Cara Tepat Memasak Beras Shirataki untuk Diet

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   19 Oktober 2020
Cara Tepat Memasak Beras Shirataki untuk DietCara Tepat Memasak Beras Shirataki untuk Diet

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar tentang shirataki? Ada dua jenis produk dengan bahan dasar shirataki atau konjac yang paling banyak dikenal, yakni beras shirataki dan mi shirataki. Makanan ini dikenal sebagai makanan yang paling bagus di seluruh toko makanan Eropa dan Amerika untuk mereka yang sedang dalam usaha penurunan berat badan. Shirataki juga termasuk dalam makanan sehat teratas di Jepang dan mendapatkan pengakuan sebagai makanan super karena manfaat nutrisinya. 

Tahukah kamu bahwa beras shirataki pada dasarnya adalah mie shirataki rendah kalori dan rendah karbohidrat yang dipotong-potong menyerupai nasi biasa? Sebagian besar komposisi dari beras shirataki adalah air dan serat makanan yang sangat larut yang dikenal sebagai glukomanan. Makanan ini hampir bebas rasa dan akan menyerap rasa dari sup dan saus.

Baca juga:  Ini Manfaat Beras Shirataki untuk Diet 

Cara Memasak Beras Shirataki

Beras shirataki adalah pengganti yang bagus untuk nasi biasa. Selain sangat rendah kalori, mereka membantu kamu merasa kenyang dan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki manfaat untuk kadar gula darah, kolesterol, dan kesehatan pencernaan.

Ingat, meskipun disebut dengan beras, tekstur dari beras shirataki tidak persis sama dengan nasi biasa. Namun, kamu bisa menggunakan dan menyajikannya sebagai alternatif nasi dengan memasaknya dengan saus dan bumbu pilihan untuk menyerap semua rasa.

Ada beberapa cara memasak beras shirataki yang perlu kamu tahu berikut:

Metode 1

  • Rebus dengan air setidaknya selama 20 menit sampai benar-benar matang (warnanya berubah) dan sajikan.
  • Nasi shirataki kering bisa mengembang 4-5 kali lipat.

Metode 2

Masak dengan penanak nasi untuk rasa yang lebih nikmat, begini caranya:

  • Cuci beras biasa sekitar 4-5 kali kemudian tambahkan 40 gram beras shirataki kering. Biarkan terendam dalam air selama 30 menit. Pindahkan beras ke dalam saringan dan tiriskan seluruhnya agar tidak terlalu lembek.
  • Tambahkan 300-350 mililiter air dan masak dengan rice cooker

Baca juga: Ini 4 Jenis Beras dan Kandungan Vitaminnya

Metode 3 

Masak dalam panci (masak dengan nasi):

  • Taruh 180 mililiter (160 gr) nasi ke dalam mangkuk. Cuci beras dengan lembut dengan gerakan melingkar dan buang airnya. Ulangi proses ini sekitar 3-4 kali.
  • Rendam beras dan 40 gram shirataki kering dalam air dingin selama 30 menit. Pindahkan beras ke dalam saringan dan tiriskan seluruhnya.
  • Campurkan beras, beras shirataki, dan 300-350 mililiter air dalam wajan tebal, didihkan dengan api sedang. Pasang tutupnya.
  • Periksa saat air mendidih, jika tidak jangan buka tutupnya. Setelah air mendidih, kecilkan api dan masak selama 12 hingga 15 menit, atau hingga air benar-benar terserap. Jika kamu melihat masih ada air yang tersisa, tutup penutupnya dan lanjutkan memasak sedikit lebih lama.
  • Angkat panci dari api, tutup dan biarkan mengukus selama 10 menit lagi. Aduk nasi dengan rice paddle jika sudah matang. 

Metode 4

Memasak beras shirataki dengan campuran lain: 

  • Masak beras seperti pada metode kedua atau ketiga.
  • Setelah matang, tambahkan nasi dengan tumisan untuk dijadikan nasi goreng atau campurkan nasi yang sudah matang ke dalam rebusan sup.

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Itulah beberapa cara menikmati beras shirataki yang pastinya sangat rendah kalori dan bisa bantu kamu menurunkan berat badan. Namun, jika kamu masih ragu akan kandungan nutrisi di dalamnya, tak ada salahnya untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan menjelaskan semua informasi kesehatan yang kamu butuhkan guna mendukung program diet yang sedang kamu jalani.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Shirataki Noodles: The Zero-Calorie ‘Miracle’ Noodles
7 Grain. Diakses pada 2020. Shirataki Rice.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan