Catat, Ini Pilihan Obat Darah Tinggi di Apotik yang Aman

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2023

"Jika kamu mengidap hipertensi yang dokter khawatirkan bisa menyebabkan komplikasi lain, dokter mungkin akan meresepkan obat darah tinggi. Ada beberapa jenis obat darah tinggi yang bisa dokter resepkan, seperti Captopril, Concor, Lasix, Lodoz, hingga Aprovel. "

Catat, Ini Pilihan Obat Darah Tinggi di Apotik yang AmanCatat, Ini Pilihan Obat Darah Tinggi di Apotik yang Aman

DAFTAR ISI

  1. Captopril 12.5 mg 10 Tablet
  2. Concor 2.5 mg 10 Tablet
  3. Lasix 40 mg 10 Tablet
  4. Lodoz 2.5 mg 10 Tablet
  5. Aprovel 150 mg 14 Tablet

Halodoc, Jakarta – Tak dimungkiri lagi bahwa hipertensi menjadi salah satu silent killer yang diidap banyak orang. Kondisi ini memang tanpa gejala, tetapi bukan berarti kamu bisa mengabaikannya. Ada baiknya kamu rutin memeriksakan tekanan darahmu ke dokter dan mengonsumsi obat darah tinggi yang dokter resepkan. 

Obat darah tinggi biasanya dokter resepkan untuk mengatasi tekanan darah yang angkanya terus-menerus di atas normal. Selain itu, obat darah tinggi juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya komplikasi akibat tekanan darah tinggi.

Daftar Obat Darah Tinggi yang Tersedia di Apotik

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah tekanan darah yang lebih dari 130/80 mmHg. 

Jika kamu membiarkannya, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti gagal jantung, stroke, serangan jantung, atau gagal ginjal.

Nah, berikut obat penurun darah tinggi di apotik yang bisa kamu dapatkan:

1. Captopril 12.5 mg 10 Tablet

Pilihan obat menurunkan darah tinggi pertama adalah Captopril 12.5 mg tablet.

Ini  adalah obat antihipertensi yang termasuk golongan ace inhibitor dan akan bekerja dengan langsung menurunkan tekanan darah dan menyebabkan ekskresi air dan natrium dan retensi kalium. 

Namun, dalam menggunakan obat ini, kamu harus mengikuti petunjuk dokter karena dosis akan menyesuaikan kondisi kesehatanmu.

Sebelum konsumsi Captopril Tablet, beri tahu dokter jika kamu sedang hamil atau menyusui. Informasikan juga jika kamu mengalami gangguan pada jantung, ginjal, atau liver, maupun mengidap diabetes.

Kisaran harga: Rp2.000 per strip

Dapatkan Captopril 12.5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

2. Concor 2.5 mg 10 Tablet

Pilihan obat penurun darah tinggi yang cepat selanjutnya adalah Concor Tablet yang mengandung bisoprolol fumarate.

Obat darah tinggi ini bisa menurunkan frekuensi detak jantung dan kekuatan jantung dalam memompa darah. 

Dengan begini, beban jantung akan menjadi lebih ringan dan tekanan darah akan menurun.

Sebelum menggunakan Concor Tablet, pastikan dokter tahu jika kamu mengidap gangguan pernapasan, diabetes, penyakit ginjal, atau memiliki detak jantung yang cenderung lebih pelan.

Ingat, dalam menggunakan obat ini, kamu harus mengikuti petunjuk dokter karena dosis akan menyesuaikan kondisi kesehatanmu.

Kisaran harga: Rp87.300 per strip

Dapatkan Concor 2.5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Selain dengan obat,  Kenali Jenis Diet yang Tepat untuk Pengidap Hipertensi.

3. Lasix 40 mg 10 Tablet

Kamu juga bisa mendapatkan Lasix Tablet sebagai obat tekanan darah tinggi. 

Obat ini mengandung furosemide yang dapat membantu tubuh membuang kelebihan air dan garam melalui urine sehingga tekanan darah bisa menurun.

Namun, sebelum meminta resep obat ini ke dokter, jelaskan jika kamu mengidap gangguan pada ginjal atau liver, asam urat, atau diabetes.

Karena tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus mengikuti petunjuk dokter karena dosis akan menyesuaikan kondisi kesehatanmu.

Kamu bisa minum obat ini dengan bantuan air putih sebelum atau sesudah makan. Obat darah tinggi ini umumnya bisa kamu konsumsi 1–2 tablet per hari atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp88.600 per strip

Dapatkan Lasix 40 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Apabila masih bingung obat mana yang cocok dan sesuai dengan kondisi tubuh kamu, Ini Dokter yang Paham Perawatan Darah Tinggi dan bisa memberi saran terkait obat darah tinggi.

4. Lodoz 2.5 mg 10 Tablet

Kamu juga bisa konsumsi Lodoz Tablet yang mengandung bisoprolol dan hydrochlorothiazide untuk mengatasi tekanan darah tinggi. 

Senyawa bisoprolol akan bekerja menurunkan kerja jantung, sedangkan hydrochlorothiazide membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh.

Nah, dua cara kerja tersebut saling bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah.

Sebelum kamu konsumsi obat ini, pastikan kamu telah memberi tahu dokter jika kamu memiliki penyakit asam urat, glaukoma, gangguan pada jantung atau ginjal, serta gangguan pernapasan, misalnya asma.

Penggunaan obat ini pun harus mengikuti petunjuk dokter karena dosis akan menyesuaikan kondisi kesehatanmu.

Rentang harga: Rp70.400 – Rp87.700 per strip

Dapatkan Lodoz 2.5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

5. Aprovel 150 mg 14 Tablet

Obat untuk darah tinggi  seperti Aprovel Tablet juga bisa kamu pilih.

Obat ini mengandung irbesartan yang bekerja menghambat kerja angiotensin, yakni hormon yang menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Dengan begitu, obat ini akan melemaskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun. Ini pun akan memudahkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Namun, obat ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil karena dapat membahayakan janin. Beri tahu juga pada dokter jika kamu mengidap penyakit liver, gangguan ginjal, diabetes, atau penyakit jantung.

Karena tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus mengikuti petunjuk dokter karena dosis akan menyesuaikan kondisi kesehatanmu.

Kisaran harga: Rp268.100 per strip

Dapatkan Aprovel 150 mg 14 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah pilihan obat darah tinggi di apotik yang aman.

Namun, obat penurun tensi darah tinggi tersebut umumnya adalah obat keras sehingga penggunaannya perlu kamu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain tentang hipertensi, jangan ragu menghubungi dokter spesialis penyakit dalam melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Harvard Health. Diakses pada 2023. High Blood pressure (Hypertension).
World Health Organization (WHO). Diakses pada 2023. Hypertension.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. High blood pressure (hypertension).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan