Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Maret 2024

“Nyeri pinggang dapat mengganggu aktivitas dan bisa menjadi lebih parah jika tak diatasi dengan langkah yang tepat. Rekomendasi obatnya, antara lain Voltaren Emulgel, Salonpas Koyo, Counterpain Cream, Lafalos Cream, dan Mediflex Cream yang bisa didapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang di Apotek


Halodoc, Jakarta – Nyeri pinggang merupakan sensasi tidak nyaman, sakit, atau kaku yang dirasakan di area punggung bagian bawah atau samping. Gejalanya bisa berupa sensasi seperti ditusuk, pegal, kaku, hingga sulit untuk bergerak atau berdiri tegak.

Langkah mengatasinya perlu disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Pada kasus yang ringan dan muncul secara tiba-tiba, nyeri pinggang dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan tertentu.

Mau tahu apa saja obat nyeri pinggang yang ampuh di apotek? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Nyeri Pinggang di Apotek

Perawatan menggunakan obat nyeri pinggang di bawah ini bisa membantu mengatasi gejala dalam intensitas ringan. Ragam obat ini juga dapat mencegah gejala nyeri pinggang bertambah parah.

Ini beberapa rekomendasi obat nyeri pinggang yang tersedia di apotek:

1. Voltaren Emulgel 10 g

Pilihan pertama untuk meredakan nyeri pinggang adalah Voltaren Emulgel 10 g, yang mengandung bahan aktif Diclofenac.

Obat ini dirancang untuk mengurangi peradangan yang muncul akibat trauma pada tendon, ligamen, otot, dan sendi, serta efektif dalam mengatasi nyeri pinggang. Kamu dapat mengoleskan Voltaren Emulgel 3-4 kali sehari pada area kulit yang terasa nyeri di pinggang.

Penting untuk diingat bahwa Voltaren Emulgel merupakan obat topikal yang hanya boleh digunakan pada kulit sehat.

Selain itu, wanita hamil atau menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat nyeri pinggang ini.

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Salonpas Koyo 12 Lembar

Salonpas Koyo merupakan obat nyeri pinggang berbentuk plester yang mengandung mentol, camphor, dan metil salisilat. Dengan kandungan senyawa tersebut, obat ini dirancang untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, terkilir, dan punggung pegal.

Kamu dapat melekatkan plester di area yang sakit dan menggantinya setiap 8 jam dengan tidak lebih dari 4 kali penggunaan sehari. Pastikan bahwa area kulit yang ditempeli merupakan area kulit sehat dan tidak terluka.

Penggunaan obat ini dapat memiliki efek samping berupa alergi, iritasi, atau efek samping kulit. Pemakaian Salonpas Koyo pada anak di bawah 12 tahun perlu dilakukan berdasarkan konsultasi pada dokter.

Rentang harga: Rp8.200 – Rp11.100 per sachet.

Dapatkan Salonpas Koyo 12 Lembar di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Counterpain Cream 15 g

Produk obat nyeri pinggang lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Counterpain Cream 15 g. Counterpain Cream merupakan krim pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit pada otot, nyeri sendi, keseleo, dan nyeri akibat encok.

Kamu dapat mengoleskan langsung krim ini pada bagian yang sakit sebanyak 1-3 kali dalam sehari. Hindari penggunaan pada mata dan membran mukosa.

Rentang harga: Rp33.800 per tube.

Dapatkan Counterpain Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika mengalami nyeri sendi dan tulang, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat yang tercatat dalam artikel ini: Ini Rekomendasi Terbaik Obat Pereda Nyeri Sendi dan Tulang.

4. Lafalos Cream 20 g

Kamu juga bisa menggunakan obat Lafalos Cream 20 g untuk meredakan sakit pinggang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat ini untuk meredakan nyeri otot, nyeri punggung, nyeri sendi dan nyeri terkilir.

Untuk menggunakan obat ini, kamu cukup mengoleskan krim 3 sampai 4 kali sehari pada area yang nyeri. Hindari penggunaan pada area mata, membran mukosa, ataupun pada luka terbuka.

Jika digunakan pada permukaan luas, obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi lokal terutama untuk kulit sensitif, rasa terbakar, ruam, rasa panas dan kemerahan.

Rentang harga: Rp14.200 – Rp23.200 per tube.

Dapatkan Lafalos Cream 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Mediflex 10% Cream 30 g

Terakhir, kamu dapat menggunakan Mediflex 10% Cream 30 g. Dengan kandungan glucosamine sulfate, obat ini merupakan obat topikal yang digunakan untuk meredakan nyeri pada artritis dan nyeri punggung, nyeri leher, nyeri punggung, nyeri lutut dan tungkai, nyeri pergelangan dan jari tangan.

Kamu dapat menggunakan obat nyeri pinggang ini dengan cara dioles 1 – 2 kali sehari pada bagian yang sakit.

Rentang harga: Rp111.500 per tube.

Dapatkan Mediflex 10% Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat untuk membantu mengatasi nyeri pinggang. Kamu bisa mendapatkan rekomendasi obat nyeri pinggang di atas dan produk kesehatan lainnya melalui Toko Kesehatan Halodoc

Referensi:
National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Diakses pada 2023. Back Pain.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Back pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan