Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buat Zuriat untuk Pria

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2021
Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buat Zuriat untuk PriaJarang Diketahui, Ini Manfaat Buat Zuriat untuk Pria

“Mungkin kamu jarang mendengar mengenai buah zuriat. Buah yang memiliki bentuk bulat dan rasa manis asam ini memiliki manfaat bagi pria maupun wanita. Ternyata, buah zuriat bermanfaat meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pada pria.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai buah zuriat? Buah zuriat atau buah doum adalah buah yang banyak digunakan oleh masyarakat Mesir sebagai minuman tradisional. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 6 – 10 sentimeter.

Selain lezat, buah zuriat dikenal masyarakat karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang sangat tinggi. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali lebih banyak manfaat buah zuriat bagi pria!

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan pada Pria yang Harus Diketahui

Manfaat Buah Zuriat untuk Pria

Buah zuriat memiliki bentuk bulat cenderung lonjong. Selain itu, aroma manis dengan buah yang terbilang renyah dan rasa sedikit asam menjadi salah satu hal yang membuat buah zuriat semakin menarik untuk dicoba.

Buah zuriat memiliki lapisan kulit luar yang keras dan berwarna cokelat, tetapi dagingnya berwarna putih dan renyah. Selain tampilannya yang terbilang unik, buah zuriat memiliki banyak manfaat bagi pria karena nutrisi di dalamnya.

Buah zuriat memiliki kandungan antioksidan tinggi, seperti vitamin C yang bermanfaat bagi kesuburan pria. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C pada pria, hal ini mampu meningkatkan kualitas sel sperma pada pria yang memengaruhi kesuburan.

Antioksidan dan vitamin C dalam buah zuriat juga bisa meningkatkan motilitas sperma sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang rusak. Jadi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah zuriat saat menjalani program kehamilan.

Baca juga: Ini Hal-Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Hal yang Bisa Dilakukan Pria saat Menjalani Program Kehamilan

Bukan hanya mengonsumsi makanan sehat, seperti buah zuriat. Saat menjalani program kehamilan, sebaiknya para pria melakukan beberapa hal yang dinilai efektif untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesuburan.

Berikut ini kegiatan yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Mengontrol Berat Badan

Saat menjalani program kehamilan, sebaiknya para pria mengontrol berat badan agar tidak mengalami kondisi obesitas. Obesitas memengaruhi kualitas sperma pria dan menurunkan jumlah sperma. Terlalu banyak kadar lemak dalam tubuh pria juga memicu perubahan testosteron dan kadar hormon reproduksi lainnya pada pria.

  1. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin saat menjalani program kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan. Hal ini untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang bisa dialami dan menghambat program hamil yang sedang dijalankan.

Salah satu jenis pemeriksaan kesehatan yang kerap dilakukan para pria saat menjalani program hamil adalah menganalisis kesehatan sperma. Tenaga medis akan menghitung jumlah sperma, bentuk, hingga gerakan sperma. Secara umum, jika pria memiliki lebih banyak jumlah sperma sehat artinya tingkat kesuburan tinggi.

Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa buat janji dengan rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Selain menjaga kesehatan fisik, melakukan olahraga secara rutin membantu pria meningkatkan kesuburan. Namun, hindari melakukan olahraga secara berlebihan. Kebiasaan ini juga bisa menurunkan kualitas kesuburan para pria. 

  1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, dan membatasi pengonsumsian alkohol menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan dan membantu keberhasilan dalam program kehamilan.

Baca juga: Ketahui Tingkat Kesuburan Pria dengan Cek Sperma

Itulah hal-hal yang perlu dilakukan saat kamu menjalani program kehamilan. Selain buah zuriat, kamu juga bisa cari tahu lebih banyak mengenai buah terbaik yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan pada pria. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Specialty Produce. Diakses pada 2021. Zuriat Fruit.
Live Science. Diakses pada 2021. Trying to Conceive: 10 Tips for Men.
Web MD. Diakses pada 2021. Fertility Tests for Men.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan