Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Januari 2024

“Nyeri gigi berpotensi menghambat aktivitas karena rasa nyeri yang intens. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa jenis obat, seperti Ponstan, Cataflam, Panadol Extra, Asam Mefenamat, dan Sumagesic.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi


Halodoc, Jakarta – Sakit gigi menyebabkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area gigi, gusi, atau rahang. Penyebab bervariasi, termasuk karies gigi, infeksi, gigi sensitif, atau masalah gusi. 

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup pengidapnya. Nah, di bawah ini rekomendasi obat pereda nyeri gigi untuk mengatasi rasa sakit intensitas ringan hingga sedang!

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Gigi

Mengonsumsi obat pereda nyeri gigi efektif meredakan ketidaknyamanan dan mengurangi rasa sakit akibat masalah gigi. Beberapa rekomendasi obat pereda nyeri gigi, antara lain:

1. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Ponstan 500 mg 10 Tablet adalah obat pereda nyeri gigi yang mengandung asam mefenamat.

Obat ini akan bekerja dengan cara menghambat siklooksigenase-1 dan -2 (COX-1 dan -2), untuk menurunkan laju sintesis prostaglandin dan menunjukkan sifat analgesik, antiinflamasi serta antipiretik. 

Tak hanya membantu mengatasi nyeri gigi, Ponstan juga efektif mengatasi banyak kondisi, seperti sakit kepala, dismenore primer, termasuk nyeri karena luka, trauma, nyeri otot, dan nyeri pasca operasi. 

Rentang harga: Rp38.000 per strip.

Dapatkan Ponstan 500 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cataflam 50 mg

Rekomendasi obat pereda nyeri gigi selanjutnya datang dari merek Cataflam 50 mg. Obat ini memiliki kandungan antinyeri dari potassium diclofenac dan termasuk dalam golongan obat anti inflamasi non steroid (OAINS).

Cataflam mampu mengatasi peradangan dan menurunkan nyeri sakit gigi. Dalam satu tablet obat mengandung 50 miligram potassium diclofenac. Meski aman, kamu perlu mengikuti anjuran dokter saat mengonsumsinya.

Rentang harga: Rp83.400 per strip.

Dapatkan Cataflam 50 mg di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Panadol Extra 10 Kaplet

Panadol Extra 10 Kaplet juga bisa menjadi solusi obat nyeri gigi. Kandungannya berisi paracetamol dan caffeine. Paracetamol berfungsi sebagai analgetik yang meningkatkan ambang rasa sakit. Sedangkan caffeine bisa menghambat kerja reseptor adenosin untuk mengurangi rasa nyeri.

Oat pereda nyeri gigi ini mengandung 500 miligram paracetamol 500 mg dan 65 miligram caffeine 65 mg. Anak di atas 12 tahun dan dewasa bisa meminum obat ini dengan dosis satu kaplet sebanyak 3-4 kali sehari. 

Namun, jangan melebihi delapan kaplet dalam sehari dan interval penggunaanya adalah setiap empat jam. 

Rentang harga: Rp13.900 – Rp15.500 per strip.

Dapatkan Panadol Extra 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Asam Mefenamat 500 mg 3 Strip (10 Kaplet/Strip)

Asam Mefenamat 500 mg 3 Strip (10 Kaplet/Strip) merupakan obat pereda nyeri gigi yang bisa kamu temukan di apotek. Obat ini termasuk dalam golongan antiinfalamasi non steroid sebagai anti nyeri tingkat ringan hingga sedang.

Obat ini akan bekerja dengan cara menghambat siklooksigenase-1 dan -2 (COX-1 dan -2) untuk menurunkan laju sintesis prostaglandin dan menunjukkan sifat analgesik, anti-inflamasi serta antipiretik. 

Rentang harga: Rp6.300 – Rp18.200 per 3 strip.

Dapatkan Asam Mefenamat 500 mg 3 Strip (10 Kaplet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Sumagesic mengandung 600 mg paracetamol di setiap tabletnya. Tak hanya mengatasi gejala nyeri gigi, obat ini juga efektif mengatasi saraf kejepit, sakit kepala, dan menurunkan demam.

Obat pereda nyeri gigi ini mengandung paracetamol yang bekerja dengan menghambat sintesis prostaglandin. Hal inilah yang yang pada akhirnya mampu mengatasi nyeri ringan hingga sedang. 

Kamu bisa mengonsumsi Sumagesic 1 tablet, 3-4 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan. Obat juga bisa diminum sebelum atau setelah makan dengan air putih. Segera hubungi dokter jika nyeri masih berlanjut.

Rentang harga: Rp2.700 – Rp3.200 per strip.

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis obat dalam artikel ini jika nyeri gigi disertai dengan sakit kepala: 9 Pilihan Obat Bebas Tanpa Resep Dokter untuk Sakit Kepala

Itulah beberapa rekomendasi obat tidur ampuh yang efektif membantu mengatasi insomnia. Diskusikan dengan dokter spesialis jika memiliki keluhan lain yang ingin ditanyakan langsung kepada dokter.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang akan kamu konsumsi.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Toothache.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Toothache.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan