Ini Cara yang Tepat Melakukan Reapply Sunscreen

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Desember 2023

“Reapply sunscreen sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari sengatan sinar matahari. Karena itu, ketahuilah cara yang tepat untuk melakukannya agar kulit selalu terlindungi dari sinar UV."

Ini Cara yang Tepat Melakukan Reapply SunscreenIni Cara yang Tepat Melakukan Reapply Sunscreen

Halodoc, Jakarta – Sunscreen atau tabir surya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memicu beragam gangguan kesehatan kulit. Namun, kamu juga perlu melakukan reapply atau penggunaan ulang tabir surya agar manfaatnya optimal.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara tepat melakukan pengulangan penggunaan sunscreen pada kulit wajah?

Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Sunscreen memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu chemical dan mineral sunscreen. Mineral sunscreen biasanya hanya untuk melindungi permukaan kulit yang paling atas, dan bertindak sebagai penghalang fisik dari paparan sinar UV A dan UV B. 

Sedangkan chemical sunscreen adalah tabir surya yang dapat melindungi kulit hingga lapisan dalam. Chemical sunscreen juga harus kamu gunakan minimal 15-20 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Cari tahu berbagai rekomendasi produk sunscreen yang baik untuk kesehatan kulit melalui artikel  ini: “Rekomendasi Sunscreen Terbaik yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit”.

Nah, agar manfaat keduanya semakin optimal, kamu perlu penggunaan ulang atau reapply sunscreen setiap dua jam sekali. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk reapply sunscreen? Berikut langkahnya, yaitu:

1. Cuci tangan

Sebelum melakukan reapply sunscreen, pastikan kamu mencuci tangan. Kondisi tangan yang kotor dapat menyebabkan pertukaran bakteri ke wajah yang memicu beragam masalah kulit.

Jadi, pastikan mencuci tangan yang benar sebelum menyentuh wajah setelah melakukan berbagai aktivitas.

2. Bersihkan wajah

Aktivitas di luar ruangan kerap membuat kulit wajah berkeringat atau basah. Nah, untuk menggunakan ulang tabir surya, sebaiknya kamu keringkan wajah terlebih dahulu. Jika kamu tidak menggunakan riasan wajah, sebaiknya bersihkan dan cuci wajah sehingga wajah lebih bersih.

Mau tahu cara merawat wajah agar selalu cerah? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 11 Cara Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Kusam”.

3. Keringkan wajah sebelum penggunaan ulang

Namun, jika kamu sedang menggunakan make up, sebaiknya keringkan wajah dari keringat. Kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Setelah itu, pastikan kamu berada di lingkungan yang sejuk agar wajah tetap kering.

Setelah itu, pilihlah jenis tabir surya yang akan kamu gunakan ulang guna menjaga kesehatan kulit wajah.

4. Pilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi aktivitas

Jika kamu sedang tidak menggunakan make up, kamu bisa menggunakan kembali krim sunscreen dengan mengoleskannya pada seluruh wajah hingga leher. Namun, jika kamu sedang menggunakan make up atau memerlukan proses yang lebih praktis, kamu bisa memilih menggunakan sunscreen dalam bentuk spray atau bedak.

Bedak dengan kandungan SPV yang cukup tinggi bisa menjadi pilihan untuk reapply sunscreen ketika kamu sedang menggunakan make up. Tentunya, produk ini akan membuat riasan wajah tetap rapi, bahkan terlihat lebih cerah dan glowing

Cari tahu juga cara menghitung SPV dalam sunscreen yang kamu gunakan melalui artikel “Cara Menghitung SPF dalam Penggunaan Sunscreen”.

Namun, jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan spray sunscreen. Tentunya penggunaan spray sunscreen lebih praktis daripada jenis sunscreen yang lainnya, sehingga bisa kamu gunakan kapan saja.

Pastikan kamu menepuk-nepuk spray sunscreen setelah penggunaan hingga mengering. 

5. Gunakan produk lain yang mendukung

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung wajah, seperti topi atau kacamata untuk mencegah paparan sinar matahari langsung. Kamu juga bisa menggunakan produk dengan teknologi Ultraviolet Protection Factor (UPV) untuk penggunaan sehari-hari agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga dengan baik.

Cari tahu juga perbedaan sunblock dan sunscreen melalui artikel ini “Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen”.

Manfaat Reapply Sunscreen

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan penggunaan ulang sunscreen pada kulit wajah, seperti:

  • Mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari.
  • Menurunkan risiko kanker kulit.
  • Mencegah kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan dini.
  • Membatasi munculnya noda hitam pada kulit wajah.
  • Mencegah perburukan gejala penyakit kulit pada wajah.
  • Mengurangi risiko hiperpigmentasi dan melasma.

Itulah berbagai manfaat melakukan reapply sunscreen pada kulit wajah. Pastikan kamu selalu menggunakan tabir surya sebagai bentuk perawatan kulit agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

Dapatkan produk sunscreen terbaik yang sesuai dengan jenis kulitmu hanya di Toko Kesehatan Halodoc melalui gambar di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2023. 8 Ways to Reapply SPF Over Makeup, According to Dermatologists.
Good RX. Diakses pada 2023. Should I Wear Sunscreen Every Day? Benefits of Sunscreen, Explained.
Thorne. Diakses pada 2023. Pros and Cons of Different Types of Sunscreen.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan