Jangan Keliru, Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Februari 2023

“Setiap wanita perlu mengetahui perbedaan telat haid dengan hamil. Ketahui juga tanda-tanda hamil dengan tanda-tanda telat menstruasi agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.”

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Telat Haid dengan HamilJangan Keliru, Ini Perbedaan Telat Haid dengan Hamil

Halodoc, Jakarta – Telat menstruasi adalah salah satu kondisi yang bisa menjadi tanda kehamilan. Namun, bukan itu saja, ada berbagai gejala yang menandakan seseorang mengalami kehamilan atau memang hanya telat menstruasi. 

Lantas, seperti apa sih perbedaan telat haid dan hamil? Berikut ulasan selengkapnya agar kamu tidak lagi keliru membedakannya.

Perbedaan Terlambat Menstruasi dan Hamil

Setiap wanita akan menjalani masa-masa menstruasi saat memasuki usia pubertas. Siklus menstruasi yang terjadi juga berbeda-beda setiap wanita. Ada yang kerap mengalami menstruasi secara rutin, tetapi ada juga yang selalu mengalami keterlambatan saat menstruasi.

Namun, bagi yang sedang menjalani program hamil, mengalami terlambat menstruasi akan selalu dikaitkan dengan kehamilan. Terlambat menstruasi memang memiliki tanda yang hampir serupa dengan awal kehamilan. Namun, tidak semua terlambat menstruasi merupakan kehamilan.

Berikut beberapa perbedaan telat haid dengan hamil yang penting untuk kamu ketahui: 

1. Perdarahan

Saat terlambat menstruasi, maka wanita tidak akan mengalami perdarahan meskipun dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan saat hamil, biasanya akan muncul flek-flek darah akibat adanya proses implantasi. Biasanya flek muncul dalam 1-2 minggu setelah proses pembuahan.

2. Nafsu makan

Saat kamu mengalami keterlambatan menstruasi, kondisi ini terjadi dengan peningkatan nafsu makan. Biasanya, wanita yang tengah hamil jarang mengalami peningkatan nafsu makan di awal kehamilan. Umumnya, justru mereka akan rentan mengalami mual dan penurunan nafsu makan. 

3. Kebiasaan makan

Umumnya, wanita yang sedang terlambat menstruasi tidak akan memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Namun, pada wanita hamil, di awal kehamilan sangat normal jika mereka menginginkan mengonsumsi makanan tertentu. 

4. Perubahan payudara

Terlambat haid dengan hamil bisa menyebabkan perubahan pada payudara. Keduanya membuat payudara mengalami pembengkakan hingga menjadi lebih lembut. 

Namun, ada perbedaan yang bisa kamu alami ketika kamu menjalani kehamilan. Wanita hamil akan mengalami perubahan pada puting payudara. Areola akan menjadi lebih besar dan menjadi lebih hitam.

5. Kram perut

Umumnya, keterlambatan menstruasi jarang menyebabkan kram perut. Namun, saat memasuki pramenstruasi, maka kamu bisa merasakan kram perut dari 1-2 hari sebelum menstruasi. Kram perut yang terjadi juga terasa ringan hingga parah. Kondisi ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama hingga kamu mengalami menstruasi.

Kram perut juga terjadi di awal kehamilan. Namun, kram perut yang terjadi cukup ringan. Biasanya kram akan terjadi dengan munculnya flek darah.

Baca lebih lanjut: Tanda-tanda Hamil di Minggu Pertama

Itulah beberapa perbedaan telat haid dengan hamil. Jika kamu pasangan menikah dan tidak menggunakan kontrasepsi, sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan secara mandiri di rumah bisa mealui layanan Halodoc Homelab.

Jika hasilnya positif, maka pastikan kamu segera kunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kehamilan yang sedang kamu jalani. Kamu juga bisa memastikan kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh agar proses kehamilan berjalan lancar.

Jika hasilnya negatif, kamu bisa bertanya langsung pada dokter di Halodoc untuk mencari tahu penyebab keterlambatan menstruasi yang kamu alami. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Dengan mengetahui penyebab keterlambatan menstruasi yang kamu alami, kamu akan dengan lebih mudah menjalani perawatan dan pengobatan untuk mengatasi kondisi kesehatanmu. Hal ini membuat kesehatan reproduksi menjadi lebih optimal.

Referensi:
Banner Health. Diakses pada 2023. PMS or Pregnant? How You Can Tell the Difference.
Healthline. Diakses pada 2023. PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to Tell The Difference Between PMS and Pregnancy Symptoms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan