Ini 7 Manfaat Kapulaga Jawa yang Masih Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Desember 2023

“Kapulaga Jawa memiliki rasa yang cenderung hangat dan aromatik, dengan sentuhan manis serta sedikit pedas dari minyak atsiri. Manfaatnya mulai dari kemampuan antimikrobanya hingga mencegah sakit maag.”

Ini 7 Manfaat Kapulaga Jawa yang Masih Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Kapulaga Jawa yang Masih Jarang Diketahui

DAFTAR ISI

1. Kandungan Nutrisi Kapulaga Jawa

2. Manfaat Kapulaga Jawa untuk Tubuh


Halodoc, Jakarta – Kapulaga Jawa adalah rempah yang berasal dari tanaman kapulaga (Elettaria cardamomum) yang tumbuh di Jawa, Indonesia. Baunya harum dan memiliki cita rasa yang khas.

Kapulaga Jawa digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan minuman. Selain sebagai bumbu, rempah ini juga memiliki khasiat dalam pengobatan tradisional. Mau tahu apa saja manfaat kapulaga Jawa untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi Kapulaga Jawa

Kapulaga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Jenis rempah ini juga sangat rendah karbohidrat dan kalori. Dalam satu sendok makan kapulaga giling mengandung berbagai nutrisi berikut:

  • Kalori: 18 kilokalori.
  • Total lemak: 0.4 gram.
  • Karbohidrat: 4.0 gram.
  • Serat: 1.6 gram.
  • Protein: 0.6 gram.
  • Kalium: 64.9 miligram (mg).
  • Kalsium: 22.2 mg.
  • Besi: 0.81 mg.
  • Magnesium: 13.3 mg.
  • Fosfor: 10.3 mg.

Manfaat Kapulaga Jawa untuk Tubuh

Terdapat beberapa manfaat kapulaga Jawa bagi kesehatan, antara lain:

1. Kemampuan antimikroba

Studi berjudul Chemical and biological evaluation of essential oils from cardamom species yang terbit pada Molecules menemukan, bahwa minyak esensial kapulaga efektif membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur. 

Studi juga menjelaskan, minyak atsiri kapulaga menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap hampir semua mikroorganisme dalam uji penelitian. Dalam penelitian lainnya, minyak ini dapat menjadi komponen obat antimikroba baru.

Selain kapulaga, terdapat jenis rempah lain yang juga memiliki kemampuan antimikroba, yaitu kunyit. Ketahui di sini manfaat selengkapnya: Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh.

2. Sindrom metabolik dan diabetes

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2, termasuk:

  • Kegemukan. 
  • Gula darah tinggi.
  • Hipertensi. 
  • Trigliserida tinggi.
  • Kolesterol tinggi.
  • Rendahnya kadar kolesterol baik.

Pada pengidap obesitas, pradiabetes, dan kolesterol tinggi, mengonsumsi kapulaga selama 8 minggu, dapat meningkatkan menurunkan kadar protein C-reaktif, protein inflamasi, dan penanda lain yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan.

Pada pengidap diabetes tipe 2, mengonsumsi kapulaga selama 10 minggu dapat meningkatkan hemoglobin A1c dan kadar insulin. Hal ini secara signifikan dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh.

3. Kesehatan jantung

Kapulaga dapat membantu melindungi tubuh terhadap serangan jantung. Hal ini berasal dari aktivitas antioksidannya yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat kapulaga bagi kesehatan jantung.

Bukan hanya kapulaga Jawa, rempah-rempahan ginseng juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Ketahui selengkapnya di sini: Segudang Manfaat Ginseng Jawa bagi Kesehatan.

4. Kesehatan mulut

Kapulaga dapat membantu menyeimbangkan pH di mulut berkat sifat antiinflamasi dan antioksidannya. Cara kerjanya dengan membunuh bakteri penyebab penyakit gusi atau infeksi.

5. Kesehatan hati

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan pengidap penyakit hati berlemak non-alkohol yang obesitas, mengonsumsi suplemen kapulaga dapat meningkatkan kesehatan hati, ketimbang mereka yang mengonsumsi plasebo.

6. Sifat antikanker

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang mampu melawan penyakit kanker. Rempah ini memang tidak bisa menggantikan pengobatan kanker, tetapi dapat membantu melawan perkembangan sel abnormal kanker. 

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat kapulaga Jawa dengan penyakit kanker.

Ada jenis rempah lain juga juga bersifat antikanker, yaitu jahe. Ketahui manfaat selengkapnya dalam artikel ini: 10 Manfaat Jahe yang Bisa Didapatkan untuk Kesehatan.

7. Mencegah maag

Kapulaga Jawa dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, salah satunya maag. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa ekstrak kapulaga yang dikombinasikan dengan kunyit dan daun sembung dapat membantu melindungi sakit maag ketimbang penggunaan aspirin.

Itulah beberapa manfaat kapulaga Jawa bagi kesehatan tubuh. Tingkatkan imunitas dengan konsumsi makanan sehat serta vitamin dan suplemen yang dibutuhkan keluarga.

Referensi:
Molecules. Diakses pada 2023. Chemical and biological evaluation of essential oils from cardamom species.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the health benefits of cardamom?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan