Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2024

“Nyeri otot pasca olahraga merupakan respons alami tubuh akibat aktivitas berintensitas tinggi. Masalah ini bisa kamu atasi dengan banyak minum air, konsumsi protein, hingga memijat area yang sakit.”

Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara AlamiIni 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Nyeri otot adalah sensasi tidak nyaman atau sakit yang dirasakan di area otot tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas fisik berlebihan, cedera otot, atau kondisi medis tertentu.

Nyeri otot rentan terjadi pasca olahraga akibat  kerusakan jaringan otot, peradangan, dan penumpukan asam laktat. Masalah ini merupakan respon tubuh normal yang dapat membaik dalam beberapa hari.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi atau mempercepat pemulihan nyeri otot pasca olahraga secara alami? Yuk simak tipsnya!

Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga

Nyeri otot pasca olahraga biasanya dimulai dalam 12 hingga 24 jam setelah latihan yang berat dan mencapai puncaknya antara 24 hingga 72 jam. Rasa sakit biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

Namun, ada beberapa trik yang dapat dicoba untuk membantu meringankan rasa sakit, yaitu:

1. Minum Air yang Cukup

Tetap terhidrasi adalah aspek penting dari pemulihan otot. Air membuat cairan bergerak melalui sistem tubuh, yang meredakan peradangan, membuang produk limbah, dan memberikan nutrisi ke otot. Jadi, penting untuk minum air yang cukup setelah olahraga. 

2. Konsumsi Protein setelah Latihan Intens

Dengan memberi nutrisi untuk otot yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan tumbuh kembali lebih kuat, kamu mungkin dapat mempercepat proses pemulihan nyeri otot.

Sebaiknya konsumsi 20 hingga 40 gram protein dan 20 hingga 40 gram karbohidrat dalam waktu 30 menit setelah latihan yang intens atau panjang. Pilihannya bebas, tapi pastikan memilih yang sehat dan rendah lemak.

Protein penting untuk asam amino yang dibutuhkan untuk membangun kembali otot. Sementara karbohidrat memainkan peran utama dalam mengisi kembali simpanan bahan bakar yang digunakan otot selama olahraga.

3. Jangan Malas Gerak

Saat mengalami nyeri otot pasca olahraga, kamu mungkin ingin berbaring seharian di kasur dan malas-malasan. Namun, sebenarnya menggerakkan tubuh bisa membuat kamu merasa lebih baik.

Triknya adalah melakukan olahraga atau latihan yang ringan. Misalnya berenang atau mengendarai sepeda, selama sekitar satu jam.Nyeri terjadi pada area pinggang, ini beberapa produk rekomendasi yang bisa kamu coba: Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang yang Ampuh di Apotek.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengisi kembali energi. Hari kedua setelah latihan yang intens bisa menjadi yang terberat. Jadi, pastikan untuk istirahat yang cukup, dan lakukan hanya olahraga atau aktivitas fisik yang ringan saja.

5. Kompres Hangat

Jika nyeri otot masih terasa setelah 48 jam, coba kompres hangat. Ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk meredakan ketegangan dan membantu kamu merasa lebih baik.

Cobalah handuk hangat atau bantal pemanas. Namun, hati-hati jangan terlalu panas untuk mencegah terjadinya luka bakar dan otot yang justru meradang lebih lanjut. Hindari kontak langsung dengan perangkat pemanas apa pun.

6. Dapatkan Pijatan

Pijatan dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan rentang gerak pada persendian. Bahkan, efek dari pijatan bisa meningkatkan suasana hati.

Saat nyeri otot melanda, pijatan lembut adalah yang terbaik. Pilih salah satu jenis pijat yang menggunakan tekanan ringan, seperti pijat Swedia. Ini lebih baik untuk pemulihan daripada pijat jaringan dalam.

Kamu juga bisa coba akupresur titik nyeri, tapi cari terapis yang berpengalaman, ya.Kamu juga bisa mencoba beberapa rekomendasi obat yang cocok dalam artikel ini: Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Otot yang Ampuh di Apotek.

5 Tips Mengatasi Nyeri Otot Setelah OlahragaDaftar infografis 5 tips mengatasi nyeri otot setelah olahragainfografis download aplikasi Halodoc

Rekomendasi Dokter untuk Bantu Redakan Nyeri Otot Pasca Olahraga

Apabila kamu mengalami mengalami nyeri otot pasca olahraga, jangan ragu untuk hubungi dokter untuk bantu meredakannyal.

Berikut adalah rekomendasi dokter spesialis fisik dan rehabilitasi di Halodoc yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dan memiliki rating yang baik dari pasien-pasien yang sebelumnya di tangani:

1. dr. C. Arina Sp.KFR

Jika nyeri otot tak kunjung mereda, kamu bisa menghubungi dr. C. Arina Sp.KFR untuk mendapatkan solusi mengatasinya. 

Dokter C. Arina Sp.KFR mendapatkan gelar dokternya dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya pada 2011 dan gelar spesialisnya dari Universitas Diponegoro pada 2022. 

Saat ini, ia menjalani praktik di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dan juga tergabung dalam  Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PERDOSRI).

Berbekal pengalaman sebagai dokter spesialis rehabilitasi medik dan kedokteran fisik selama 12 tahun, kamu tak perlu ragu lagi untuk bertanya seputar penanganan nyeri otot dengan dr. C. Arina Sp.KFR di Halodoc. 

Chat dr. C. Arina Sp.KFR mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Erni Asiah Sp.KFR, AIFO

Dokter Erni Asiah Sp.KFR, AIFO adalah pilihan dokter spesialis rehabilitasi medik dan kedokteran fisik lain yang bisa kamu hubungi.

Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran pada 2008 dan Universitas Indonesia pada 2020.

Saat ini, dr. Erni Asiah Sp.KFR, AIFO berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan juga menjadi anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PERDOSRI).

Ia memiliki pengalaman selama 15 tahun, sehingga kamu bisa berkonsultasi seputar cara mengatasi nyeri otot di Halodoc. 

Chat dr. Erni Asiah Sp.KFR, AIFO mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

3. dr. Bayu Dwi Susanto Sp.KFR

Kamu bisa menghubungi dr. Bayu Dwi Susanto Sp.KFR untuk bertanya seputar nyeri otot dan tips olahraga lainnya.

Ia adalah dokter spesialis rehabilitasi medik dan kedokteran fisik yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2001 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2018. 

Dokter Bayu Dwi Susanto Sp.KFR juga merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (PERDOSRI) dan saat ini berpraktik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Dengan pengalaman sebagai dokter spesialis rehabilitasi medik dan kedokteran fisik selama 23 tahun, dr. Bayu Dwi Susanto Sp.KFR mampu memberikan konsultasi seputar nyeri otot di Halodoc. 

Chat dr. Bayu Dwi Susanto Sp.KFR mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Nah, itulah dokter-dokter yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi seputar penanganan nyeri otot.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Miliki produk kesehatan untuk mengatasi nyeri otot olahraga di toko kesehatan Halodoc
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2024. Quick Fixes for Sore Muscles.
WebMD. Diakses pada 2024. Sore Spots: 5 Ways to Ease Post-Workout Muscles.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan