• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jahe Merah Bisa Meningkatkan Gairah Seksual, Ini Faktanya

Jahe Merah Bisa Meningkatkan Gairah Seksual, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Jahe merah adalah salah satu tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tanaman herbal satu ini juga terkenal memiliki rasa yang kuat dan menyengat. Kamu bisa menggunakannya sebagai ramuan atau bumbu di dapur untuk menambah kehangatan masakan. 

Jahe merah masih satu keluarga dengan jahe, tetapi ia memiliki karakteristik berbeda dengan jahe lainnya. Jahe merah atau Zingiber officinale var. rubrum memiliki kulit kemerahan dengan warna merah muda hingga kuning, berbeda dengan jahe biasa. Ukuran jahe merah juga lebih kecil dari jahe biasa. Tidak hanya itu, rasanya juga berbeda. Jahe merah memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas daripada jahe biasa. 

Kandungan dalam jahe merah, seperti gingerol, flavonoid, agen antibakteri, dan agen antiinflamasi memiliki dampak positif pada kesehatan. Ada juga yang mengatakan bahwa manfaat jahe merah juga bisa untuk meningkatkan gairah seksual. Benarkah demikian?

Baca juga: Benarkah Ukuran Mr P Pengaruhi Kesuburan Pria?

Jahe Merah untuk Tingkatkan Gairah Seksual

Manfaat jahe merah untuk meningkatkan kualitas seksual pria ada benarnya. Minyak atsiri dalam jahe merah memiliki efek afrodisiak. Ini merupakan zat kimia yang merangsang daya seksual. Ia bekerja dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah meningkat, maka aliran darah di daerah penis juga ikut meningkat.

Dengan begini, maka pria jadi bisa tahan lama untuk ereksi. Namun, efek afrodisiak minyak atsiri jahe merah tidak lebih besar jika dibanding dengan pasak bumi. Selain itu, jahe merah dapat meningkatkan kesuburan pria karena tanaman herbal ini mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Hal tersebut membuat jahe merah mampu meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga gairah seksual pria juga ikut meningkat.

Baca juga: Ejakulasi Dini Bikin Susah Klimaks, Atasi dengan Teknik Relaksasi Ini

Di dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe yang dikombinasikan dengan mineral seng pada tikus albino jantan meningkatkan testosteron, jumlah sperma, dan kualitas sperma pada tikus. Kondisi ini meningkatkan fungsi testis pada tikus. Meski begitu, penelitian lebih lanjut tampaknya masih diperlukan untuk memperkuat temuan ini. 

Namun, untuk mendapatkan jawaban pasti tentang cara meningkatkan gairah seksual, kamu bisa tanya pada dokter di Halodoc. Dokter akan bersedia memberikan semua keluhan kesehatan yang kamu alami. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu, dan gunakan fitur chat ke dokter.

Baca juga: Ini Beda Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih

Cara Alami Tingkatkan Gairah Seksual

Gairah seksual secara alami bervariasi antar individu. Memiliki gairah seks yang rendah dapat menjadi masalah pada rumah tangga. Jika seseorang ingin meningkatkan gairah seksual mereka, terdapat cara alami yang bisa diterapkan, yaitu: 

  • Kelola Stres dengan Baik. Memiliki tingkat kecemasan yang tinggi adalah hal yang membuat gairah seksual menurun, baik pada pria dan wanita. Kecemasan dan stres juga membuat seseorang lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, yang kemudian membuat seseorang berhenti berhubungan seks.

  • Dapatkan Tidur yang Berkualitas. Tidur nyenyak meningkatkan suasana hati dan energi seseorang secara keseluruhan, dan beberapa penelitian juga mengaitkan kualitas tidur dengan libido.

  • Lakukan Olahraga Rutin. Berolahraga secara teratur membantu libido dalam banyak hal. Olahraga teratur membantu pria mengatasi masalah seperti masalah citra tubuh dan libido rendah. 

  • Pertahankan Berat Badan yang Sehat. Beberapa ilmuwan menghubungkan kelebihan berat badan dan obesitas dengan dorongan seks yang rendah, bersama dengan faktor-faktor lain yang terkait dengan berkurangnya kesuburan. Hal ini terkait dengan faktor hormonal, seperti konsentrasi testosteron yang rendah. Jadi, pastikan kamu mempertahankan berat badan yang sehat dengan menjaga pola makan sehat, dan olahraga. 

Itulah yang bisa diketahui tentang manfaat jahe merah untuk meningkatkan gairah seksual dan cara lainnya untuk menjaga gairah seksual. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. 10 Ways to Boost Libido.
Benefits-of.com. Diakses pada 2020. Benefits of Red Ginger for Health, from Digestion to Fertility.
SBS Australia. Diakses pada 2020. Medicine or Myth: Could Ginger Boost Your Libido?