baik

Memilih kacamata hitam sebaiknya jangan hanya berdasarkan model, pilihlah kacamata hitam yang memiliki fitur proteksi agar mata kamu terlindungi dari sinar ultraviolet matahari. Dilansir dari WebMD, berikut syarat yang wajib ada pada kacamata hitam yang kamu pilih:

1. Memiliki Frame yang Besar

Pilihlah kacamata hitam yang memiliki bingkai yang cukup besar untuk menutupi mata kamu dan sekitarnya. Hal ini penting untuk mencegah sinar UV masuk dari sisi-sisi mata.

2. Memiliki Lensa yang Mampu Menghadang Cahaya

Kacamata hitam yang baik juga harus memiliki lensa yang mampu memblokir 75 persen cahaya yang masuk. Bahkan para pakar kesehatan mata menyarankan untuk memilih kacamata hitam dengan lensa yang mampu menyaring hampir seluruh sinar ultraviolet A dan B.

3. Warna Kegelapan Lensa Merata

Selanjutnya, carilah lensa yang memiliki warna atau kegelapan lensa yang merata. Kamu bisa memegang kacamata hitam dengan lengan lurus ke depan untuk mengujinya. Kemudian lihat lurus objek yang jauh melalui kacamata tersebut. 

Jika objek yang kamu lihat menjadi melengkung atau terdistorsi setelah kamu menggerakan kacamata perlahan secara horizontal, berarti lensa tersebut tidak memenuhi syarat. Tapi ingat, tidak ada jaminan bahwa lensa berwarna gelap mampu menangkal sinar ultraviolet yang berbahaya.

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

Kamu juga bisa bertanya dengan dokter spesialis mata bila ingin membeli kacamata hitam yang baik, terlebih jika kamu memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan mata. Sekarang, tanya jawab dengan dokter lebih mudah dengan aplikasi Halodoc. Bahkan, kamu juga bisa berobat ke rumah sakit dengan aplikasi ini. 

 

Referensi: 

World Health Organization. Diakses pada 2020. Ultraviolet Radiation (UV). Health Effect of UV Radiation. 

MedicineNet. Diakses pada 2020. Medical Definition of Photokeratitis.

WebMD. Diakses pada 2020. How to Pick Sunglasses.