Ini 5 Mitos Kedutan pada Kelopak Mata Kiri dan Penyebabnya Menurut Medis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 November 2023

“Kedutan kelopak mata dapat terjadi karena stimulasi otot yang berlebihan atau kelelahan. Namun, terdapat juga mitos yang beredar seputar kedutan kelopak mata kiri di berbagai negara.”

Ini 5 Mitos Kedutan pada Kelopak Mata Kiri dan Penyebabnya Menurut MedisIni 5 Mitos Kedutan pada Kelopak Mata Kiri dan Penyebabnya Menurut Medis

DAFTAR ISI

1. Mitos Kedutan Kelopak Mata Kiri 

2. Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kiri Menurut Medis


Halodoc, Jakarta – Biasanya kedutan mata bersifat ringan dan dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa detik atau menit. Kondisi ini juga bukan merupakan tanda dari suatu penyakit yang mendasari.

Kedutan di kelopak mata memiliki istilah medis, yaitu myokymia  yang biasanya terjadi di salah satu sisi mata saja. Masalah ini ada hubungannya dengan stres, kelelahan, dan konsumsi kafein berlebihan.

Salah satu mata yang rentan kedutan adalah sisi mata sebelah kiri. Terkait dengan hal tersebut, ada berbagai mitos mengenai kondisi ini, yang tentunya belum terbukti kebenarannya. 

Penasaran apa saja mitos-mitosnya? Berikut ulasannya!

Mitos Kedutan Kelopak Mata Kiri 

Di bawah ini beberapa mitos kedutan yang berkembang di berbagai negara di belahan dunia:

1. Membicarakan hal buruk

Di karibia, kedutan pada mata kiri dikaitkan dengan orang yang kamu cintai atau teman terdekat membicarakan hal buruk di belakangmu. Mitos ini juga diartikan sebagai datangnya berita buruk atau masalah hidup.

2. Pertanda buruk dan keberuntungan

Di India, mitos seputar kedutan di kelopak mata kiri berbeda antara wanita dan pria. Kedutan pada kelopak mata kiri wanita sering dianggap sebagai pertanda buruk, sedangkan pada pria dianggap sebagai pertanda keberuntungan.

3. Masalah di masa depan hingga kerugian finansial

Di Tiongkok arti mata kedutan akan berbeda sesuai dengan waktu kejadian:

  • Pukul 00.00-03.00 dini hari dikaitkan dengan adanya masalah atau hambatan di masa depan.
  • Pukul 09.00-11.00 berarti akan terjadi sesuatu yang baik pada diri sendiri.
  • Pukul 13.00-15.00 berarti acara yang kamu laksanakan akan berjalan sesuai rencana.
  • Pukul 15.00-18.00 bisa menjadi tanda peringatan kerugian finansial.

Ketahui juga lebih lanjut tentang kedutan kelopak mata kiri dalam artikel ini: Kedutan Mata Kiri Atas? Ini Penjelasannya dari Sisi Medis.

4. Kedatangan pengunjung

Di negara-negara Afrika, kedutan pada kelopak mata bagian atas mata kiri meramalkan akan datangnya pengunjung yang tidak terduga. Sedangkan kedutan pada kelopak mata bagian bawah menandakan akan keluar air mata.

5. Berada dalam bahaya

Masyarakat Kuba mengklaim bahwa jika mata kiri berkedut, seseorang yang kamu sayangi mungkin berada dalam bahaya. Bisa masalah apa saja, mulai dari kesalahpahaman kecil hingga masalah yang lebih serius.

Nah, itulah mitos-mitos mengenai kedutan pada kelopak mata yang belum terbukti kebenarannya. Jika kedutan terjadi secara tiba-tiba, mungkin ini yang menjadi penyebabnya: Mata Kedutan Mendadak, Ini Faktor Penyebabnya.

Penyebab Kedutan Kelopak Mata Kiri Menurut Medis

Dalam kacamata medis, penyebab utama dari kedutan kelopak mata kiri adalah perasaan cemas atau stres yang menjadi pemicu ketegangan pada otot. Ketegangan yang berkepanjangan ini yang menyebabkan otot jadi berkedut.

Selain itu, kedutan kelopak mata kiri juga bisa terjadi karena:

1. Kelelahan

Bahan kimia di otak yang dikenal sebagai neurotransmiter mengirimkan informasi dari otak ke saraf yang mengontrol pergerakan otot. Kelelahan akibat kurang tidur dapat memengaruhi cara kerja neurotransmiter. Hal ini dapat menyebabkan otot berkedut, terutama di sekitar mata.

2. Kafein

Kafein adalah stimulan. Jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat merangsang gerakan otot yang tidak disengaja atau kedutan. Kedutan bisa terjadi di mana saja, termasuk kelopak mata.

3. Dehidrasi 

Massa otot sebagian besar terdiri dari air dengan jumlah sekitar 75%. Hidrasi pada otot ini membantu mendukung fungsi normalnya. Dehidrasi dapat mengganggu fungsi otot sehingga menyebabkan kedutan.

4. Kekurangan vitamin

Vitamin seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D penting untuk fungsi otot yang baik. Jika kekurangan satu atau lebih zat ini, dampaknya dapat menyebabkan kelemahan otot dan/atau kedutan.

Tak hanya terjadi di kelopak mata kiri, kedutan juga bisa dialami di kelopak mata kanan. Ketahui artinya dalam artikel ini: Ketahui Arti Kedutan Mata Kanan Atas, dari Medis Hingga Mitos.

Itulah mitos dan penyebab kedutan kelopak mata kiri menurut medis. Jika kedutan berlangsung terus menerus, sebaiknya segera dapatkan pertolongan medis dari tenaga ahli Halodoc.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to stop eye twitching.
All About Vision. Diakses pada 2023. Eye twitch: Causes, types and treatments.
Healthwire. Diakses pada 2023. All You Need To Know About Eye Twitching Superstition.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan