Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Otot yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2023

“Nyeri otot tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga kesulitan menggerakkan anggota tubuh yang terdampak. Rekomendasi obatnya antara lain Counterpain Cream, Balsem Otot Geliga, Salonpas Koyo, Voltaren Emulgel, dan Voltadex Gel.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Otot yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Nyeri Otot yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Daftar Obat Nyeri Otot di Apotek


Halodoc, Jakarta – Nyeri otot atau myalgia, merupakan tanda adanya cedera, infeksi, penyakit, atau masalah kesehatan lainnya. Rasa sakitnya bisa terjadi terus-menerus, bahkan saat sedang beristirahat.

Nyeri otot bisa terjadi di area tubuh mana saja, umumnya di otot lengan. Masalah ini biasanya muncul 6 hingga 12 jam setelah melakukan aktivitas fisik berat dan berlangsung hingga 48 jam. 

Jika nyeri otot tak kunjung membaik, di bawah ini beberapa rekomendasi obat nyeri otot yang bisa kamu coba!

Daftar Obat Nyeri Otot di Apotek

Beberapa rekomendasi obat nyeri otot di bawah ini bisa kamu konsumsi sebagai langkah perawatan utama untuk mengatasi gejala yang menggangu. Pastikan untuk mengikuti dosis dan anjuran pemakaian yang tertera di label kemasan.

1. Counterpain Cream 15 g + Counterpain Cool Gel 5 g

Rekomendasi pertama datang dari dua varian berbeda dari merek Counterpain, yakni Counterpain Cream 15 g + Counterpain Cool Gel 5 g. Obat ini tak hanya mengatasi nyeri otot, tapi juga nyeri sendi, pinggang, keseleo, dan encok.

Counterpain Cream 15 g adalah obat topikal dengan komposisi 102 mg methyl salicylate, 54.4 mg menthol, 13.6 mg eugenol. Sedangkan Counterpain Cool Gel 5 g mengandung 4% menthol.

Kamu bisa menyesuaikan dosisnya dengan kebutuhan sesuai area nyeri. Caranya dengan mengoleskan krim topikal 3-4 kali per hari pada bagian tubuh yang terkena.

Rentang harga: Rp30.000 – Rp31.100 per paket.

Dapatkan Counterpain Cream 15 g + Counterpain Cool Gel 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Balsem Otot Geliga 40 g

Balsem Otot Geliga 40 G adalah obat gosok yang efektif membantu mengatasi nyeri otot akibat pukulan atau keseleo. Obat nyeri otot ini mengandung 30 persen methyl salicylate, 18.5% peppermint oil, 12.5% white camphor oil, dan 100% base ad.

Balsem Otot Geliga memiliki tekstur yang lengket dan panas setelah diaplikasikan ke kulit. Pemakaiannya tidak disarankan pada luka dan area kulit yang sedang rusak. Segera hentikan penggunaan jika nyeri otot tak kunjung membaik.

Rentang harga: Rp18.700 – Rp23.900 per pot.

Dapatkan Balsem Otot Geliga 40 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Salonpas Koyo 10 Patch

Salonpas Koyo adalah obat nyeri otot berbentuk plester yang mengandung mentol, camphor, dan metil salisilat untuk membantu meredakan nyeri pinggang. Plester ini juga multifungsi yang dapat mengatasi nyeri otot, sakit gigi, dan nyeri sendi akibat terkilir.

Salonpas Koyo mengandung komposisi methyl salicylate sebanyak 7.18 g, menthol 5.66 g, dan camphor 1.24 g. Cara menggunakannya dengan menempel plester selama 8 jam dan ganti 2-3 kali sehari.

Pastikan membersihkan area yang terkena sebelum menempelkan koyo. Lalu lepas kertas yang menempel pada koyo dan rekatkan pada bagian yang sakit. Plester ini hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar pada kulit.

Rentang harga: Rp6.500 – Rp8.800 per saset.

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Patch di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika mengalami nyeri sendi dan tulang, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat yang tercatat dalam artikel ini: Ini Rekomendasi Terbaik Obat Pereda Nyeri Sendi dan Tulang.

4. Voltaren Emulgel 20 g

Rekomendasi obat nyeri otot selanjutnya adalah Voltaren Emulgel. Krim topikal ini mengandung zat aktif berupa diclofenac sebanyak 1%, yang termasuk golongan non steroidal anti-inflamatory drug (NSAID). 

Voltaren Emulgel 20 g merupakan obat nyeri pinggang akibat peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi. Obat juga efektif mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan di area nyeri dan pijat secara lembut. Oleskan krim sebanyak 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah mengaplikasikannya.

Rentang harga: Rp96.300 – Rp122.100 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Voltadex Gel 20 g

Voltadex Gel 20 g adalah obat nyeri otot yang mengandung zat aktif berupa diclofenac. Kandungan tersebut termasuk golongan non steroidal anti-inflamatory drug (NSAID). 

Voltadex Gel efektif untuk pengobatan topikal pada peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi. Obat ini juga digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik.

Rentang harga: Rp28.500 per tube.

Dapatkan Voltadex Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc

Itulah beberapa rekomendasi obat untuk membantu mengatasi obat nyeri oto. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Muscle Pain.
Healthline. Diakses pada 2023. What You Need to Know About Muscle Aches and Pains.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan