• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara-Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Lemon

Cara-Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Lemon

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Lemon mungkin sudah dikenal banyak orang sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, buah berwarna kuning ini juga dilengkapi dengan berbagai macam mineral, seperti kalsium, magnesium, tembaga dan kalium. Karena mengandung banyak nutrisi baik, lemon pun dapat memberikan kita banyak manfaat kesehatan. 

Selain sering digunakan untuk membantu menurunkan berat badan, salah satu manfaat lemon yang juga sering dicari banyak orang adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Yuk, cari tahu cara menggunakan lemon untuk menurunkan kolesterol di bawah ini.

Baca juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Centers for Disease Control and Prevention melaporkan bahwa 1 dari 6 orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kolesterol yang tinggi. Bila kamu juga termasuk orang yang memiliki kolesterol tinggi, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, seperti minum obat-obatan, berolahraga, menurunkan berat badan dan perubahan pola makan yang membatasi makanan tertentu dan memperbanyak asupan yang lebih sehat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon mungkin juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. 

Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya bicarakan dulu pada dokter bila kamu ingin menjalani perencanaan diet tertentu untuk membantu mengendalikan kolesterol kamu.

Manfaat Lemon untuk Kolesterol

Sebuah Jurnal Internasional Ilmu Humaniora dan Ilmu Sosial yang diterbitkan pada tahun 2013 melaporkan efek dari pemberian buah apel utuh, segelas air yang dicampur dengan perasan lemon, atau keduanya setiap hari pada orang-orang yang memiliki kolesterol darah tinggi. Hasilnya didapati bahwa orang-orang yang minum air lemon setiap hari mengalami penurunan LDL atau tingkat kolesterol "jahat" yang signifikan. Karena penelitian ini juga mengharuskan peserta untuk berolahraga secara teratur dan menjalani diet rendah lemak, tidak diketahui secara pasti apakah minum air lemon saja dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Namun, berikut ini beberapa nutrisi dalam lemon yang diduga dapat memberi dampak baik terhadap kadar kolesterol:

  • Kaya akan Vitamin C

Menurut Sistem Kesehatan Universitas Michigan, asupan vitamin C yang tinggi tidak hanya membantu mencegah kerusakan kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga dapat menurunkan total kolesterol secara keseluruhan. Nah, lemon mengandung vitamin C dengan konsentrasi tinggi. 1 cangkir jus lemon segar mengandung 94 miligram nutrisi dan 1 cangkir perasan lemon mentah mengandung 112 miligram.

  • Sumber Serat Larut

National Institutes of Health merekomendasikan orang-orang dengan kolesterol LDL tinggi untuk mengonsumsi 10–25 gram serat larut setiap hari untuk menurunkan total kolesterol mereka. Serat larut menyerap air di saluran pencernaan dan membentuk massa kental. Asam empedu yang mengandung kolesterol mungkin terperangkap dalam massa ini dan dihilangkan dari tubuh alih-alih diserap kembali, sehingga hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah kamu. Nah, lemon adalah sumber serat larut yang baik. Satu buah lemon berukuran sedang dapat memasok 1,6 gram serat total dan 1 gram di antaranya adalah serat larut.

  • Kaya akan Flavonoid

Buah dan sari bukan satu-satunya bagian dari lemon yang dapat menurunkan kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2002 di European Journal of Nutrition, kulit lemon efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol darah dan liver dari hamster yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini mungkin berkat kandungan flavonoid yang ditemukan dalam kulit lemon dan buah jeruk lainnya seperti jeruk dan jeruk keprok. 

Buah jeruk sangat kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavon polymethoxylated, yaitu antioksidan yang memiliki efek kuat pada kadar kolesterol dan hanya terjadi dalam konsentrasi tinggi yang ada pada kulitnya. Namun, studi lanjut dengan manusia diperlukan untuk melihat apakah efeknya sama dengan pada hewan.

Baca juga: Buah-Buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

Cara Mengonsumsi Lemon

Kamu dapat mengonsumsi air lemon sebelum mengonsumsi apapun pada pagi hari atau bisa juga mengonsumsinya kapan saja di siang hari yang tergantung selera. Jangan ragu untuk menambahkan satu sendok makan madu, beberapa daun mint atau jahe segar. Hal ini dapat meningkatkan rasa dan manfaat kesehatannya.

Cara lain mengonsumsi lemon adalah dengan menambahkan perasan lemon segar ke dalam salad favorit kamu. Kamu juga bisa mencampurnya dengan teh herbal atau smoothie. Ketahuilah bahwa jus lemon yang dijual di toko-toko seringkali sudah ditambahkan gula dan rasa buatan. Jadi, bikin sendiri jus lemon di rumah untuk mendapatkan manfaat optimalnya.

Baca juga: Mengecilkan Perut Buncit, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Itulah cara mengonsumsi lemon untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Bila kamu ingin memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya praktis banget, tinggal pilih fitur Get a Lab Test dan petugas lab akan datang ke rumahmu untuk memeriksa kesehatanmu. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2020. Does Lemon Lower Cholesterol?
SF Gate.  Diakses pada 2020. Can Lemon Juice Reduce Cholesterol?