• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tidak Menggunakan Kacamata yang Tepat Bikin Sakit Kepala?

Tidak Menggunakan Kacamata yang Tepat Bikin Sakit Kepala?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala adalah kondisi yang umum terjadi dialami oleh siapa saja. Sakit kepala merupakan kondisi ketika kamu mengalami nyeri atau sakit pada bagian kepala. Sakit kepala yang dialami setiap orang juga berbeda, ada yang terasa cukup ringan dan cukup parah. 

Baca juga: Mengapa Kacamata Baru Bisa Bikin Pemakainya Sakit Kepala?

Ada beberapa penyebab yang membuat dialami sakit kepala, seperti kurang tidur, kelelahan, bahkan hingga penggunaan kacamata yang baru. Penggunaan kacamata yang baru atau lensa yang tidak tepat pada kacamata dapat sebabkan kamu merasa tidak nyaman dan sakit kepala. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Alasan Penggunaan Kacamata yang Tidak Tepat Picu Sakit Kepala

Penggunaan kacamata dapat membantu kamu untuk mengatasi gangguan penglihatan yang dialami. Tentu, kacamata yang digunakan harus memiliki lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak, kondisi ini dapat menimbulkan gangguan lain, salah satunya adalah sakit kepala.

Penggunaan kacamata yang tidak tepat dapat memicu sakit kepala. Hal ini dipicu akibat mata yang mengalami kelelahan saat menggunakan kacamata dengan lensa yang tidak tepat. Mata lelah memicu gangguan kesehatan, salah satunya adalah migrain yang menimbulkan sensasi sakit kepala tidak tertahankan.

Migrain adalah penyakit saraf yang menyebabkan seseorang alami sakit kepala berdenyut pada salah satu sisi kepala atau kedua sisi kepala. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa beristirahat pada ruangan dengan suhu dan cahaya yang nyaman. Jangan lupa untuk melakukan relaksasi otot dengan mengompres area sakit kepala menggunakan air hangat.

Baca juga: Sakit Kepala Muncul saat Orgasme, Apa Penyebabnya?

Tidak hanya penggunaan lensa kacamata yang tidak sesuai dengan kebutuhan mata yang dapat menyebabkan sakit kepala. Penggunaan kacamata baru juga dapat menimbulkan sakit kepala pada penggunanya. Lalu, mengapa hal ini dapat terjadi? Penggunaan kacamata baru membuat otot dan saraf mata harus kembali beradaptasi dan menyesuaikan dengan penglihatan yang sebelumnya. Selama proses penyesuaian dan beradaptasi, saraf pada mata dapat mengalami ketegangan dan sebabkan sakit kepala.

Lakukan Pemeriksaan Ketika Alami Gejala Sakit Kepala Seperti Ini

Sakit kepala yang disebabkan oleh penggunaan kacamata yang tidak tepat dapat kamu atasi dengan berhenti menggunakan kacamata tersebut. Tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan pada dokter mata untuk memastikan kesehatan mata agar dapat menggunakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan penglihatan. Kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc agar lebih mudah dan cepat.

Sakit kepala yang disebabkan penggunaan kacamata baru juga dapat diatasi dengan penggunaan kacamata secara bertahap. Dilansir dari situs halaman Self, hindari penggunaan kacamata baru yang menyebabkan sakit kepala sepanjang hari. Kamu bisa mencoba penggunaan kacamata selama beberapa jam dalam sehari, kemudian lepaskan untuk beberapa saat. Hal ini digunakan untuk mengatasi sakit kepala yang mungkin dirasakan.

Baca juga: 3 Fakta tentang Sakit Kepala yang Harus Diketahui

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sangat umum dialami. Namun, perhatikan jika sakit kepala hingga menyebabkan muntah, leher kaku, badan yang terasa kebas, penglihatan kabur, kesulitan berbicara, kesulitan berjalan, dan kejang. Segera periksakan kondisi pada rumah sakit terdekat agar penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Referensi:
Self. Diakses pada 2020. Here’s Why You Might Get a Headache From New Glasses
Endmyopia. Diakses pada 2020. Headaches Because of Glasses? The Fix Might Be Simple
Classic Specs. Diakses pada 2020. How to Prevent Glasses Headaches by Brooke Cheney