Ini Dokter Anak yang Bisa Beri Info Lengkap Imunisasi Anak

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 April 2024

“Imunisasi tak hanya bermanfaat bagi Si Kecil, tetapi juga bermanfaat untuk orang di sekitarnya, terutama individu yang rentan terserang virus dan memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh. Hubungi dokter anak di Halodoc untuk info lengkap imunisasi.”

Ini Dokter Anak yang Bisa Beri Info Lengkap Imunisasi AnakIni Dokter Anak yang Bisa Beri Info Lengkap Imunisasi Anak

DAFTAR ISI

  1. Ini Alasan Imunisasi Penting untuk Anak
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Informasi Imunisasi Anak
    1. dr. Erlin Sp.A
    2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc 
    3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A
    4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed
    5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Halodoc, Jakarta – Imunisasi merupakan tindakan pemberian vaksin untuk merangsang sistem kekebalan tubuh Si Kecil agar menghasilkan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Vaksin tersebut mengandung virus atau bakteri yang telah melalui proses pelemahan.

Artinya ketika Si Kecil diimunisasi, sistem kekebalan tubuhnya akan merespons dengan memproduksi antibodi atau sel-sel kekebalan lainnya yang akan melindungi tubuh dari infeksi jika terpapar penyakit tersebut di kemudian hari. 

Ini Alasan Imunisasi Penting untuk Anak

Si Kecil yang masih dalam tahap perkembangan belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna sehingga mudah terserang berbagai virus dan penyakit. Hal itulah yang kemudian membuat imunisasi menjadi penting.

Penyakit seperti hepatitis B, campak, flu, hepatitis A, dan demam berdarah dapat dicegah dengan melakukan imunisasi sesuai jenis penyakit tersebut.

Sebab apabila dibiarkan, penyakit tersebut dapat berdampak sangat berbahaya bagi kesehatan Si Kecil. Misalnya, apabila Si Kecil terserang penyakit hepatitis B, ia akan berisiko terkena kanker hati.

Manfaat dari imunisasi anak bukan hanya untuk Si Kecil saja, tetapi juga untuk orang-orang di sekitarnya karena dapat mencegah penularan dan penyebaran virus tersebut, terutama orang yang rentan terhadap penyakit tertentu dan memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh. 

Oleh karena itu, imunisasi penting untuk dilakukan untuk mencegah berbagai bahaya yang dapat timbul di kemudian hari.

Namun, perlu diingat bahwa setiap imunsasi memiliki syarat atau kriteria tertentu, pastikan ibu atau ayah berkonsultasi dengan dokter di Halodoc terlebih dahulu sebelum melakukan imunisasi.

Selain itu, Inilah Jenis dan Jadwal untuk Vaksin Anak yang harus ibu diketahui.

Hubungi Dokter Ini untuk Informasi Imunisasi Anak

Si Kecil sangat membutuhkan imunisasi agar terhindar dari berbagai bahaya yang bisa mengancam kesehatannya.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus dipastikan, seperti kondisi kesehatan, risiko alergi, dan hal lain yang dapat berpengaruh terhadap efektivitas vaksin.

Untuk lebih lengkapnya, ibu atau ayah bisa menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc terkait informasi imunisasi pada anak.

Dokter tersebut bisa memberikan informasi mengenai usia yang tepat untuk pemberian vaksin tertentu.

Nah, berikut dokter spesialis anak di Halodoc yang bisa ibu atau ayah hubungi:

1. dr. Erlin Sp.A

Rekomendasi pertama, ibu bisa menghubungi dokter Erlin Sp.A.

Ia merupakan lulusan Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada 2005, Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019, dan San Juan De Dios Educational Foundation, Filipina, pada 2013. 

Saat ini dokter Erlin berpraktik di Bogor dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Dengan pengalaman selama 19 tahun, dr. Erlin Sp.A bisa memberikan informasi dan layanan konsultasi di Halodoc terkait imunisasi untuk Si Kecil.

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Rekomendasi selanjutnya adalah dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc. Ia merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009.

Dokter yang tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini, kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berpengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai informasi imunisasi untuk Si Kecil. 

Selain informasi mengenai imunisasi, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga dapat memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta pertumbuhan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc.

3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Pilihan dokter lain yang bisa ibu hubungi adalah dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A.

Dokter Gracia Deswita Natalya merupakan lulusan Universitas Pembangunan Nasional Veteran pada 2001 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2019.

Saat ini ia berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait imunisasi bagi Si Kecil.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Pemberian imunisasi juga memiliki waktu tertentu. Nah, Ini Jadwal Imunisasi Dasar Anak yang Penting untuk Diketahui.

4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed

Selanjutnya, ibu bisa menghubungi dokter Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed.

Ia merupakan lulusan Universitas Brawijaya pada 2006 dan 2018. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Saat ini, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed berpraktik di Lamongan, Jawa Timur.

Dengan pengalaman selama 17 tahun, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed bisa memberikan informasi dan layanan konsultasi di Halodoc terkait imunisasi yang dibutuhkan oleh Si Kecil.

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Ibu juga bisa menghubungi dokter dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin.

Dokter Dwi Lestari Avianti merupakan lulusan Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020. Ia juga tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDAI)

Saat ini, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin bisa memberikan informasi dan layanan konsultasi di Halodoc seputar imunisasi bagi Si Kecil.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa ibu dan ayah hubungi terkait imunisasi untuk Si Kecil. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat informasi yang akurat. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga ibu dan ayah bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, ibu dan ayah tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 2024. Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak Indonesia.
Queensland Government. Diakses pada 2023. Immunization is important for children.
NHS Inform. Diakses pada 2024. Benefits of Immunization.
Kids Health. Diakses pada 2024. Your Child’s Immunizations.
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Vaccinations.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan