Di Balik Kesegarannya, Ini 4 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Juli 2022

“Infused water memiliki berbagai keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Manfaat infused water bisa membantu menurunkan berat badan hingga mencegah penuaan.”

Di Balik Kesegarannya, Ini 4 Manfaat Infused Water bagi TubuhDi Balik Kesegarannya, Ini 4 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Infused water menjadi salah satu minuman yang dipilih banyak orang untuk melepaskan dahaga. Pada dasarnya, minuman ini hanyalah air putih biasa yang ditambahkan oleh irisan buah atau sayur. Namun, rasa dan aroma dari buah dan sayuran yang menyegarkan membuat infused water sering menjadi alternatif minuman bila sedang bosan minum air putih.

Tidak hanya menyegarkan, infused water juga dipercaya lebih sehat berkat kandungan nutrisi dari potongan buah dan sayuran. Jadi, dengan minum infused water, kamu bisa menghilangkan dahaga, memenuhi kebutuhan asupan cairan, sekaligus mendapatkan nutrisi dari berbagai buah dan sayuran. Yuk, simak manfaat infused water bagi tubuh di sini.

Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Dalam membuat infused water, bahan yang digunakan bisa bervariasi. Hal itu karena tergantung pada selera masing-masing orang. Ada sebagian orang membuatnya dengan menggunakan potongan apel dan kayu manis. Sementara beberapa lainnya lebih memilih menggunakan buah-buahan lain seperti stroberi, lemon, atau mentimun. 

Nah, tergantung dari bahan apa yang kamu gunakan, berikut manfaat infused water yang bisa kamu dapatkan bagi tubuh:

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan tubuh

Manfaat infused water yang utama tentu saja adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bagi kamu yang bosan mengonsumsi air putih atau buah-buahan, minuman ini bisa menjadi alternatif. 

Pada umumnya, orang yang bosan atau kurang menyukai air putih akan memilih mengonsumsi minuman yang memiliki rasa, seperti kopi, teh, atau minuman ringan kemasan.

Namun, hal itu sebenarnya bisa membuat tubuh semakin kekurangan cairan karena adanya kandungan kafein. Selain itu, minuman-minuman tersebut juga mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi dibandingkan dengan air mineral. 

Nah, infused water merupakan salah satu minuman yang baik yang bisa kamu pilih sebagai pengganti (sementara) air putih. Adanya tambahan irisan buah dan sayuran bisa memberikan rasa dan aroma pada air putih, sehingga tidak membosankan untuk diminum. Selain itu, buah dan sayuran seperti lemon dan mentimun juga mengandung elektrolit, sehingga bisa menghidrasi tubuh kamu dengan lebih baik.

2. Antiaging

Dengan tambahan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, manfaat infused water lainnya ialah antiaging. Hal ini karena buah-buahan tersebut antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang memiliki efek buruk bagi tubuh. 

Namun, agar lebih efektif untuk mencegah penuaan, ada baiknya kamu mengonsumsi beragam buah dan sayur-sayuran utuh juga. Dengan minum infused water dan mengonsumsi buah dan sayuran utuh secara rutin, kamu bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang  bisa menghambat proses penuaan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memilih minum infused water alih-alih minuman manis bisa mengurangi asupan gula atau karbohidrat  yang berpengaruh terhadap berat badan. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga bisa meningkatkan metabolisme dan memberi perasaan kenyang, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Infused water juga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Vitamin dan mineral tertentu dari buah dan sayuran bisa larut ke dalam air selama perendaman. Memang tidak semua nutrisi dari buah dan sayuran yang digunakan dalam minuman tersebut bisa kamu dapatkan, tapi infused water memberi kamu nutrisi setiap kali kamu minum air.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kamu juga bisa cek obat dan vitamin dengan menggunakan aplikasi Halodoc.

Waspadai Juga Efek Sampingnya

Meskipun bermanfaat, terlalu sering minum infused water juga bisa menyebabkan beberapa efek samping. Pasalnya, buah yang masam seperti lemon diketahui bisa mengikis email gigi karena kandungan asamnya. Selain itu, mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C secara berlebihan juga malah bisa menyebabkan batu ginjal.

Oleh karena itu,  usahakan untuk memilih air putih sebagai pilihan minuman utama. Bila sedang bosan, baru kamu bisa selingi dengan minum infused water atau minuman sehat lainnya.

Ide Variasi Infused Water

Berikut ini adalah beberapa ide infused water yang bisa kamu coba:

  • Lemon & Mint

Siapkan setengah buah mentimun yang telah diiris tipis, satu buah lemon, dan 15 gram daun mint. Bahan- bahan tersebut dimasukkan ke dalam 3 liter air. Kemudian aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari es. Kamu harus memastikan infused water tidak terlalu asam. Jika dirasa asam, bisa tambahkan lagi sedikit air.

  • Lemon & Delima

Bekukan sekitar 300 gram biji delima dengan air yang dimasukkan ke dalam cetakan es batu. Setelah beku, es batu tersebut dimasukkan ke dalam 2 liter air mineral yang telah dimasuki irisan lemon sebelumnya dan diamkan di dalam lemari es.

  • Stroberi & Nanas

Siapkan satu liter air, 225 gram nanas potong, dan enam buah stroberi potong. Masukkan stroberi dan nanas dalam air, aduk, tutup rapat, dan simpan dalam lemari es.

Nah, itulah beberapa manfaat infused water bagi tubuh dan ide variasinya. Yang perlu diingat dalam membuat infused water adalah pastikan menggunakan air matang dan buah yang digunakan segar serta sudah dicuci bersih.

Jika ada masalah kesehatan yang terjadi, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter lewat aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Are There Health Benefits to Drinking Infused Water?
The Work Out Digest. Diakses pada 2022. 9 Benefits of Fruit Infused Water (Actually Backed By Science)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan