Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Gatal Kemaluan Pria

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 April 2024

“Gatal pada kemaluan bisa jadi pertanda adanya infeksi jamur. Beberapa obat yang bisa mengatasinya adalah Benoson, Esperson, Pharmason, Desoximetasone, dan Nestacort yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Gatal Kemaluan PriaIni 5 Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Gatal Kemaluan Pria

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Gatal pada alat kelamin bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya infeksi, psoriasis, dan balanitis. Dalam beberapa kasus, gatal di kemaluan disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Bagi pria, gatal pada kemaluan bisa jadi pertanda adanya infeksi jamur di selangkangan. 

Membersihkan penis secara teratur dan rajin mengganti pakaian dalam setelah berkegiatan serta sebelum tidur, adalah dua contoh cara yang bisa dilakukan untuk menghindari gatal pada penis. 

Mau tahu obat apa saja yang bisa membantu mengatasi penis gatal? Simak ulasan di bawah ini!

Rekomendasi Obat yang Ampuh Atasi Gatal Kemaluan Pria

Berikut adalah daftar obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan pria, antara lain:

1. Benoson 0.1% Cream 5 g

Obat gatal kemaluan pertama yang dapat dikonsumsi adalah Benoson 0,1% Cream 5 g. Obat ini dapat mengobati beberapa penyakit kulit, seperti dermatitis, eksim, dan rasa gatal pada kemaluan pria.

Kandungannya adalah betametason yang bekerja dengan mengurangi gejala iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada area yang sakit. 

Oleskan obat ini pada bagian yang terasa gatal sebanyak 2-3 kali sehari. Perhatikan bila ada efek alergi yang muncul setelah penggunaan obat, seperti gatal, rasa terbakar, iritasi, hingga kulit kering. 

Kisaran harga: Rp19.400 per tube.

Dapatkan Benoson 0.1% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Esperson Cream 0.25% 5 g

Esperson adalah obat gatal kemaluan yang mengandung Desoximetasone 0,25%. Desoximetasone adalah obat golongan kortikosteroid topikal yang bekerja untuk menekan aktivitas tubuh yang berlebihan, sehingga rasa gatal dan peradangan dapat berkurang.

Dokter juga sering meresepkan krim ini untuk mengobati radang akut yang berat, psoriasis, dan kelainan kulit alergis serta kronis. 

Cukup dioleskan tipis-tipis pada area yang sakit dan gosok dengan perlahan. Tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Bila diperlukan, kamu harus konsultasikan dengan dokter di Halodoc terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp85.500 per tube.

Dapatkan Esperson Cream 0,25% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Pharmason 0.25% Cream 15 g

Adanya peradangan pada area sekitar kelamin dapat memicu rasa gatal yang membuat pengidapnya jadi tidak nyaman. Nah, sekarang kamu bisa atasi dengan Pharmason 0,25% Cream 15 g. 

Obat ini hanya perlu dioleskan setipis mungkin pada area yang gatal tadi sebanyak 1-2 kali sehari. Bila perlu, bisa ditingkatkan menjadi 3 kali sehari. Namun, ketika sudah membaik, frekuensi dapat dikurangi menjadi 1 kali sehari. Gosokkan dengan lembut agar tidak melukai area kelamin yang cukup sensitif.

Jika ingin menggunakannya pada area yang lebih luas atau melebihi 10% permukaan tubuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter. 

Kenali juga seperti apa tanda-tanda kelamin pria terinfeksi jamur di artikel ini: “Mr P Juga Bisa Berjamur, Ketahui Gejalanya!”.

Kisaran harga: Rp37.000 per tube.

Dapatkan Pharmason 0,25% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc

4. Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr

Obat kortikosteroid adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi rasa gatal di kelamin akibat adanya peradangan. Kamu bisa memilih kandungan desoximetasone untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. 

Obat gatal kemaluan ini juga dapat meredakan gejala peradangan akut yang berat, psoriasis, dan kelainan kulit alergi & kronis. 

Gunakan krim ini 1-2 kali sehari pada area kulit yang terasa gatal. Penggunaan pada ibu hamil, menyusui, dan anak kecil perlu mendapatkan perhatian khusus dari dokter.

Kisaran harga: Rp19.100 per tube.

Dapatkan Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Nestacort 2.5% Cream 5 gr

Rasa gatal pada kemaluan dapat disebabkan banyak hal, tapi ada beberapa Penyebab Gatal di Kemaluan yang Jarang Disadari.

Itu sebabnya kamu juga bisa memilih obat gatal kemaluan selain anti jamur, seperti Nestacort 2.5% Cream 5 gr. Obat ini memiliki kandungan Hydrocortisone acetat yang juga merupakan golongan kortikosteroid.

Jika kamu memiliki masalah kulit lainnya seperti eksim atau dermatitis kontak, kortikosteroid ini adalah salah satu pilihan obat yang sering diresepkan dokter. 

Oleskan 2 kali sehari pada area kulit yang gatal. Hindari membalut area yang gatal dengan perban agar penyerapannya ke dalam darah lebih baik. 

Kisaran harga: Rp11.200 per tube.

Dapatkan Nestacort 2.5% Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat gatal kemaluan pria yang dapat digunakan. Kamu juga bisa lho cari obat dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Pesan obat sekarang, 1 jam sampai dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Genital Itching. 
Medical News Today. Diakses pada 2024. What causes an itchy penis?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan