• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan Mengenyangkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan Mengenyangkan

Ini 6 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan Mengenyangkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 November 2022

“Saat sedang menjalani diet, bukan berarti kamu harus menghindari makan malam. Pilihlah menu makan malam untuk diet secara tepat, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan sayuran.”

Ini 6 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan MengenyangkanIni 6 Menu Makan Malam untuk Diet yang Sehat dan Mengenyangkan

Halodoc, Jakarta –  Seseorang yang sedang menjalani diet tetap disarankan untuk makan malam, yaitu sekitar pukul 18.00 – 18.30. Selain tepat waktu, pilihan makan malam untuk diet juga harus diperhatikan. Pilihlah menu makanan yang rendah kalori, tapi tetap pastikan jumlahnya cukup sehingga mengenyangkan.

Lantas, apa saja menu makan malam untuk diet yang sehat dan mengenyangkan?

Pilih yang Sehat dan Mengenyangkan

Prinsip utama diet yaitu memastikan kalori yang terbakar lebih besar dibandingkan yang masuk. Namun, sayangnya tidak semua makanan melewati tubuh dengan cara yang sama pada setiap orang. 

Dua jenis makanan yang memiliki kalori yang sama besar, bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi pada malam hari. Sebab, setiap bahan makanan memiliki efek tersendiri terhadap hormon pencernaan, rasa lapar, dan banyaknya kalori yang dibakar.

Supaya berjalan sukses, berikut ini pilihan makan malam untuk diet yang dapat dikonsumsi:

1. Telur

Telur termasuk makanan yang baik untuk diet berkat kandungan protein dan lemak sehatnya. Telur juga cocok sebagai pilihan makan malam untuk diet dan mengenyangkan, sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa lapar di malam hari.

2. Sayur tumis

Menu makan malam untuk diet selanjutnya yaitu sayur tumis. Kamu bisa memilih beberapa  sayuran sesuai selera yang dapat diolah dengan cara ditumis. Misalnya, brokoli, kol, dan kangkung, sayuran tersebut juga mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayur brokoli dan kol mengandung banyak protein yang dapat menjaga perut tetap kenyang saat malam hari.

3. Daging tanpa lemak

Konsumsi daging juga dapat membantu program dietmu berhasil karena kandungan protein di dalamnya. Asalkan, kamu memilih potongan daging yang tepat, seperti dada ayam atau potongan daging sapi tanpa lemak. 

Protein dalam daging merupakan zat gizi yang dapat mengenyangkan dan membakar lebih banyak kalori. Melansir Eat for Health Australia, setiap orang dapat mengonsumsi 1 hingga 3 porsi daging tanpa lemak sehari, tergantung pada usia. Artinya, kamu bisa mengonsumsi 1 potong daging (85 gram) untuk makan malam.

4. Sayur atau sup bening

Menu yang satu ini merupakan makanan yang mengandung sedikit kalori. Meskipun begitu, makanan sehat ini mengandung banyak air dan zat gizi lainnya, sehingga dapat dijadikan menu makan malam untuk diet. 

5. Ikan

Menu makan malam untuk diet selanjutnya yaitu ikan, misalnya ikan salmon dan tuna. Meskipun dikenal sebagai ikan berlemak, salmon dan tuna tidak akan membuat berat badan naik. Kedua ikan tersebut mengandung banyak protein yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, kedua ikan ini juga pilihan yang baik untuk diet rendah lemak dan rendah kalori.

6. Kentang kukus

Kamu bisa mengganti nasi dengan kentang selama diet. Sebab, kentang adalah sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi selama diet. Kentang akan membuat perut cepat kenyang dan mengandung hampir semua gizi yang dibutuhkan tubuh. 

Itulah beberapa pilihan makan malam untuk diet yang dapat kamu konsumsi. Jika kamu ingin membuat rencana diet yang benar, sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis gizi. Kamu juga bisa membuat janji medis dengan dokter di fasilitas kesehatan pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Good House Keeping. Diakses pada 2022. 50 Low-Calorie Meals That Don’t Taste Like Diet Food
Prevention. Diakses pada 2022. 50 Low-Calorie Meals Perfect for Every Day of the Week
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Simple Dinner Ideas for Healthy Eating in Real Life