• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Depresi Tersembunyi, Menutupi 4 Gangguan Psikologi Ini

Depresi Tersembunyi, Menutupi 4 Gangguan Psikologi Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Depresi Tersembunyi, Menutupi 4 Gangguan Psikologi Ini

Halodoc, Jakarta – Depresi sudah dikenal sebagai gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan sedih dan hilangnya semangat yang berlangsung terus-menerus. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang depresi tersembunyi sempurna? Istilah tersebut untuk menunjukkan bahwa ada gangguan psikologi yang sebenarnya terjadi di balik depresi itu sendiri. 

Faktanya, ada empat gangguan psikologi yang memiliki beberapa sifat dengan depresi tersembunyi sempurna, selain depresi itu sendiri. Karena itu, penting bagi kamu untuk tidak mengabaikan dan mengenali masalah kejiwaan lainnya yang sebenarnya terjadi di balik depresi, agar kamu bisa mencari bantuan untuk mengatasinya.

1.Depresi Tersembunyi Sempurna VS Bipolar II

Pertama-tama, mari kita pahami dulu tentang gangguan bipolar II. Ini adalah gangguan siklik, yang berarti bahwa kamu dapat sering mengalami perubahan suasana hati yang tidak dapat dijelaskan, dari mood yang penuh energi ke episode depresi. Perubahan suasana hati tersebut dapat terjadi pada beberapa tingkat (seperti gangguan bipolar, bipolar I, bipolar II). Namun, bila kamu adalah seseorang yang sangat bersemangat, memiliki banyak sekali pencapaian yang luar biasa, masalah dalam menghentikan keaktifan pikiran, dan bergumul dengan kecemasan dan sulit tidur, apakah itu depresi tersembunyi yang sempurna atau tahap bipolar II yang lebih enerjik?

Memusatkan perhatian secara intensi pada tugas yang dikerjakan mungkin saja adalah bagian dari sifat kamu yang terlihat terlalu bersemangat. Biasanya, ada sedikit waktu rileks dalam depresi tersembunyi sempurna atau tahap hipomanik dari bipolar II. Namun, seseorang dengan gangguan bipolar II mungkin memiliki energi yang sangat berlebih, diwarnai dengan kecemasan dan agitasi, kemudian langsung terjun ke dalam kesedihan atau depresi. Mood swing tersebut dapat dirasakan oleh orang lain dan memengaruhi fungsi pengidapnya sehari-hari. Nah, tetapi mereka yang memiliki depresi tersembunyi sempurna tidak mengalami depresi yang jelas.

Bila kamu mengidentifikasi siklus tersebut, kamu perlu berbicara dengan seorang profesional kesehatan mental untuk menentukan perbedaan-perbedaan tersebut. Ingat juga ada kemungkinan bahwa kamu mengalami depresi tersembunyi sempurna dan juga memiliki beberapa sifat bipolar II.

Baca juga: Depresi dan Bipolar, Apa Perbedaannya?

2.Depresi Tersembunyi Sempurna VS Gangguan Kecemasan, Khususnya Gangguan Kecemasan Umum

Kecemasan atau kekhawatiran adalah perasaan wajar yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Namun, gangguan kecemasan sejatinya memiliki tingkatan yang jauh lebih parah. Ada banyak jenis gangguan kecemasan, tetapi pada poin ini, yang akan dibahas adalah tentang gangguan kecemasan umum yang dikaitkan dengan depresi tersembunyi sempurna.

Orang dengan gangguan kecemasan umum yang parah sering mengeluh bahwa mereka dapat membayangkan hal-hal traumatis terjadi. Mereka mungkin merasa bahwa penglihatan-penglihatan tersebut secara akurat meramalkan kekerasan, bahwa bahaya besar bukan hanya potensi, tetapi dapat menjadi kenyataan. Namun, ini bukanlah bagian dari sindrom depresi tersembunyi sempurna.

Apa yang dialami oleh gangguan kecemasan umum dengan depresi tersembunyi sempurna adalah prevalensi kekhawatiran. Dalam depresi tersembunyi sempurna, kekhawatiran kamu jauh lebih besar kemungkinannya berpusat pada rasa takut akan terekspos dan kehilangan kontrol. Sedangkan pada gangguan kecemasan umum, kamu terus-menerus khawatir akan kemampuanmu menangani stres atau tekanan eksternal, dan tidak bisa menyembunyikan kecemasan kamu dari orang lain.

Baca juga: Inilah Perbedaan antara Depresi dan Gangguan Kecemasan Umum

3.Depresi Tersembunyi Sempurna VS Gangguan Kecemasan, Khususnya Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD)

Depresi tersembunyi sempurna mungkin juga memiliki ciri-ciri gangguan obsesif-kompulsif (OCD), jenis gangguan kecemasan lainnya.

Gangguan obsesif-kompulsif menunjuk pada kondisi adanya kebutuhan kompulsif untuk melakukan hal-hal tertentu dalam upaya untuk mengendalikan kecemasan. Bila kamu memiliki OCD, kamu dapat, misalnya, secara konsisten memiliki ritual berulang, menghitung benda-benda di sekitar kamu secara obsesif, atau harus memiliki lingkungan yang sedemikian bersihnya. Kamu mungkin bisa bangun jam 2 pagi untuk mengepel lantai dapur.

Sementara orang yang diidentifikasi dengan depresi yang tersembunyi sempurna tapi juga memiliki beberapa sifat OCD, mungkin dapat merasa terdorong untuk menyimpan kalender harian yang sangat terperinci. Dan lacinya sangat sesak, penuh dengan catatan dan tempelan yang hampir tidak dapat dipahami oleh orang lain.

Sekali lagi, berbicaralah dengan seorang profesional kesehatan mental tentang gangguan kecemasan umum dan gangguan obsesif-kompulsif untuk dapat mengenali perbedaannya. 

4.Depresi Tersembunyi Sempurna VS Gangguan Kepribadian Ambang

Salah satu karakteristik utama gangguan kepribadian ambang adalah emosi yang intens, impulsive dan tidak stabil. Pengidap gangguan kepribadian ambang yang tidak diobati mungkin memiliki emosi yang kacau, kecenderungan merusak diri sendiri, upaya bunuh diri, dan ketakutan yang sangat besar akan pengabaian.

Lalu, bagaimana mengidentifikasi depresi tersembunyi sempurna pada pengidap gangguan kepribadian ambang? Pengidap gangguan kepribadian ambang dengan depresi tersembunyi sempurna sering menggambarkan perasaan seolah-olah ada bagian gelap dan sangat kosong di dalam diri mereka sendiri, bagian yang pada akhirnya dipenuhi oleh keputusasaan, kesepian, membenci diri sendiri dan marah. Seorang pasien menyebutnya sebagai ‘“ubang hitam” yang mencoba menyedot kebaikan apapun dari hidupnya.

Dinamika depresi yang tersembunyi sempurna dan gangguan kepribadian ambang dapat dianggap sebagai kutub emosional yang berseberangan. Dalam depresi tersembunyi sempurna, intelektualisasi dan analisis yang terlalu ketat mengatur perilaku, sedangkan emosi dramatis dan impulsif menguasai seseorang dengan BPD.

Baca juga: Pengidap Gangguan Kepribadian Ambang Berisiko Alami Depresi

Itulah penjelasan mengenai depresi tersembunyi sempurna yang dapat menutupi gangguan psikologi yang sesungguhnya. Kamu juga bisa membicarakan kondisi mental yang dirasa mengganggu kehidupanmu sehari-hari pada psikolog dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa curhat dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. When Is Perfectly Hidden Depression (PHD) Not All There Is?