Ini 6 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Agustus 2020
Ini 6 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan BayiIni 6 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu kan kalau tak ada satupun nutrisi yang lebih baik daripada ASI untuk bayi? ASI mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, dan berbagai vitamin serta mineral penting lainnya.

Singkat kata, ASI mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuhnya. Menariknya lagi, bukan bayi yang dapat merasakan manfaat ASI. Ternyata, ibu yang memberikan ASI, khususnya ASI eksklusif, juga dapat menuai manfaatnya. 

Nah, berikut beberapa manfaat ASI eksklusif bagi bayi dan ibu

Baca juga: Tips Agar Bayi Tidak Gumoh Setelah Menyusui

1.Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Manfaat ASI eksklusif bagi bayi bisa membantu perkembangan otak dan fisiknya. Enggak percaya? Melansir dari Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat, manfaat ASI eksklusif mampu menunjang sekaligus membantu proses perkembangan otak dan fisik bayi. Hal tersebut dikarenakan, di usia 0 sampai 6 bulan seorang bayi belum diizinkan mengonsumsi nutrisi apapun selain ASI. 

Selama enam bulan berturut-turut, ASI yang diberikan pada Si Kecil tentu saja memberikan manfaat untuk pertumbuhan otak dan fisik bayi selama ke depannya. Di samping itu, berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. 

2. Mencegah Terserang Penyakit

Masih menurut Kemenkes, manfaat ASI eksklusif bagi bayi juga dapat mencegah dirinya terserang penyakit. ASI eksklusif yang diberikan ibu ternyata mampu meningkatkan ketahanan tubuh bayi. 

ASI mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. Nah, zat inilah yang bisa membantunya untuk melawan serangan bakteri dan virus. Hasilnya, bayi lebih kecil kemungkinan untuk terserang penyakit seperti diare, alergi, infeksi saluran pernapasan, hingga konstipasi.

Baca juga: Mitos & Fakta Tentang Menyusui

3. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Ada satu studi yang lebih spesifik menyebut kalau ASI bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Studinya yang berjudul Breast milk and cognitive development—the role of confounders: a systematic review ini dimuat dalam US National Library of Medicine. 

Mau tahu hasilnya? Ternyata pemberian ASI eksklusif bisa meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Namun, hal ini berkaitan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan menyusui. Contohnya, kelas sosial atau IQ ibu (orangtua). Selain itu, studi ini juga dilakukan di negara-negara dengan berpenghasilan tinggi. 

4. Berat Badan Bayi Ideal

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif lebih besar kemungkinannya tumbuh dengan bobot yang normal. Kok bisa? Menurut para ahli, ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula. Hormon insulin ini bisa memicu pembentukan lemak dalam tubuh.

Nah, dengan kata lain ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Menariknya lagi, manfaat ASI eksklusif bagi bayi juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin ini adalah hormon yang berperan dalam metabolisme lemak dan menimbulkan rasa kenyang. 

5.Mengatasi Trauma pada Ibu

Manfaat ASI eksklusif bagi ibu bisa menghilangkan trauma saat persalinan. Tak cuma itu saja, pemberian ASI dan kehadiran Si Kecil bisa menjadi penyemangat hidup seorang ibu. 

Pasca melahirkan biasanya ibu rentan mengalami baby blues syndrome. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang belum terbiasa, bahkan tidak bersedia memberikan ASI eksklusif untuk bayi mereka. 

Namun dengan menyusui, secara perlahan-lahan rasa trauma akan hilang sendirinya. Dengan begitu, ibu pun akan terbiasa menyusui bayinya.

Baca juga: Ini Cara Menyimpan ASI yang Tidak Boleh Ditiru

6.Mencegah kanker payudara

Selain membuat kesehatan fisik dan mental ibu jadi lebih stabil, pemberian ASI eksklusif juga bisa meminimalkan timbulnya risiko kanker payudara. Kok bisa? Menurut penjelasan Kemenkes -Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi”, salah satu pemicu kanker payudara pada ibu menyusui yaitu, kurangnya pemberian ASI eksklusif pada bayi mereka sendiri. 

Jadi, sudah paham banyaknya manfaat ASI eksklusif bagi ibu dan bayi? Nah, apabila ibu mengalami kesulitan untuk memberikan ASI pada Si Kecil, bisa tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter dengan mudah dan nyaman di rumah saja. Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. How breastfeeding benefits you and your baby. 
Kemenkes - Direktorat Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat. Diakses pada 2020. Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Bayi.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Breast milk and cognitive development—the role of confounders: a systematic review

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan