Ini Tips Membuat Popcorn yang Lebih Sehat untuk Teman Menonton

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Oktober 2022

“Popcorn instan umumnya kurang sehat karena cenderung tinggi gula atau tinggi garam. Sebagai alternatif, buat popcorn sendiri di rumah menggunakan bahan yang lebih sehat.”

Ini Tips Membuat Popcorn yang Lebih Sehat untuk Teman MenontonIni Tips Membuat Popcorn yang Lebih Sehat untuk Teman Menonton

Halodoc, Jakarta – Popcorn adalah salah satu snack favorit saat menonton film. Snack ini sering dijual di bioskop dan minimarket yang siap untuk dimasak di rumah. Sayangnya, popcorn kemasan dan siap saji seringkali tinggi gula atau garam yang tidak baik untuk kesehatan.

Bagi seseorang yang punya masalah kesehatan, tentu tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis camilan tersebut. Sebagai alternatif, kamu bisa membuatnya di rumah dengan tambahan bahan yang lebih sehat.

Tips Membuat Popcorn yang Lebih Sehat

1. Gunakan minyak yang lebih sehat

Minyak kelapa sawit dan minyak kelapa yang sering dipakai untuk memasak cenderung tinggi kandungan lemak jenuhnya. Nah, kamu bisa menggantikannya dengan minyak kenari, minyak zaitun atau minyak kanola saat membuat popcorn di atas kompor. 

2. Atur porsinya

Makan popcorn seringkali bikin ketagihan sampai membuat kamu lupa sudah berapa banyak porsi yang telah di makan. Satu cangkir popcorn polos saja sudah mengandung sekitar 30 kalori. 

Jika dimakan berlebihan, kenaikan berat badan tidak bisa terhindari. Oleh sebab itu, jangan lupa atur porsi popcorn yang kamu buat, ya. 

3. Tambahkan toping yang lebih sehat

Bumbui popcorn dengan cara yang sehat. Kamu bisa menambahkan saus pedas atau melelehkan beberapa lembar keju. Jika ingin sensasi rasa yang baru, kamu bisa menambahkan taburan cuka balsamic, menyandingkannya dengan acar atau menambahkan cabai jalapeo. Supaya rasanya lebih kuat, tambahkan bumbu rempah, seperti bumbu kari atau bubuk cinnamon.

4. Tambahkan protein

Salah satu cara untuk mengatur porsi popcorn yang kamu makan adalah menambahkan protein. Cara ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan lebih padat nutrisi.

Kamu bisa menambahkan satu sendok makan selai kacang, parutan keju atau suwiran dada ayam yang sudah dibumbui saus barbeque. 

Cara Simpel Membuat Popcorn di Rumah

Jika kamu tertarik membuat camilan ini di rumah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Panaskan minyak di atas panci.
  • Masukkan biji jagung kering ke dalam panci.
  • Masak dengan api sedang lalu tutup panci dan tunggu sampai jagung meletup-letup.
  • Setelah letupan berhenti, tuangkan ke wadah.

Taburi dengan keju parut, selai kacang atau toping lainnya yang kamu sukai.

Waspadai Dampak Mengonsumsi Popcorn Instan

Popcorn dapat menimbulkan gangguan kesehatan jika tidak diolah dengan benar. Contohnya adalah popcorn yang harus dipanaskan bersama kemasannya di dalam microwave. 

Hal ini bisa membahayakan karena kemasan yang digunakan biasanya dilapisi zat kimia yang disebut perfluorooctanoic acid (PFOA). Penelitian menyebutkan bahwa PFOA bisa memicu risiko attention deficit hyperactivity disorder, berat badan lahir rendah, dan masalah tiroid.

Popcorn yang ditambahkan berbagai bubuk perasa dan diolah dengan mentega juga bisa menaikan bobot tubuh. Sebab, popcorn sendiri saja sudah mengandung kalori yang lumayan tinggi. Bahkan beberapa yang dijual di pasaran mengandung minyak trans yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. 9 Best Tips For Healthier Popcorn.
Eating Well. Diakses pada 2022. How to Make the Most Delicious Popcorn at Home.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan