• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Infeksi Telinga Bisa Disebabkan Perforasi Membran Timpani

Infeksi Telinga Bisa Disebabkan Perforasi Membran Timpani

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Telinga adalah organ yang penting terkait fungsinya sebagai indra pendengar. Seseorang yang kurang merawat telinganya atau mengalami kecelakaan dapat mendapati kerusakan pada telinganya. Gangguan yang kerap terjadi karena hal tersebut adalah robeknya gendang telinga atau perforasi membran timpani.

Seseorang yang mengalami gangguan ini dapat menyebabkan gangguan pada pendengaran  hingga keluarnya cairan dari telinga. Maka dari itu, kamu harus tahu penyebab perforasi membran timpani dapat sebabkan infeksi pada telinga. Dengan begitu, gangguan-gangguan yang berbahaya dapat dihindari. Baca ulasannya disini!

Baca juga: Begini Gejala Umum Terjadinya Perforasi Membran Timpani

Perforasi Membran Timpani Sebabkan Infeksi Telinga

Gendang telinga yang pecah atau disebut juga dengan perforasi membran timpani terjadi akibat timbulnya lubang atau robekan pada jaringan tipis yang memisahkan saluran telinga di telinga tengah (gendang telinga). Gangguan tersebut juga dapat menyebabkan kelainan pada pendengaran dan menimbulkan bagian tersebut rentan terhadap infeksi.

Hal ini terjadi ketika bakteri atau virus menyebabkan cairan bertumpuk di telinga tengah. Ketika cairan atau nanah tersebut semakin banyak, robekan semakin besar yang menimbulkan dampak yang berbahaya, seperti halnya sulit untuk mendengarkan suara. Maka dari itu, sebelum mengalaminya, ada baiknya mengetahui beberapa hal untuk mencegah hal tersebut terjadi. Berikut caranya:

  1. Segera Obati Telinga Jika Bermasalah

Beberapa gangguan pada telinga, seperti perforasi membran timpani, dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Gejala-gejala yang dapat timbul ketika seseorang mengalami hal tersebut adalah sakit pada telinga, demam, hidung tersumbat, hingga sulit mendengar. Maka dari itu, jika kamu mengalami gejala tersebut, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan diobati. Jika benar gangguan yang terjadi adalah gendang telinga robek, cegah sebelum menyebabkan infeksi di telinga.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait perforasi membran timpani atau gendang telinga pecah yang dapat berisiko menyebabkan infeksi telinga, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Gendang Telinga Pecah?

  1. Lindungi Telinga Selama Penerbangan

Cara lain untuk mencegah terjadinya perforasi membran timpani atau gendang telinga robek adalah dengan melindungi bagian pendengaranmu selama menaiki pesawat. Selain itu, cobalah untuk memilih alternatif lain jika kamu mengidap alergi dingin yang dapat menyebabkan hidung tersumbat. Gangguan tersebut dapat meningkatkan risiko dari penyebab infeksi telinga tersebut. 

Kamu juga disarankan untuk menjaga telinga tetap aktif saat lepas landas dan mendarat dengan cara menguap atau mengunyah permen, serta jangan tidur. Cara lain untuk menjaga tekanan pada telinga adalah dengan melakukan manuver Valsava. Untuk melakukannya, kamu cukup menutup lubang hidung dan seolah-olah meniup hidung, serta menjaga mulut tetap tertutup rapat.

  1. Jaga Kebersihan Bagian Pendengaran

Dengan menjaga kebersihan telinga, kamu juga berperan aktif dalam menghindari terjadinya perforasi membran timpani yang dapat menimbulkan infeksi pada telinga. Jangan pernah mencoba membersihkan kotoran telinga yang mengeras dengan barang-barang sembarangan. Benda tersebut dapat dengan mudah menusuk gendang telinga hingga robek.

Cobalah untuk mengajari anak ibu tentang kerusakan yang dapat terjadi jika menusuk lubang telinga dengan benda yang tidak sepatutnya digunakan. Jika kamu mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas dengan suara yang keras, pastikan telinga terlindungi. Hal tersebut dilakukan agar suara yang bising tersebut tidak langsung masuk ke telinga dan menurunkan risiko untuk mengalami perforasi membran timpani penyebab infeksi telinga.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Tentang Infeksi Telinga Tengah

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui tentang perforasi membran timpani yang dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi telinga. Dengan mencegahnya sejak awal, kamu tidak khawatir akan mengalami gangguan yang berbahaya. Hal tersebut karena jarak telinga dengan otak berdekatan, bisa jadi bagian penting tersebut terpengaruh.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ruptured eardrum (perforated eardrum).
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about a ruptured eardrum.