Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Maret 2024

“Kurangnya asupan cairan saat puasa dapat membuat kulit kering dan pecah-pecah. Jangan khawatir, kulit kering bisa kamu atasi dengan beberapa perawatan sederhana di rumah.”

Cara Mengatasi Kulit Kering saat PuasaCara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Daftar Isi

Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Skincare untuk Mengatasi Kulit Kering


Halodoc, Jakarta – Kulit kering saat puasa adalah kondisi yang cukup umum. Kondisi ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan air minum saat sahur maupun berbuka. Nah, kulit yang terasa kering dapat mengganggu penampilan karena terlihat kusam dari biasanya. Bukan itu saja, kulit kering juga rentan terluka ketika ada goresan. 

Biasanya, memenuhi cairan tubuh adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kulit kering. Namun, kamu tentu tidak bisa mengonsumsi cairan setiap saat karena sedang berpuasa. 

Jangan khawatir, masih ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan untuk atasi kulit kering saat puasa. Simak ulasannya disini!

Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Kulit kering saat puasa sebenarnya mudah diatasi dengan perawatan kulit sederhana ini di rumah. Berikut ini perawatan kulit yang bisa kamu coba:

1. Mencuci wajah

Cuci wajah dengan lembut setidaknya dua kali sehari. Gunakan sabun yang lembut, bebas alkohol, dan tidak berbusa dua kali sehari atau setelah berkeringat.

Produk dengan asam stearat atau asam linoleat dapat membantu memperbaiki kulit. Saat membeli produk sabun muka, sebaiknya pilih sabun yang terdapat kandungan asam stearat atau asam linoleat. 

Perlu diingat kembali, memilih sabun wajah untuk kulit kering tidak bisa sembarangan. Ini Rekomendasi Sabun Wajah untuk Kulit Kering yang bisa kamu coba. 

2. Gunakan pelembap untuk atasi kulit kering

Oleskan pelembap setelah mencuci wajah. Gunakan pelembap beberapa kali sehari, terutama ketika kulit terasa kering. Pilih pelembap dengan kandungan urea, ceramide, asam lemak dan gliserol, shea butter, dan cocoa butter.

Pastikan pula produk yang kamu pakai bebas pewangi dan tidak menyebabkan jerawat (noncomedogenic). Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate, yang bersifat mengeringkan.

Menambahkan rangkaian skincare lain untuk mengunci kelembapan di kulitmu juga diperlukan. Apalagi, kalau kulit sedang kering parah hingga bersisik.

Contohnya, menggunakan sunscreen yang cocok untuk kulit kering. Kamu bisa dapatkan rekomendasi terbaiknya disini: “Ini 7 Rekomendasi Skincare yang Bagus untuk Kulit Kering”.

3. Batasi waktu mandi

Hindari mandi dengan air hangat dan batasi waktu mandi. Mandi yang terlalu lama atau berendam dan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Batasi mandi tidak lebih dari sekali sehari dan tidak lebih dari 5-10 menit. 

Saat mandi, disarankan untuk menggunakan body wash yang lembut dan bebas pewangi. Hindari penggunaan terlalu banyak, apalagi sampai busanya melimpah. 

Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk yang lembut untuk menghindari goresan pada kulit badan.

4. Gunakan pelembap udara

Udara dalam ruangan yang panas, kering, dapat mengeringkan kulit sensitif dan memperburuk rasa gatal dan mengelupas. Kamu bisa menggunakan humidifier atau merebus air hangat untuk menambah kelembapan. 

Jika kamu harus bekerja di ruangan ber-AC, humidifier adalah benda yang harus dimiliki sebelum mulai bekerja. Dengan demikian, kulit akan tetap lembab sepanjang hari. 

5. Hindari alergen dan iritan

Kulit yang kering bisa semakin parah karena alergen dan iritan. Nah, alergen dan iritan ini ternyata bisa berasal dari pakaian yang kamu kenakan atau apa yang membuat pori-pori kulit terbuka.

Misalnya, mengenakan pakaian berbahan wol, berenang dalam air yang mengandung klorin dan lainnya bisa menyebabkan kulit tambah kering. 

Skincare untuk Mengatasi Kulit Kering

Kelembapan kulit dapat dimaksimalkan dengan menggunakan pelembap secara rutin. Mengoleskan pelembap pada wajah dan badan tidak hanya membantu mengatasi kulit kering saja, namun banyak pelembap yang memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) yang juga dapat membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain itu, pelembap juga dapat digunakan sebagai base make up dan membuat wajah terlihat segar setiap hari. Berikut adalah rekomendasi pelembap untuk mengatasi kulit kering:

1. Wardah Hydrating Aloe Gel 100ml

Pelembap dari Wardah ini tidak hanya dapat digunakan di wajah, tapi juga badan dan kaki. Dengan kandungan utama aloe vera, pelembap ini pun dapat menenangkan dan memberikan sensasi dingin terhadap kulit.

Selain memberikan kelembapan, pelembap ini juga dapat mengatasi kemerahan di kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa menggunakan pelembap ini setelah mandi.

Rentang harga: Rp31.000 – Rp54.000 per botol.

Dapatkan Wardah Hydrating Aloe Gel 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Skin Aqua UV Moisture Milk 40 g

Selanjutnya adalah pelembap dari Skin Aqua yang dapat dijadikan pelembap dan juga sunscreen karena mengandung SPF 50+. Pelembap ini dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV-A dan UV-B sekaligus melembutkan kulit.

Skin Aqua UV Moisture  Milk juga dapat digunakan sebagai base make up, loh! Kamu bisa memakai pelembap ini setelah mencuci muka dan pastikan wajahmu sudah kering agar produk cepat meresap.

Rentang harga: Rp54.000 – Rp77.600 per botol.

Dapatkan Skin Aqua UV Moisture Milk 40 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash 100 ml

Rekomendasi produk  lain adalah Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash. Produk ini merupakan sabun cuci muka yang mampu mengangkat kotoran di kulit wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kering.

Produk ini juga dapat memberikan keseimbangan terhadap PH kulit dan cocok dengan semua jenis kulit karena tidak ada kandungan etanol dan pewangi tambahan.

Rentang harga: Rp43.000 – Rp55.900 per botol.

Dapatkan Hada Labo Ultimate Moisturizing Gokujyun Face Wash di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Erha21 Erha 1 Facial Wash For Normal & Dry Skin 60 ml

Selanjutnya adalah sabun pembersih wajah dari Erha. Produk ini memiliki kandungan AHA, DMA untuk mengangkat kulit mati sehingga wajah pun segar kembali.

Selain itu, produk ini juga mengandung ekstrak aloe vera yang memberikan sensasi dingin dan menenangkan kulit.

Rentang harga: Rp77.000 – Rp84.800 per botol.

Dapatkan Erha21 Erha 1 Facial Wash For Normal & Dry Skin di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Verile Moisturizing Gel Active 100 ml

Terakhir adalah pelembap dari Verile yang memiliki kandungan aloe vera dan lucorice extract. Kedua kandungan ini berguna untuk melembutkan dan memelihara kulit.

Tidak hanya itu, produk ini juga mengandung niacinamide dan vitamin B3 yang membantu untuk mencerahkan sehingga kulit tidak kusam lagi.

Rentang harga: Rp31.400 – Rp42.200 per tube.

Dapatkan Verile Moisturizing Gel Active 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk atasi kulit kering saat puasa. Jika kamu mau konsultasi seputar permasalahan kulit, langsung saja hubungi dokter spesialis kulit tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dokternya selalu siap sedia hingga 24 jam, sehingga bisa konsultasi kapan saja. 

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. Dermatologists’ Top Tips for Relieving Dry Skin. 
Healthline. Diakses pada 2024. 8 Home Remedies for Dry Skin.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Dry skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan