Ibu, Ini Pengobatan Gondongan pada Anak di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2022

“Ada beberapa pengobatan gondongan pada anak yang dapat dilakukan di rumah. Contohnya memperbanyak istirahat, memberikan cairan yang cukup, dan memberikan kenyamanan pada wajah dan lehernya.”

Ibu, Ini Pengobatan Gondongan pada Anak di RumahIbu, Ini Pengobatan Gondongan pada Anak di Rumah

Halodoc, Jakarta – Gondongan merupakan kondisi yang menyakitkan bagi anak. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga sangat mudah menular. Gondongan pada anak sangat mudah dikenali, karena muncul pembengkakan di sisi rahang.

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, dalam beberapa kasus gondongan dapat menyebabkan komplikasi. Lantas, bagaimana cara mengobati gondongan pada anak?

Cara Mengobati Gondongan pada Anak Di Rumah

Orang tua tidak perlu panik saat anak mengalami gondongan. Umumnya gondongan dapat diobati di rumah. Saat gondongan pada anak terasa sakit dan tidak nyaman, inilah beberapa pengobatan yang dapat orang tua lakukan di rumah:

1. Biarkan anak istirahat

Infeksi yang menyebabkan gondongan pada anak akan membuatnya merasa kelelahan. Maka pastikanlah anak mendapatkan istirahat yang cukup selama mengidap penyakit ini, dan setelah pulih dari infeksi.

2. Berikan cairan yang cukup

Sama seperti infeksi lainnya, gondongan bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi dehidrasi dapat memburuk jika anak tidak mau makan dan minum. Maka itu penting untuk memberikan cairan yang cukup pada anak, biarpun dalam jumlah kecil asalkan sering.

3. Memberikan kenyamanan pada wajah dan leher

Cara mengobati gondongan pada anak berikutnya yaitu memberikan kenyamanan pada wajah dan leher. Sebab saat gondongan bagian bawah wajah dan leher akan terasa sakit atau tidak nyaman karena pembengkakan. Maka itu memberikan kenyamanan dengan menghindari tekanan pada area tersebut sangat diperlukan.

4. Kompres dingin untuk menghilangkan nyeri

Area yang nyeri akibat pembengkakan pada gondongan dapat diatasi dengan kompres dingin. Orang tua dapat mengompres dingin gondongan pada anak di sekitar otot atau kelenjar yang bengkak. 

5. Memberikan selimut hangat

Anak mungkin akan merasa kedinginan saat infeksi gondongan menyerang. Orang tua dapat membuatnya lebih nyaman dengan menyelimutinya sehingga tubuh anak tetap terjaga hangat. 

6. Berikan obat demam

Beberapa obat bebas resep nonsteroid yang umum dapat diberikan pada anak untuk menurunkan demamnya, misalnya ibuprofen. Namun, pastikan untuk menggunakan sesuai dengan arahan dokter. 

Penting Juga untuk Mencegah Penularan Gondongan

Gondongan merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Seseorang dapat tertular penyakit ini ketika menghirup droplet (percikan air liur/lendir) saat pengidapnya batuk, bersin, atau berbicara. Virus sangat cepat menular dari anak ke anak, terutama di lingkungan seperti sekolah atau tempat penitipan anak.

Selama merawat anak yang terkena gondongan, ayah dan ibu juga melindungi anak lainnya ataupun anggota keluarga di rumah. Pastikan anggota keluarga lain tidak melakukan kontak dekat dengan anak yang terkena gondongan.  Pencegahan penularan sangat penting, terutama jika ada bayi yang masih sangat kecil dan belum diimunisasi. 

Cara terbaik untuk mencegah anak dari gondongan yaitu dengan vaksin campak-gondok-rubella (MMR). Vaksin ini dapat diberikan saat anak berusia 12 hingga 15 bulan dan diberikan lagi saat berusia 4 hingga 6 tahun. 

Namun, terkadang orang yang sudah divaksin masih bisa terkena gondongan. Hanya saja gejala yang dialami akan jauh lebih ringan dibandingkan oleh mereka yang belum divaksin.

Itulah yang perlu diketahui tentang pengobatan gondongan pada anak yang bisa dilakukan di rumah. Jika gondongan pada anak tidak kunjung membaik atau menunjukkan komplikasi, sebaiknya segera bawa ia ke rumah sakit. Ibu bisa membuat  janji temu dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. How Mumps Is Treated
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Mumps In Children
Pregnancy, Birth and Baby. Diakses pada 2022. Mumps in babies and children

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan