• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Idap Osgood Schlatter Disease, Bolehkah Berolahraga?

Idap Osgood Schlatter Disease, Bolehkah Berolahraga?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Apakah anak memiliki benjolan mencurigakan di dalam tulang kering tepat di bawah lutut? Bisa jadi anak tengah mengidap Osgood-Schlatter Disease.  Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja yang mengalami lonjakan pertumbuhan selama masa pubertas.

Penyakit Osgood-Schlatter sering terjadi pada anak-anak yang aktif olahraga seperti lari, lompat, dan olahraga dengan perubahan arah yang cepat seperti sepak bola, basket, seluncur es, dan balet. Lantas, ketika anak didiagnosis penyakit ini, apakah mereka masih boleh berolahraga? 

Baca juga: Mengenal Penyakit Ricket, Melemahnya Tulang pada Anak

Olahraga untuk Pengidap Osgood Schlatter Disease

Penyakit Osgood-Schlatter biasanya terjadi pada anak laki-laki usia 12 hingga 14 tahun dan anak perempuan berusia 10 hingga 13. Perbedaan ini terjadi karena anak perempuan memasuki pubertas lebih awal daripada anak laki-laki. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, begitu tulang anak berhenti tumbuh.

Saat anak mengidap penyakit ini, mereka harus menjalani terapi fisik. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan untuk mengurangi stres dan ketegangan pada lutut. Terapi fisik juga dilakukan agar anak bisa kembali melakukan aktivitas dengan normal.

Baca juga: 7 Cara Melindungi Anak dari Cedera Olahraga

Mengutip Very Well Health, terdapat jenis gerakan yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Peregangan Quadriceps. Kehilangan rentang gerak fleksi lutut yang kemungkinan terjadi karena paha depan yang ketat bisa menjadi salah satu penyebab penyakit Osgood-Schlatter. Melakukan peregangan paha depan dapat membantu menghilangkan tekanan dari tendon patella dan tuberkulum tibialis di mana lutut Osgood-Schlater rasa sakit terasa. Latihan yang mudah dilakukan anak-anak adalah peregangan dengan bantuan handuk. Untuk melakukan peregangan, berbaringlah di perut dan tekuk lutut sejauh mungkin. Lingkarkan handuk di sekitar pergelangan kaki dan pegang handuk untuk menarik lutut lebih jauh. Kamu harus merasakan regangan di bagian depan paha dan tahan regangan selama 15 detik, lalu lepaskan perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.

  • Peregangan Hamstring. Otot hamstring mengalir di belakang paha dari pinggul ke belakang lutut. Ketegangan di area ini mungkin menciptakan ketegangan berlebih di lutut ketika anak meluruskan lututnya. Meregangkan paha belakang menjadi komponen penting dari rencana perawatan Osgood-Schlatter. Lakukan peregangan hamstring dengan handuk atau peregangan hamstring berdiri adalah cara sederhana untuk meningkatkan fleksibilitas. Tahan setiap regangan selama 15 detik dan lakukan 3 kali untuk setiap gerakan. 

  • Peregangan Betis. Kaku pada otot betis dapat mengubah cara lutut anak bergerak saat berjalan dan berlari, dan ini dapat meningkatkan stres melalui tendon patela. Yang pada akhirnya mengarah ke penyakit Osgood-Schlatter. Latihan ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas ekstremitas area bawah tubuh dan menyebabkan nyeri lutut saat berlari berkurang. Pastikan anak menahan peregangan selama sekitar 15 detik dan ulangi masing-masing sebanyak tiga kali. Peregangan harus dilakukan perlahan dan lembut dan harus dihentikan jika rasa sakit terasa.

  • Latihan Kekuatan. Penyakit Osgood-Schlatter dianggap sebagai masalah yang datang akibat pertumbuhan anak yang terbilang cepat. Selain itu, kurangnya fleksibilitas otot dianggap sebagai penyebab utama nyeri lutut. Menjaga otot-otot ekstremitas bawah tetap kuat membantu menjaga stres dan ketegangan seminimal mungkin di daerah yang menyakitkan di depan lutut. Latihan penguatan harus meliputi:

- Latihan lutut;

- Penguatan pinggul;

- Penguatan pergelangan kaki;

Kebanyakan orang mendapat manfaat dari melakukan 10 hingga 15 pengulangan setiap latihan beberapa kali seminggu untuk mempertahankan kekuatan otot yang baik di area bawah. 

  • Keseimbangan dan Koordinasi. Beberapa orang dengan penyakit Osgood-Schlatter menunjukkan gangguan keseimbangan. Kondisi ini menyebabkan tekanan berlebih pada lutut, terutama selama olahraga dan aktivitas tingkat tinggi. Menjaga keseimbangan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami anak. 

Baca juga: Pertolongan Pertama Mengatasi Keseleo pada Anak

Saat melakukan latihan ini, tetap jaga keamanannya. Oleh karena itu, minta bantuan fisioterapis untuk menemukan cara terbaik untuk melakukan latihan ini. Jika belum punya terapis, kamu bisa datang ke rumah sakit untuk menemui dokter anak atau dokter ahli lainnya. Jika tidak ingin repot dan lama menunggu, kamu bisa buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Exercise Program for Osgood-Schlatter Disease.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Osgood-Schlatter Disease.