• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Aman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Aman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Aman

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Juni 2022

“Terdapat beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan aman. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asupan vitamin C.”

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan AmanCara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam dengan Aman

Halodoc, Jakarta – Meski lazim terjadi, jerawat merupakan kondisi kulit yang tidak dapat disepelekan. Sebab, kondisi ini dapat memengaruhi penampilan sehingga menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Lebih parahnya lagi, jerawat juga diketahui dapat meninggalkan bekas pada kulit yang menghitam.

Nah, jika saat ini kamu memiliki bekas jerawat yang menghitam, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara aman yang dapat dilakukan guna menghilangkannya. Penasaran apa saja caranya? Yuk, ketahui informasinya di sini!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Terdapat beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan aman, antara lain:

1. Mengonsumsi Vitamin C

Salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan mengonsumsi asupan vitamin C seperti jus lemon. Sebab, vitamin C dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Menariknya lagi, vitamin C juga telah terbukti sebagai agen depigmentasi yang efektif dalam mengurangi pembentukan melanin.

2. Mengoleskan Aloe Vera Pada Bekas Jerawat

Lidah buaya atau aloe vera dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat yang menghitam. Hal ini lantaran aloe vera memiliki agen penyembuhan bagi kulit. Menariknya lagi, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan guna mengetahui efektivitasnya pada kulit manusia.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Menurut penelitian berjudul Cosmeceuticals for Hyperpigmentation: What is Available? Perawatan bekas jerawat yang menghitam harus dimulai dengan melindungi kulit dari matahari. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap harinya pada kulit wajahmu. Lakukan hal ini setiap kali kamu keluar rumah, terlepas dari cuaca saat itu mendung atau panas terik. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada kulit secara keseluruhan.

4. Chemical Peeling

Jika beberapa bahan alami sebelumnya tidak berfungsi secara efektif, sebaiknya kamu beralih ke perawatan dokter kulit. Nah, salah satu metode perawatan yang dapat kamu lakukan adalah menjalani chemical peeling atau pengelupasan kulit. Metode ini dilakukan dengan menggunakan larutan asam topikal yang kuat pada kulit wajah. Nantinya sel dan lapisan kulit yang sudah mati atau rusak akan terkelupas dan membiarkan kulit sehat dan lebih muda terlihat.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bekas jerawat yang menghitam dengan aman. Mulai dari mengonsumsi vitamin C, hingga melakukan metode perawatan chemical peeling. Pastikan untuk mencobanya agar bekas jerawat yang menghitam tak lagi menjadi hambatan untuk kembali tampil menarik.

Namun, jika beberapa cara tersebut tidak membuahkan hasil, sebaiknya segeralah periksakan dirimu ke dokter spesialis kulit. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji medis untuk memeriksakan dirimu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. How to Remove Dark Spots from Pimples. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to remove dark spots caused by pimples. 
NIH. Diakses pada 2022. Cosmeceuticals for Hyperpigmentation: What is Available?