Ini 5 Rekomendasi Obat Saraf Kejepit yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Maret 2024

Kondisi saraf kejepit bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengonsumsi obat saraf kejepit seperti Neuralgin Rx, Voltaren Emulgel, Eperisone, Myonal, dan Celecoxib yang bisa dibeli di Halodoc.

Ini 5 Rekomendasi Obat Saraf Kejepit yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Saraf Kejepit yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI:

  1. Neuralgin Rx 10 Kaplet
  2. Voltaren Emulgel 10 g
  3. Eperison 50 mg 10 Tablet
  4. Myonal 50 mg 10 Tablet
  5. Celecoxib 200 mg 10 Kapsul

Halodoc, Jakarta – Saraf kejepit atau istilah medisnya dikenal sebagai Hernia Nukleus Pulposus (HNP), adalah suatu kondisi ketika adanya tekanan berlebihan pada saraf yang disebabkan oleh jaringan sekitarnya. 

Rasa nyeri yang disebabkan oleh HNP ini sangatlah khas. Contohnya seperti terbakar, nyeri timbul kapan pun, hingga menjalar ke anggota tubuh bagian bawah. 

Selain istirahat yang cukup, kamu harus mengonsumsi obat saraf kejepit agar nyerinya tidak mengganggu aktivitas yang lain, termasuk tidur. 

Mau tahu apa saja rekomendasikan obat saraf kejepit? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Saraf Kejepit

Kamu tidak bisa mengonsumsi sembarang obat nyeri untuk penanganan saraf kejepit ini. Untuk itu, berikut ini adalah rekomendasi obat saraf kejepit yang bisa mengatasi nyerinya.

1. Neuralgin Rx 10 Kaplet

Neuralgin Rx mengandung Metampiron, Tiamin HCl, Piridoksin HCl, Cyanocobalamin, dan Trimethylxanthine.  Metampiron adalah golongan NSAID yang bisa mengatasi nyeri ringan hingga berat. Namun, juga efektif sebagai anti radang. 

Kombinasinya dengan beberapa vitamin seperti Thiamin HCl (B1), Piridoksin HCl (B6), dan Cyanocobalamin (B12) sangat membantu untuk mengurangi gejala nyerinya dan menjaga kesehatan sistem saraf. 

Neuralgin Rx juga diresepkan dokter untuk meredakan gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. 

Kamu bisa mengonsumsi 1-2 kapsul 3 kali sehari. Konsultasikan dulu kepada dokter jika kamu mengidap leukopenia, agranulositosis, atau tukak pada saluran cerna.

Rentang harga: Rp10.500 – Rp11.800 per strip.

Dapatkan Neuralgin Rx 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Voltaren Emulgel 10 g

Obat topikal yang bisa kamu beli untuk mengatasi nyeri saraf kejepit adalah Voltaren Emulgel.

Obat saraf kejepit mengandung obat golongan NSAID, yaitu Diclofenac Diethylamine 1% yang bisa digunakan untuk meredakan peradangan pada otot dan sendi.

Cara penggunaannya mudah, kamu bisa oleskan gel 3-4 kali sehari pada area yang nyeri dan gosok dengan lembut. Jangan gunakan obat ini untuk mengobati area luka yang masih terbuka, mata, dan selaput lendir. 

Jika kamu sedang dalam kondisi hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter. 

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi saraf kejepit. Baca di artikel ini: “Bagaimana Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit?

3. Eperison 50 mg 10 Tablet

Eperison bekerja dengan merelaksasikan otot rangka dan mengurangi kontraksi otot sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Penggunaan obat ini juga digunakan untuk mengurangi gejala pada penderita kejang otot atau spasme muskuloskeletal. 

Hal yang perlu diingat, obat ini tidak direkomendasikan bagi pengidap myasthenia gravis, eperison tidaklah disarankan karena akan membuat kondisinya semakin parah. 

Kamu cukup mengonsumsi obat saraf kejepit ini tiga kali sehari sesudah makan. Jangan membiarkan anak-anak mengonsumsi obat ini, karena masih belum diuji keamanannya. 

Kisaran harga: Rp26.200 per strip.

Dapatkan Eperison 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Myonal 50 mg 10 Tablet

Obat saraf kejepit ini bekerja sebagai relaksan otot rangka untuk mengatasi rasa nyeri pada penderita saraf kejepit.

Kamu bisa mengikuti aturan pakai yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya, dokter meresepkan tiga kali sehari 1 tablet. 

Harap perhatikan penggunaan Myonal pada pasien dengan gangguan hati dan hipersensitif terhadap obat ini. Kamu bisa segera menghubungi dokter jika rasa nyeri masih terus terasa hingga berhari-hari.

Kisaran harga: Rp107.600 per strip.

Dapatkan Myonal 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Celecoxib 200 mg 10 Kapsul

Termasuk obat golongan NSAID, Celecoxib bekerja mengurangi nyeri dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX-2). Penggunaan Celecoxib juga diresepkan oleh dokter untuk mengatasi bengkak dan nyeri pada penderita osteoarthritis, gout arthritis, dan rheumatoid arthritis. 

Untuk dosis penggunaan per harinya, kamu bisa mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter. Kamu juga harus memberitahu dokter terkait obat yang sedang dikonsumsi saat ini.

Sebab, obat-obat seperti Bisoprolol, Captopril, dan Aspirin bisa berinteraksi dengan Celecoxib dan menimbulkan efek samping tertentu. 

Jika selama penggunaan obat, kamu mengalami efek samping yang tidak biasa, seperti ruam parah, alergi, dan diare berkepanjangan, segera hubungi dokter. 

Kisaran harga: Rp73.900 per strip. 

Dapatkan Celecoxib 200 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain mengonsumsi obat saraf kejepit di atas, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin yang dapat menjaga kesehatan saraf. 

Nah, apa pun jenis vitamin yang kamu butuhkan, kini bisa didapatkan di Toko Kesehatan Halodoc secara online. Obat langsung dikirimkan dari apotek resmi dan terpercaya dengan kemasan yang aman.  

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2024. Herniated Nucleus Pulposus. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Herniated Disk.
MIMS Indonesia. Diakses pada 2024. Eperisone. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan