18 May 2018

7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Di balik rasa asam lemon, ternyata ada segudang manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Buah berwarna kuning ini kaya akan antioksidan dan vitmin C yang penting untuk tubuh. Belum lagi kandungan protein, serat, karbohidrat, dan berbagai jenis mineral seperti magnesium, kalsium, serta kalium.

Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat lemon dengan mudah, karena buah ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi infused water. Kamu juga bisa membuat minuman lemon dengan campuran irisan jahe dan madu. Lalu, apa saja khasiat buah lemon bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lemon yang pertama tentu saja berkaitan dengan daya tahan dan kekebalan tubuh. Dalam buah ini, terkandung flavonoid dan vitamin C dalam kadar yang tinggi. Flavonoid sendiri adalah sejenis senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bahaya radikal bebas.

Mencegah Terserang Penyakit Batu Ginjal

Selain vitamin C dan senyawa antioksidan, lemon juga kaya akan asam sitrat yang berfungsi meningkatkan pH sekaligus volume air seni. Hal ini dapat mengurangi risiko tubuh terserang penyakit batu ginjal. Caranya pun mudah, cukup dengan mengonsumsi air lemon sebanyak setengah gelas setiap harinya.

(Baca juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah)

Membantu Proses Penyerapan Zat Besi pada Tubuh

Zat besi juga menjadi salah satu mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Kekurangan zat besi bisa membuat kamu rentan mengalami anemia atau kurang darah. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya zat besi agar terhindar dari bahaya anemia. Supaya tubuh mudah menyerap zat besi dari makanan yang kamu konsumsi, kamu bisa menambahkan perasan lemon di atasnya.

Menjaga Kesehatan dan Kinerja Jantung

Ternyata, vitamin C tak hanya berperan sebagai penguat daya tahan dan kekebalan tubuh. Nutrisi ini juga memiliki peran penting untuk mengurangi risiko tubuh mengalami stroke dan sakit jantung. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi lemon dan mengimbanginya dengan olahraga juga membantu tubuh terhindar dari bahaya kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Stroke Iskemik

Menurut hasil penelitian, rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung sitrus, seperti misalnya lemon, bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit stroke iskemik atau berkurangnya pasokan darah ke bagian otak karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Obat Sakit Tenggorokan

Tak hanya jahe yang mampu meringankan batuk dan melegakan tenggorokan, lemon juga ternyata memiliki fungsi yang sama. Jika sakit tenggorokan terasa mengganggu, cobalah berkumur dengan air hangat yang sebelumnya telah ditambahkan jus lemon sebanyak satu sendok teh saja. Sementara itu, kalau kamu sedang terserang batuk dan pilek, air hangat dengan perasan lemon dan dua sendok teh madu akan meredakannya.

(Baca juga: 4 Manfaat Ubi untuk Paru-Paru Sehat)

Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mulut kamu berarora tak sedap? Pasti kamu jadi tidak percaya diri, ya. Namun, jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan lemon untuk menguranginya. Rutin mengonsumsi lemon akan membuat mulut kamu jadi segar dan bebas bau tak sedap. Tak hanya itu, lemon juga mampu meringankan rasa nyeri dan ngilu pada gigi, lho!

 

Itu tadi tujuh manfaat lemon untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin tahu berbagai tips kesehatan lainnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Adanya fitur live chat akan memudahkan kamu terhubung dengan dokter-dokter ahli. Segera download aplikasi Halodoc dari App Store atau Google Play Store, ya!