Dampak Negatif Konsumsi Buah Kedondong Berlebih

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 November 2021
Dampak Negatif Konsumsi Buah Kedondong BerlebihDampak Negatif Konsumsi Buah Kedondong Berlebih

Buah kedondong punya cita rasa yang masam dan sedikit manis sehingga cocok disantap sebagai rujak. Selain lezat dan menyegarkan, kedondong kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Namun, buah ini bisa menimbulkan sejumlah dampak negatif bila dikonsumsi secara berlebihan.”

Halodoc, Jakarta – Kedondong adalah salah satu jenis buah yang mungkin pernah kamu konsumsi. Biasanya, buah yang satu ini lebih nikmat saat disantap sebagai rujak. Rasanya yang masam dan sedikit manis membuat kedondong lebih segar saat dijadikan rujak. Bukan cuma lezat dan menyegarkan, kedondong juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting.

Nutrisi yang terkandung dalam kedondong ini tentunya memberikan banyak manfaat kesehatan. Kendati demikian, manfaat kesehatan ini bisa luntur apabila kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Nah, berikut dampak negatif dari mengonsumsi buah kedondong secara berlebihan.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Dampak Kebanyakan Mengonsumsi Buah Kedondong

Sejauh ini, belum ada penelitian khusus untuk mengidentifikasi efek negatif dari mengonsumsi kedondong secara berlebihan. Kendati demikian, telah banyak penelitian yang mengungkapkan efek terlalu banyak mengonsumsi buah. 

Nah, kedondong cenderung memiliki cita rasa yang masam. Kelebihan asam berisiko memicu masalah pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, perut bergas, sampai diare

Serat yang ada pada kedondong juga bisa membuat kamu cepat kenyang, sehingga kamu dapat kesulitan mengonsumsi makanan lain, yang tentunya mengandung gizi dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. 

Meskipun kandungan gula dalam kedondong tidak terlalu tinggi, jika dikonsumsi terlalu banyak tetap dapat memberikan efek tertentu. Tubuh dapat mengubah gula tersebut menjadi lemak untuk digunakan nanti jika tidak segera membakarnya. Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat memicu kenaikan berat badan, masalah metabolisme, risiko diabetes, hingga masalah pada kesehatan gigi

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Konsumsi Buah Kedondong

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi buah kedondong. Kedondong kaya akan antioksidan dan berbagai senyawa penting yang memberikan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin C dan zat besi buah kedondong dapat menjaga mekanisme pertahanan dalam tubuh. Nutrisi tersebut bekerja dengan membantu pembentukan sel darah putih yang sehat yang sangat diperlukan untuk memerangi zat-zat  asing yang bisa menyebabkan infeksi di dalam tubuh.

Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam aliran darah yang penting untuk sintesis sel darah merah. Pembentukan sel darah merah yang sehat dapat mencegah anemia dan kelelahan.

2. Menyehatkan Pencernaan

Antioksidan dalam kedondong seperti flavonoid, terpenoid dan tanin bekerja secara sinergis untuk melancarkan pencernaan. Kandungan ini juga mampu mengobati sejumlah masalah pencernaan yang umum terjadi seperti sakit perut dan perut kembung. Waktu terbaik untuk mengonsumsi buah kedondong adalah sebelum sarapan atau makan siang yang berat.

3. Menjaga Penglihatan

Buah kedondong mengandung vitamin A yang berlimpah. Vitamin A dikenal mampu menyehatkan mata sehingga mampu menjaga penglihatan tetap normal. Jika dikonsumsi secara teratur, vitamin A mampu menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia dan masalah penglihatan lainnya.

4. Memerangi Infeksi Kulit

Agen antimikroba dalam buah kedondong dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, psoriasis, rosacea dan luka lainnya. Selain itu, antioksidan dalam kedondong mampu merangsang sintesis kolagen, sehingga memperlambat penuaan dan mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

Baca juga: Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam

Supaya kebutuhan vitamin kamu lebih tercukupi, cek kebutuhan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Segera konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. How Much Fruit Is Too Much?
Medical News Today. Diakses pada 2021. How much fruit in the diet is too much?
Netmeds. Diakses pada 2021. Ambarella Fruit: Discover The Wonderful Health Benefits Of This Exotic Summer Bounty.
Medindia. Diakses pada 2021. Health Benefits of Ambarella.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan