• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Oktober 2022

“Bagi para pemilik jenis kulit yang spesifik, seperti kulit berminyak dan berjerawat, penting untuk memilih produk sunscreen yang sesuai.”

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis KulitCara Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit

Halodoc, Jakarta – Paparan sinar ultraviolet dapat berdampak negatif pada kulit. Sebagai contoh, sinar UV A dapat berdampak pada timbulnya masalah penuaan dini. Sedangkan, dampak sinar UV B dapat menyebabkan kulit terbakar. Nah, keduanya diketahui dapat memicu kanker pada kulit. 

Karena itu, penggunaan sunscreen sebagai upaya perawatan kulit dan perlindungan terhadap paparan sinar matahari perlu dilakukan. Kendati demikian, kamu perlu cerdas dalam memilih produk sunscreen yang tepat. Penting untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit agar perlindungan yang didapat optimal. 

Lantas, kira-kira bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat sesuai jenis kulit? Yuk, simak informasinya di sini! 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Tabir Surya

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat 

Secara umum, sunscreen yang aman untuk tubuh setidaknya memiliki kadar SPF 30 dan dilengkapi perlindungan spektrum luas. Namun, dampak penuaan dini akibat paparan sinar UV paling mudah terlihat pada kulit wajah. Maka, penting untuk mengutamakan penggunaan sunscreen sesuai jenis kulit pada area tersebut. 

Jika kamu memiliki kulit wajah normal, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan saat memilih tabir surya yang tepat. Namun, jika kulit berminyak, kering, atau berjerawat, penting untuk memilih produk sunscreen yang sesuai. 

1. Kulit kering

Ketika kamu memiliki kulit kering, pastikan untuk memilih sunscreen yang dapat melembapkan kulit. Tabir surya apa pun yang diperkaya dengan bahan pelembap seperti ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan madu sangat ideal.

2. Kulit berminyak dan mudah berjerawat

Jika kamu memiliki kulit berminyak yang mudah berjerawat, cobalah mencari tabir surya dalam formula berbasis air atau gel dengan hasil akhir matte. Bahan-bahan seperti teh hijau, minyak pohon teh, atau niacinamide dalam tabir surya juga dapat membantumu mengontrol produksi minyak.

Salah satu rekomendasi produk sunscreen untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, adalah La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Gel-Cream. Produk ini telah teruji secara klinis dan mengandung Salicylic Acid dan Niacinamide untuk melawan jerawat dan melindungi kulit dari noda akibat sinar UV.

Sunscreen ini juga dapat memberikan perlindungan spektrum luas yang sangat tinggi, baik dari UVA, UVB, Infrared-A tertentu, hingga kerusakan akibat polusi berkat XL-Protect Technology yang telah dipatenkan oleh La Roche Posay.

Produk sunscreen ini juga tidak lengket dan tidak berminyak, sehingga kulit tampak matte atau tanpa kilap secara tahan lama. Menariknya lagi, La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Gel-Cream juga water resistant (tahan air) dan tidak akan memicu timbulnya komedo. 

Baca juga: Jangan Asal Oles, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

3. Kulit Normal Hingga Sensitif

Jika memiliki kulit sensitif, tentu kamu tidak boleh sembarangan dalam memiliki produk sunscreen. Agar dapat memilih produk yang tepat, salah satu rekomendasi produk sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif adalah La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Invisible Fluid 50 ml

Produk yang sudah teruji secara klinis selama lebih dari 25 tahun ini, dapat memberikan perlindungan spektrum luas dan sangat tinggi berkat inovasi Netlock Technology pada kulit sensitif dari efek sinar matahari. Baik dari sinar UV A maupun sinar UV B, sekaligus membantu mencegah kerusakan akibat sinar Inframerah A dan polusi. 

Menariknya lagi, La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Invisible Fluid juga tahan air, keringat, pasir, allergy tested (tidak mengandung alergen), dan tidak akan menyebabkan komedo. Produk ini juga cocok digunakan oleh pengguna lensa kontak atau mereka yang memiliki mata sensitif, dan tidak menyebabkan mata perih. Sebab, keamanan penggunaannya juga telah Dermatologist & Ophthalmologist tested.

Baca juga: Kenali Sunscreen yang Paling Baik untuk Kulitmu

Itulah beberapa cara memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Pastikan untuk memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Tujuannya agar hasil perlindungannya dapat dirasakan secara optimal pada kulit. 

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Gel-Cream yang tidak lengket. Sementara itu, jika kamu memiliki kulit normal hingga sensitif, produk yang direkomendasikan adalah La Roche Posay Anthelios 50+ SPF Invisible Fluid yang teruji aman. 

Kedua produk sunscreen tersebut bisa didapatkan melalui toko kesehatan di aplikasi Halodoc secara langsung. Tentunya tanpa perlu keluar rumah, atau menunggu lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Find Your Sunscreen Soulmate: 15 Options Based on Skin Types. 
CDC.gov. Diakses pada 2022. Sun Exposure – Recommendations. 
AAD. Diakses pada 2022. The American Academy of Dermatology statement on the safety of sunscreen. 
NIH. Diakses pada 2022. Comprehensive Review of Ultraviolet Radiation and the Current Status on Sunscreens.