Kaya Antioksidan, Ini 11 Manfaat Kunyit Asam yang Jarang Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Mei 2023

“Kunyit asam adalah minuman sehat yang terbuat dari dua rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam. Minuman ini mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya sehingga bermanfaat untuk kesehatan.”

Kaya Antioksidan, Ini 11 Manfaat Kunyit Asam yang Jarang DiketahuiKaya Antioksidan, Ini 11 Manfaat Kunyit Asam yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kunyit asam menjadi salah satu minuman tradisional yang terkenal akan khasiatnya. Bukan hanya menggunakan pengobatan medis, banyak masyarakat yang menggunakan minuman sehat ini sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Hal ini karena berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk itu, cari tahu kandungan nutrisi dalam kunyit asam yang bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan. Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi Kunyit Asam

Kunyit asam menjadi minuman yang terbuat dari dua rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam. Kedua rempah tersebut masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kunyit juga mengandung vitamin C dan B6. Bukan hanya itu, rempah ini juga mengandung mangan, zat besi, potasium, omega-3, hingga serat.

Sedangkan rempah asam juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Asam bisa membantu memenuhi kebutuhan magnesium, potasium, zat besi, dan kalsium. Tidak hanya itu, rempah ini juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B, C, dan K.

Jadi, mengonsumsi kunyit asam bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan kesehatan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain kunyit asam, kamu juga bisa cari tahu minuman sehat yang bisa dikonsumsi pagi hari melalui artikel ini 4 Minuman Sehat di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas.

Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan

Begitu banyaknya nutrisi dalam kedua rempah tersebut, membuat manfaatnya semakin optimal ketika rempah-rempah tersebut diolah menjadi satu. Berikut manfaat kunyit asam untuk kesehatan yang sayang jika terlewatkan, yaitu:

1. Menurunkan risiko gangguan jantung

Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu menjaga kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena kandungan ini mampu menurunkan risiko inflamasi pada bagian jantung yang memicu gangguan.

Bukan hanya kurkumin, asam juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Sehingga, keduanya mampu menurunkan risiko gangguan jantung.

2. Mencegah kanker

Manfaat dari kunyit asam lainnya adalah mencegah penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan kurkumin pada kunyit yang bersifat antikanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. 

3. Mengoptimalkan fungsi hati

Kandungan antioksidan pada kunyit dan asam juga mengoptimalkan fungsi hati. Memenuhi kebutuhan antioksidan mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pada hati yang menurunkan fungsinya.

4. Mencegah perkembangan Alzheimer

Mencegah perkembangan penyakit Alzheimer menjadi hal yang sangat penting untuk menurunkan risiko demensia. Kunyit asam bisa membantu untuk mencegah perkembangan penyakit ini karena kandungan kurkuminnya yang tinggi.

Namun, kamu perlu mencari tahu seberapa efektif manfaat pengobatan herbal ini melalui dokter agar tidak menimbulkan efek samping.

5. Mengoptimalkan kesehatan otak

Kunyit asam mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan. Khususnya untuk mengoptimalkan fungsi otak dan sistem saraf. 

6. Menurunkan gejala arthritis

Arthritis adalah gangguan kesehatan yang muncul dengan gejala peradangan sendi. Mengonsumsi kunyit asam ternyata mampu membantu menurunkan gejala arthritis.

Hal ini karena adanya kandungan kurkumin dari kunyit yang bisa membantu mengatasi gejala arthritis menjadi lebih baik.

7. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Mengonsumsi kunyit asam secara rutin juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Asam jawa memiliki sifat antibakteri, anti jamur, hingga antivirus yang mampu mencegah berbagai infeksi pemicu gangguan kesehatan.

Kamu juga bisa cari tahu berbagai jenis minuman untuk meningkatkan sistem imun tubuh melalui artikel ini Apa Saja Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

8. Mencegah depresi

Kandungan kurkumin juga mampu menurunkan risiko depresi. Terdapat sebuah penelitian dalam Phytotherapy Research: PTR terhadap tiga kelompok yang mengalami depresi.

Masing-masing kelompok diberikan penanganan yang berbeda, menggunakan Prozac, kurkumin, serta Prozac dan kurkumin. Hasilnya, kelompok yang menggunakan kurkumin mengalami peningkatan kesehatan mental lebih baik daripada penggunaan Prozac. 

Begitu juga dengan kelompok yang menggunakan Prozac dan kurkumin bersamaan. Menunjukkan hasil yang baik.

9. Menjaga kesehatan pencernaan

Kunyit menjadi salah satu rempah yang kerap menjadi pengobatan untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Hal ini karena adanya antioksidan dan anti peradangan dalam kunyit yang bisa mengoptimalkan fungsi pencernaan dan mencegah gangguan kesehatan pada bagian tersebut.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Kunyit asam mengandung magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Meskipun tidak dalam jumlah yang banyak, tetapi kamu bisa menggunakan minuman sehat ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

11. Mengurangi nyeri menstruasi

Kunyit asam mampu mengurangi dan meredakan nyeri menstruasi. Penelitian ini terdapat dalam Biomedical and Pharmacology Journal yang berjudul The Effectiveness of Curcuma Longa Drink in Decreasing the Intensity of Dysmenorrhea.

Hal ini karena adanya kandungan kurkumin. Kandungan tersebut mampu mengurangi hormon prostaglandin yang menjadi pemicu rasa nyeri.

Itulah berbagai manfaat kunyit asam yang sayang jika terlewatkan. Namun, kamu tidak boleh menggunakan minuman ini sebagai pengobatan utama untuk berbagai keluhan kesehatan.

Lakukan pengobatan medis jika diperlukan. Jangan mengonsumsi ramuan ini secara berlebihan karena dapat memicu berbagai efek samping pada kesehatan.

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit Asam Berlebihan

Ada berbagai efek samping yang terjadi ketika mengonsumsi tanaman herbal ini cara berlebihan, seperti:

1. Sakit perut

Berlebihan mengonsumsi kunyit bisa menyebabkan iritasi pada saluran cerna yang membuat rasa tidak nyaman hingga sakit perut. Jadi, pastikan untuk mengonsumsinya secara tepat.

2. Memicu kontraksi

Ibu hamil sebaiknya waspada saat mengonsumsi kunyit asam. Kandungan dalam kunyit bisa memicu kontraksi pada kehamilan.

3. Berisiko memicu GERD

Kandungan asam pada kunyit asam juga dapat memicu penyakit asam lambung. Jadi, jika kamu memiliki riwayat dengan penyakit ini, sebaiknya hindari mengonsumsinya berlebihan.

Itulah berbagai efek samping yang berisiko terjadi ketika mengonsumsi kunyit asam berlebihan. Pastikan mengonsumsi minuman herbal ini dengan jumlah yang tepat.

Jika ada masalah terjadi, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter di Halodoc dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Biomedical and Pharmacology Journal. Diakses pada 2023. The Effectiveness of Curcuma Longa Drink in Decreasing the Intensity of Dysmenorrhea.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Turmeric.
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2023. Efficacy and safety of curcumin in major depressive disorder: a randomized controlled trial.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Tamarind Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Everything you need to know about turmeric.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Tamarind.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the benefits of turmeric?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan