02 January 2018

Tak Cuma Wortel, Ada Makanan Lain yang Bisa Bikin Mata Sehat

Tak Cuma Wortel, Ada Makanan Lain yang Bisa Bikin Mata Sehat

Halodoc, Jakarta – Selama ini mengonsumsi wortel sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mata. Pasalnya banyak orang yang percaya bahwa rutin memakan wortel dapat meningkatkan kemampuan mata sekaligus mencegahnya dari berbagai kerusakan. Mengapa anggapan tersebut kian dipercaya?

Wortel banyak mengandung beta karoten. Kandungan ini yang membuat sayuran ini memiliki warna jingga terang. Beta karoten adalah jenis vitamin A yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi retina serta bagian mata lainnya. Namun tahukah kamu bahwa wortel bukanlah satu-satunya makanan yang baik untuk mata?

Nyatanya, beta karoten bukanlah satu-satunya zat gizi yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata. Ada beberapa vitamin lain yang juga dibutuhkan agar pengkihatan tetap terang dan terbebas dari penyakit mata. Seperti potasium, magnesium dan vitamin C yang baik untuk menjaga mata tetap sehat. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga dibutuhkan untu mencegah mata katarak. Tak hanya pada wortel, kandungan tersebut juga dapat ditemui pada sejumlah makalan lain, seperti:

1. Sayuran hijau

Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi bahwa lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko katarak. Kedua zat gizi tersebut dapat ditemukan pada beberapa sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis dan kale. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin pun dapat menurunkan risiko degenerasi makula. Yaitu jenis penyakit mata yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan. Hal ini disebabkan karena tumbuhnya pembuluh darah di sekitar bawah retina.

2. Ikan

Untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kemampuan melihat, disarankan untuk banyak mengonsumsi ikan. Terutama jenis ikan yang mengandung asam lemak tinggi. Sebab lemak yang sama juga ditemukan di sekitar retina.

Hal itu menyebabkan mata  mungkin akan mengalami masalah jika kekurangan asam lemak yang satu ini. Jenis ikan terbaik yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan ketajaman mata adalah ikan tuna, ikan asin, makarel dan ikan salmon.

3. Telur

Rutin mengonsumsi setidaknya dua butir telur setiap hari dapat membantu mata tetap sehat dan terjaga. Pasalnya kuning telur kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang hampir sama dengan yang dimiliki sayuran hijau.

Artinya, mengonsumsi telur mungkin dapat memberikan manfaat yang kurang lebih sama dengan sayuran. Selain meningkatkan penglihatan, konsumsi telur juga akan membantu menghindari terjadinya sejumlah kelainan mata.

4. Jeruk

Sama seperti  sayuran, mengonsumsi buah-buahan juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan kelompok buah citrus yang kaya akan vitamin C adalah yang terbaik untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat.

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menjaga jaringan mata. Rutin mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin ini pun telah terbukti dapat menurunkan risiko kataran dan penyakit mata lain. Beberapa jenis buah yang termasuk dalam kelompok citrus adalah jeruk, lemon dan jeruk nipis. Selain itu, vitamin C juga banyak terdapat pada buah strawberry.

Selain lewat makanan, kamu juga bisa menjaga kesehatan mata dengan melakukan seman atau gerakan sederhana. Terutama ketika mata memiliki aktivitas yang cukup tinggi dan banyak terpapar radiasi. Cobalah untuk sesekali menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri jika mata sudah mulai terasa lelah. Atau kedipkan dan pejamkan kelopak mata selama beberapa menit untuk menjaga mata tetap lembab dan terhindar dari kerusakan.

Namun jika dirasa gejala semakin parah, jangan pernah menunda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu juga berlaku pada bagian lain pada tubuhmu. Jika kamu memiliki masalah kesehatan dan butuh saran, pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Membali obat  dan  produk kesehatan pun sangat  mudah dengan Halodoc. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.